Selasa, Juli 03, 2012

Menulis Jurnal dengan Day One

Apakah anda senang menulis jurnal? Cobalah aplikasi Day One, yang tersedia untuk Mac maupun perangkat iOS. Desain aplikasinya yang minimalis dan simpel akan memudahkan anda untuk betah menulis lama, walaupun tulisan yang anda buat ditulis melalui iPad misalnya. Banyak tulisan-tulisan dalam blogku yang aku tulis menggunakan iPad, walaupun sesekali aku menggunakan versi Mac jika sedang senggang.



Tulisan-tulisan yang dibuat akan ditampilkan dalam urutan sesuai dengan kronologis waktunya. Selain itu, anda bisa melihat kalender yang menunjukkan kapan saja anda pernah menulis. Bisa dibilang fitur-fitur yang dimilikinya sangat basic dan sederhana, namun justru disitulah letak kelebihannya.

Versi Mac dan iPad memiliki fitur yang kurang lebih sama, namun tentunya pada versi Mac tampilannya lebih leluasa. Baik versi Mac dan iOS memiliki fitur pengaman, yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan security code untuk mengakses jurnal yang telah dibuat. Kelebihan yang aku suka adalah Day One menyediakan fitur sinkronisasi melalui iCloud dan Drop Box. Sehingga tidak ada masalah, di perangkat manapun anda menulis jurnal, semuanya bisa disinkronisasikan. Sayangnya, untuk versi Mac, jika anda menulis jurnal anda pada direktori lokal atau melalui Drop Box, isi jurnalnya disimpan dalam format plain text, sehingga fitur security code nya menjadi tidak berguna jika ada orang lain yang memiliki akses ke lokasi file jurnal tersebut disimpan.



Day One versi Mac dapat diunduh melalui Mac App Store dengan harga $4,99 (sedang dalam masa diskon 50%, harga aslinya $9,99). Sementara versi iOS dapat diunduh melalui iTunes Store dengan harga $1,99.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar