Rabu, Desember 10, 2014

Mencicip Teknologi 4G LTE Telkomsel

Tanggal 8 Desember 2014 lalu, Telkomsel resmi menggelar teknologi 4G LTE (Long Term Evolution) di dua tempat: Jakarta dan Bali yang tersebar di 200 titik. Layanan ini digelar di frekuensi 900Mhz dengan kecepatan yang ditawarkan hingga 36Mbps. Untuk dapat menikmati teknologi 4G ini, pengguna selain harus memiliki perangkat yang sudah mendukung teknologi 4G, juga harus menggunakan sim card khusus (USIM). Untuk mendapatkan USIM, pelanggan Telkomsel dapat menukarkan sim card nya dengan USIM di Grapari.

Perlu diingat, tidak semua perangkat/handphone yang telah mendukung 4G dapat digunakan untuk menikmati layanan 4G Telkomsel. Karena frekuensi 4G yang digunakan adalah 900 Mhz, maka hanya perangkat yang dapat beroperasi pada frekuensi tersebut saja yang dapat digunakan.

Perangkat yang Mendukung
Berikut adalah daftar perangkat-perangkat yang dapat digunakan untuk mencicip 4G LTE Telkomsel:

Apple
iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6+
iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Air, iPad Air 3

(sumber https://www.apple.com/iphone/LTE/ dan https://www.apple.com/ipad/LTE/)

Samsung
Samsung Galaxy Alpha, Samsung Galaxy Tab S 8.4, Samsung Galaxy Tab S 10.5

LG
LG G3 4G LTE, LG G3 (16 GB), LG G2, LG Nexus 5, LG G Pad, LG G Flex, LG G Pro 2

Sony
Sony XPeria Z3, Sony XPeria Z3 Compact, Sony XPeria Z3 Tablet, Sony XPeria M2 Aqua, Sony XPeria Z2, Sony XPeria Z1, Sony XPeria T3

HTC
HTC One (M8)

Huawei
Huawei Ascend Mate 7, Huawei Ascend P7

Nokia
Nokia Lumia 820, Nokia Lumia 920, Nokia Lumia 930, Nokia Lumia 1520

(sumber: http://internet.telkomsel.com/4g-lte/perangkat)

Uji Coba
Pada hari launchingnya, aku segera menukarkan sim card ku dengan USIM. Karena antrian penukaran sim card pada saat itu cukup banyak, petugas Grapari menjanjikan kartu USIM ku sudah aktif sore harinya. Namun hingga petang, sim card USIM ku belum aktif juga. Baru aktif ketika aku sudah pulang ke rumah di malam harinya, dan apesnya daerah tempat tinggalku, Tangerang Selatan, belum mendapatkan coverage 4G. Uji coba akhirnya aku lakukan keesokan harinya, setelah aku berada di coverage 4G.

Berdasarkan ujicoba yang aku lakukan di beberapa tempat dengan menggunakan iPhone 5s dan aplikasi Speed Test, kecepatan maksimal untuk download yang bisa aku dapatkan adalah pada kisaran 22Mbps, terpaut cukup jauh dari kecepatan yang dijanjikan (36 Mbps). Bahkan di salah satu lokasi, kecepatannya bisa turun menjadi 2 Mbps, padahal sinyalnya penuh.

Sementara, jika aku menggunakan jaringan 3G, kecepatan downloadnya bisa mencapai 14 Mbps, tidak terlalu jauh dengan 4G. Namun demikian, perbedaan yang cukup mencolok adalah pada kecepatan upload. Kecepatan upload pada jaringan 3G rata-rata sekitar 1Mbps, sementara pada jaringan 4G, kecepatannya bisa melonjak hingga 9Mbps.

Berikut adalah beberapa screenshot hasil ujicoba dengan menggunakan aplikasi Speed Test:




What’s Next?
Untuk saat ini, dengan menggunakan jaringan 3G saja, menurutku sudah jauh lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam menikmati layanan berbasis internet seperti: chatting, browsing, dan streaming. Dengan 4G LTE, kecepatan yang ditawarkan tentunya akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan 3G. Layanan-layanan yang membutuhkan kecepatan akses data yang tinggi dan haus bandwidth seperti video streaming akan sangat diuntungkan dengan hadirnya 4G LTE.

Saat ini 4G LTE masih sangat baru di Indonesia, dan menurutku dalam beberapa saat ke depan, pangsa pasar yang dapat menikmati layanan ini belum akan terlalu banyak. Dan itu pun, hanya akan ada sebagian diantaranya yang benar-benar tergantung dan memanfaatkan jaringan LTE secara maksimal. Pertanyaan sederhananya: Seberapa persen pengguna saat ini yang menggunakan layanan video streaming dibandingkan dengan persentase pengguna yang menggunakan perangkatnya hanya sekedar untuk chatting, browsing, dan bercengkerama di media sosial, dimana aktvitas tersebut tidak terlalu mengkonsumsi bandwidth.

Seperti halnya layanan 3G yang dulu diperkenalkan untuk menggantikan 2G, layanan 4G LTE ini tentunya akan memerlukan waktu untuk dapat diterima dan diserap pasar hingga market share nya seperti layanan 3G saat ini. Saat ini kita bisa mengatakan kecepatan 5Mbps sudah mencukupi kebutuhan. Namun dalam 5 tahun kedepan apakah bisa dikatakan bahwa kecepatan 5Mbps, 10Mbps, atau bahkan 20Mbps masih mencukupi kebutuhan kita? Dan bisa jadi dalam 5 tahun kedepan akan hadir layanan-layanan baru yang belum terbayangkan saat ini, yang memerlukan akses data yang lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan yang ditawarkan saat ini.

Selama pasar 4G LTE ini belum siap, menurutku seharusnya operator juga harus fokus pada perbaikan kualitas jaringannya, tidak hanya fokus pada ekspansi jaringan ke 4G. Dilihat dari perspektif pengguna, jika operator melakukan ekspansi ke 4G, harapannya coverage dan kualitas jaringan 3G nya sudah baik. Sementara ini, berdasarkan pengalamanku, beberapa lokasi kualitas jaringannya buruk (hanya mendapat Edge - 2.5G), dan bahkan hilang sinyal. Padahal ini di Jakarta lho.

Aku berharap, 4G LTE ini tidak hanya menjadi jargon yang digunakan operator untuk meningkatkan brand image produknya. Kecepatan akses data yang lebih tinggi belum tentu pengalaman pengguna juga meningkat. Untuk pengguna yang menggunakan handsetnya untuk chatting saja, secara teoritis tidak akan terlalu diuntungkan walaupun kecepatan akses datanya meningkat dari 5Mbps menjadi 50Mbps. Yang dibutuhkan pengguna bukanlah kecepatan akses datanya, namun ketersediaan dari layanan yang dia gunakan. Pengguna layanan chatting berharap koneksi internetnya tidak terputus ketika sedang bergosip ria melalui Whatsapp. Pengguna layanan video streaming berharap ketika sedang menonton You Tube, streaming video nya tidak terhenti untuk melakukan buffering. Pada intinya, jangan sampai jor-jor an di ekspansi 4G namun tidak sebanding dengan pertumbuhan pasar yang memang benar-benar dapat memanfaatkan jaringan 4G tersebut secara optimal.

Update
Mulai minggu ke-3 November lalu, untuk daerah Jakarta dan sekitarnya Telkomsel telah menggelar layanan 4G di frekuensi 1800 Mhz. Sehingga perangkat/handphone yang hanya mendukung 4G di frekuensi 1800Mhz kini sudah bisa menikmati layanan 4G. Berdasarkan komentar artikel dibawah, perangkat-perangkat dibawah ini kini telah bisa menikmati layanan 4G di Jakarta: iPhone 5, Lenovo A 6000, LG G Flex, Lenovo Vibe X2, dan Lenovo A 7000.

194 komentar:

  1. Mas kenapa ya iphone dan ipad tidak masuk daftar perangkat yang support 4G LTE di web telkomsel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini aku kurang ngerti juga, mungkin karena 4G LTE Telkomsel nya belum disertifikasi oleh Apple kali yah. Setiap kali aku pilih LTE di iPhone ku, pasti muncul warning. Walaupun pada akhirnya bisa di-ignore juga sih.

      Hapus
    2. Kenapa iphone 5 tidak suport? Apakah kecanggihannya kurang atau bagaimana

      Hapus
    3. @Kiim Sinaga @wawan gobel , ganti kartunya dulu Mas bro. soalnya kl masih pakai kartu 3G, munculnya warning. kl sudah di ganti tidak masalah. iphone 6

      Hapus
    4. Kenapa yah udah pakai Paket yg Tau 4G , tapi yang kuota Flash4G=8gb nya ga dipake ?? yg dipake nya yg 1,5 gb kuota lokal

      Hapus
    5. Paket data saya jg sama kasusnya, apakah nunggu kuota local data habis baru beralih ke kuota bonus 4g nya atau memang bonusnya gk bisa dipakai��

      Hapus
    6. Saya juga sama, walaupun sudah dapat sinyal 4G, tapi yg berkurang tetap kuota 3G, sudah tlp contact service katanya cuma dibantu melaporkan saja tanpa ada solusi ..

      Hapus
    7. Saya juga sama, walaupun sudah dapat sinyal 4G, tapi yg berkurang tetap kuota 3G, sudah tlp contact service katanya cuma dibantu melaporkan saja tanpa ada solusi ..

      Hapus
    8. Mas saya juga mengalamibkejadian itu, mohon pencerahannyaa ? Beli pket 4g ternyata kuota 3g yg dimakan

      Hapus
    9. Sama ko kuota 4g mlah gada gunanya tak bsa terpakai...kuota 4g msih ada 7gb ko ga bsa connect internet

      Hapus
    10. Aku pake paket tau 4g hape xiaomi redmi 3 pro, 2 kali langganan kuota 4g bisa terpakai, tapi langganan ke 3 tiba2 kuota 4g ga bisa terpakai, sudah coba setting 4g only tetep yg berkurang kuota local. Kok ga konsisten gitu ya, harusnya kalo emang gabisa dari awal. Ini setelah langganan ke 3 baru g bisa. Rugi kalo gini

      Hapus
  2. Mas mau tanya donk. Saya kemarin siang baru tukar Sim Card ke uSim untuk 4G LTE. Tapi sampai sekarang kok tidak aktif ya sudah lebih dari 1 hari walaupun Sim Card saya yang lama sudah non aktif. Apakah ada iPhone yang tidak compatible dgn spek Indo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini maksudnya nomornya nggak aktif atau 4G nya yang nggak aktif yah? Yang kompatibel dengan frekuensi 900Mhz hanya iPhone 5s dan iPhone 6 saja, sementara iPhone 5 kebawah tidak support.

      Hapus
    2. Yang dimaksud nomornya karena No Service. Tapiii barusan udah aktif nih.. Tadi balik lagi ke Grapari dan ternyata setelah di cek sistemnya pending padahalnya mestinya uda bisa. Lalu operator coba aktifkan dan bisa aktif langsung.

      Hapus
    3. Oalah.. mungkin sistemnya pas kebetulan bermasalah. Normalnya harusnya cepat, bisa langsung aktif.

      Hapus
  3. Mas ganti usim nya dimana? PAket internet sebelum uSIM sama sesudah ganti harus ganti atau bisa sama kah? Kalau mau tukar kartu nya harus sama data kaya yang teregistrasi ya? Thanks mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti usim nya di Grapari. Kalau sebelumnya sudah punya paket internet, bisa langsung di pakai, tidak perlu ganti.

      Yup, untuk tukar kartu, selain harus membawa kartu fisik lama, yang menukarkan juga harus sama dengan data yang sudah di-registrasikan sebelumnya.

      Hapus
  4. Mas klo mo aktivasi simpati 4g gmana yag klo gk ada hp 4g cm ada ipad 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4G nya tidak akan aktif karena iPad 3 nya sendiri memang tidak support 4G Mas.

      Hapus
  5. Saya pakai LG G Flex D-958. Sudah ganti simcard utk LTE, tapi di setting networknya kok gak ada LTE yah? padahal di sisi belakang smarphone tersebut ada tulisan 4g LTE.
    Ada yg bisa bantu? Maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya seri G Flex D-958 nya tidak mendukung frekuensi 900Mhz yang digunakan oleh Telkomsel saat ini. Berdasarkan informasi dari GSM Arena berikut: http://www.gsmarena.com/lg_g_flex-5806.php yang mendukung frekuensi 900Mhz adalah seri G Flex D-955 yang dijual di Eropa. Sementara D-958 hanya mendukung frekuensi 800Mhz / 1800Mhz / 2600Mhz

      Hapus
  6. 4G telkomsel sangat mengecewakan. Mau share pengalaman saja, saya ditawarkan ganti 4G telkomsel dari tim telemarketing. Kenyataannya selama 3x24 jam kartunya masih belum bisa digunakan dan kartu lama jg sudah tidak aktif. Customer care tidak memberikan solusi yang nyata, hasilnya cuma mengganggu aktivitas karena nomor telkomsel tidak bisa digunakan sama sekali. Kalau ada teman-teman yang ditawarkan, saya sarankan langsung tolak karena sepertinya secara infrastruktur mereka tidak siap. Cuma omong besar menawarkan 4G padahal back end nya masih berantakan. HIGHLY NOT RECOMMENDED

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bgt sya jga dh 2x24 jam gk ada perubahan ttp no service!!

      Hapus
  7. Mas, tanya dunk, saya kan baru ganti hp dgn samsung galaxy a3, ternyta tdk termasuk dlm perangkat telkomselnya. selama ini saya pakai simpati (galaxy min s3) saya mau tanya
    lbh baik pakai yg mana tuk sim cardnya, Pakai no yg lama atau pakai simcard 4g yg baru. Apakah ada pengaruhnya jika pake paket yg selama ini saya pake, saya gunakan juga di hp yg baru/thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika HP yang digunakan saat ini tidak mendukung 4G, pakai nomor yang lama saja. Namun demikian, tidak masalah juga jika diganti ke simcard yang telah mendukung 4G. Paket di simcard yang lama otomatis bisa digunakan di simcard yang baru selama nomornya sama.

      Hapus
  8. Mau tanya mas, di bandung kan baru launcing tgl 14/15 maret kemaren. Nah tgl 16 sy langsung ke grapari buat ganti usim 4g. Tp setelah ganti ttp stuck di 3G yah. Tiap me di pindah ke 4G ada peringatan "Jaringan ini belum di serifikasi oleh operator untuk LTE di Iphone. Daya tahan batre, panggilan, pesan teks, pesan suara dan data selular mungkin terpengaruh", itu kenapa ya, pdhl saya cek wilayah saya tercover sinyal 4g

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya lupa, saya menggunakan iphone 5s keluaran singapore, dan ios masih di 8.1.2 dan keadaan jailbreak. Apa berpengaruh ya?

      Hapus
    2. Nggak apa-apa mas, informasinya diignore saja. Sepertinya Telkomsel belum masuk ke jaringan yang sudah disertifikasi oleh Apple untuk 4G nya. Kalau berada di coverage 4G otomatis akan dapat kok sinyal 4G nya.

      Hapus
  9. mas iphone 5s saya tidak ada menu 4gnya ya? saat ini saya sudah beralih ke kartu telkomsel 4g. apa saya harus upgrade iphonenya? trims atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya ada Mas, bisa dicoba di Settings->Cellular, nanti ada pilihan 4G nya. Test yang saya lakukan di tulisan ini pakai iPhone 5s kok.

      Hapus
  10. Mau tanya,kalau hp nya lenovo a6000,kartunya yg lama,telkomsel,nggak ganti,tinggal di cibatu garut yg ada cuma 3G,bisa jalan dan berfungsi seperti biasa nggak? Kapan 4G sampai di kecamatan dan pedesaan di jawa? Lama nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. HP nya kalau udah support 4G masih bisa kok dipakai di 3G, dan nggak perlu ganti kartu kalau memang jaringan 4G nya belum tersedia.

      Kalau untuk rencana 4G nya sampai ke kecamatan dan pedesaan, sepertinya masih lama. Fokusnya sekarang di kota-kota besar terlebih dahulu.

      Hapus
    2. Mas saya mau tanya, kalau lenovo a6000 apakah bisa menikmati simpati 4G ? Karna dia belum masuk daftar yg ditawarkan telkomsel?

      Hapus
    3. Mas Alldi,

      Di Jakarta untuk saat ini belum bisa, karena 4G nya menggunakan frekuensi 900Mhz. Sementara handet nya tidak mendukung 4G di frekuensi tersebut. Namun demikian saat ini sedang dilakukan refarming frekuensi 4G ke 1800Mhz yang didukung oleh Lenovo A6000. Ditunggu aja ya, rencananya nanti akhir tahun ini sudah bisa digunakan.

      Hapus
  11. Gan ane mau nanya nih... Jadi kalau udah ganti kartu lama dengan uSim 4G ga bisa pake kartu yang lama nya ya? Sedangkan daerah ane juga tangsel jauh dr jangkauan 4G tersebut. Kalo misalkan ke Jakarta baru dapet sinyal kan? Tapi kalo keluar dari jakarta/jangkauan 4G apakah akan tetap sinyal atau no service? Nanti yang ada malah kalo dirumah ga bisa tlp dll karena ga ada sinyal... Apakah akan seperti itu gan? Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab aja,
      Pas ganti kartu usim, otomatis kartu sebelum nya no service.
      Dan uSim 4g ttp koq bisa dipindah ke 2g ato 3g. Sy pun di rumah dpt sinyal 4g (kota bandung) tp pas di tempat kerja daerah lembang yg belum tercover 4g, dpt nya 3g aja..

      Hapus
  12. Mas saya mau tanya, kenapa iphone 5 tidak suport 4g y Mas? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. support koq, cm belum support 4G LTE di indonesia aja, kenapa...
      Sesuai spek iphone 5
      4G bands LTE band 4(1700/2100), 17(700) - GSM A1428
      LTE 700 / 850 / 1800 / 1900 / 2100 - CDMA A1429
      LTE 850 / 1800 / 2100 - GSM A1429
      Sedangkan di indonesia 4G LTE berada di 900Mhz. So sabar aja sampe semua operator indo pindah ke 1800mHz.

      Hapus
    2. saya pakai lumia 920 dan ganti usim sejak tgl 20 maret. tapi sampai sekarang tidak mendapatkan sinyal 4G sama sekali dari telkomsel walaupun berada di coverage area, sedangkan di hape lain bisa. padahal setahu saya lumia 920 support 4G di indonesia, bahkan kemarin termasuk salah satu gadget yang digunakan untuk test jaringan 4G sebelum launching.

      2 hari yg lalu saya coba bawa ke Grapari kembali untuk menanyakan hal ini, apakah ada masalah dengan simcard nya. dan seperti biasa, untuk hal teknis seperti ini, CS akan selalu menghindar dan menunjuk pihak lain. saya disarankan untuk ke nokia center dengan alasan lumia menggunakan windows phone sehingga membutuhkan peengesetan lebih lanjut.

      ada 2 masalah: 1. saya ngga percaya jawaban "pintar" ala cs nya. karena itu sebenernya hanya utk membuang saya begitu saja sebab dia sendiri tidak tahu kenapa. menurut sistem yg dia baca, usim saya telah terdaftar dan settingnya sudah benar.
      2. saya tidak punya hape lain dgn microsim yg support 4G. sehinggal saya tidak bisa memastikan apakah benar masalahnya di simcard atau di hape.

      apakah kawan2 ada saran untuk saya? karena waktu saya terbatas, apabila harus membuang waktu ke grapari lagi, mengantri dan mendapatkan jawaban yg tidak memuaskan, dan akhirnya pun tidak selesai masalahnya..

      Hapus
  13. mas mau tanya dong kalau slot hp nya hanya disediain 4g, sedang paketan perbulannya pakai yg 3g, itu ngaruh ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak masalah Mas. Ketika pakai 4G, paket 3G nya akan dikonsumsi. Ini masalah penulisan nama paket saja. Tidak ada paket khusus 4G.

      Hapus
    2. Kalo sebaliknya mas ? Paketnya 4g tapi hpnya mendukung 3g apa tetep bisa jalan ?

      Hapus
  14. Thanks, infonya
    https://apartemenwaterplace.blogspot.com

    BalasHapus
  15. mas mau tanya kok di saya tulisannya 4G bukan LTE? itu bagaimana mas? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja kok Mas. Itu representasi dari handsetnya saja.
      Contoh screenshot yang saya posting menggunakan iPhone 5s, yang munculnya LTE, sementara jika menggunakan iPhone 6, yang ditampilkan adalah 4G.

      Hapus
  16. klo saya udah ganti usim ke usim 4g. kartu usim nya bisa dipake di hp lain ga ? hp biasa yang ga support 4g. makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, simcard usim nya bisa digunakan di HP yang tidak support 4G.

      Hapus
    2. Betul. Saya juga buktikan, pakai kartu kompetitor: http://ry.web.id/post/jogja-super-4g-lte/

      Hapus
  17. Lenovo a6000 hnya bs di band 4G 1800 sehingga utk operator yg saat ini pakai band 900 tidak akn bs berjalan 4Gnya di Lenobi A6000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di upgrade firmware nya ndak?

      Hapus
    2. Setahuku, ini udah menyangkut hardware, jadi nggak bisa diupgrade via firmware.
      Saat ini layanan LTE yang menggunakan frekuensi 1800Mhz sedang di roll out. Untuk Telkomsel saat ini baru di kota Makassar saja yang support 1800Mhz, dan selanjutnya akan menyusul di kota-kota yang lain.

      Hapus
  18. mas kalau lenovo vibe x2 support 4g telkomsel atau gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya cek dari website nya GSM Arena: http://www.gsmarena.com/lenovo_vibe_x2-6643.php, perangkat tersebut tidak support LTE di frekuensi 900Mhz, sehingga saat ini belum bisa digunakan untuk menikmati jaringan 4G nya Telkomsel.

      Hapus
  19. mas kalau lenovo vibe x2 support 4g telkomsel atau gk?

    BalasHapus
  20. Mas, saya pake sony xperia T3 seri D5103. Kemarin saya ke grapari mau coba simpati 4g, tapi katanya hape saya tidak support di jaringan 900. Setelah saya cek di spesifikasi hape saya bisa support jaringan 900 kok. Kenapa Cs nya bilang tidak support ya? Apa saya yg salah apa Cs nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya CS nya nggak ngeh Mas. Saya cek harusnya support pakai LTE di frekuensi 900Mhz. Coba datang lagi saja, sekalian ditunjukkan informasi yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut bisa digunakan di frekuensi 900Mhz.

      Hapus
  21. Gan ane pake Lenovo A6000, daerah surabaya dan kartu telkomsel udah Usim + paketan 4G tapi di jaringan Handphone belum bisa detect 4G ya?

    Mohon Pencerahan gan...

    BalasHapus
  22. Gan, kalo Handset sudah 4G LTE, kartu udah 4G LTE, pas beli paketnya harus yang 4G LTE ato masih bisa kalo beli paket Flash Biasa / Paket TAU?

    Mohon pencerahannya gan.

    BalasHapus
  23. Balasan
    1. iPhone 5c kalau melihat referensinya dari https://www.apple.com/iphone/LTE/ sudah support LTE di frekuensi 900 Mhz gan

      Hapus
  24. gan, saya pakai paket XL hotrod 4GB (3G) + 4 GB (4G) setelah beberapa waktu, kuota 3G saya habis dan hanya tinggal 4GB untuk jaringan 4G. tapi kenapa saya malah tidak bisa menggunakan jaringan 4G padahal kuota masih ada dan hp saya (sony xperia m4 aqua) sudah support 4G. semua social media tidak bisa saya gunakan (BBM, WA, Line, dsb). mohon penjelasannya gan... terima kasih

    BalasHapus
  25. Mas HP saya iphone 5s tp kok gag ada 4Gnya ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya nggak bisa itu gimana Mbak? Apakah sudah ditukar kartunya ke USIM dan dipastikan berada di area 4G?

      Hapus
  26. Mas, saya pake iphone 5s dan ingin tukar ke usim tsel. Apakah hrus beli paket data basic 4g? Atau bisa beli paket data flash biasa (biasanya saya beli paket data groovy 3g)? Jika saya beli paket data groovy, apa bsa dngan sinyal 4g? Terima kasih mas

    BalasHapus
  27. Mas saya barusan dapet kiriman simcard 4g lte nih dari telkomsel, pas aku pakai kartunya di sony xp c3 lte ko gda sinyal ya. Apa harus di aktivasi dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru respon. Iya Mbak, kartunya harus diaktivasi dulu dengan menelepon ke call center nya.

      Hapus
  28. gan mohon bantuannya neh,ane pengen pindah kartu ke U sim 4G LTE, tapi untuk kartu yang lama banyak registrasi aplikasi dan perbankan seperti mobile banking, klo udah ganti ke 4G usim akan hilang ga registrasinya atau nanti registrasi ulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk mobile banking nggak ada masalah Gan. Karena walaupun ganti kartu, nomor nya tetap sama.

      Hapus
  29. gan.. kalo simpati 4G bisa di ganti ke kartu simpati biasa gak?
    trm ksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gimana ya?Kalau kartu nya sudah 4G tapi dipakai di HP yang bukan 4G tidak masalah juga kok.

      Hapus
  30. Hp saya asus zenfone 2 pakai kartu simpati tapi kok 4g nya ga pernah aktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. zenfone 2....wah kasus yg sama nih ...udh ganti usim 4G diGrapari...infonya udh aktif (sms/cek caroline)..tapi sampai skg gak pernah nongol tuh 4G nya...aneh...

      Hapus
  31. Klo lenovo a 7000 udh da 3g...trus klo pkenya kartu telkomsel biasa gk pke usim bisa gak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bisa menikmati jaringan 4G, selain handsetnya yang support 4G di frekuensi 900 Mhz (beberapa kota sudah mendukung frekuensi 1800 Mhz), juga harus mengganti sim card dengan usim. Sim Card biasa tidak bisa, hanya support sampai 3G saja.

      Hapus
  32. Mas saya mau ganti triji ke 4G apakah yang harus saya lakukan supaya data data saya tidak terganggu terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya paket data nya ya? Penggantian ke kartu 4G tidak akan mengubah paket data yang sudah ada kok. Jika sudah memiliki paket data, tetap bisa digunakan setelah ganti ke 4G.

      Hapus
  33. Ms mau nanya untuk yg dual sim sim1 4g dan sim2 3g? Tapi kok aku ga bisa browsing atau aktif paket data di sim 2 ya mas. Maksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, maaf ya Mas sepertinya ini settingan dari HP nya yah. Aku nggak terlalu paham untuk settingannya. Mungkin tautan ini bisa memberi pencerahan.

      Hapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. mas mau nanya nih, di ip 5s saya kok dipengaturannya malah bacaan 4g ya bukan LTE kaya punya mas? emg sama aja sih ya, cuman ngaruh ga sih mas? aku mau coba ganti sim card nih, mohon dijawab ya mas, makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja seharusnya Mas Reza. Di pengaturannya memang tertulisnya 4G

      Hapus
    2. aku barusan baru ganti sim nih mas, nah pas nyoba di wilayah yg ada 4g nya, juga jaringan ttp namanya 4g bukan LTE kaya ssnya mas diatas, itu apa emg udah ganti nama jadi 4g atau gmna ya mas?

      Hapus
  36. Saya mau tanya, apakah samsung galaxy grand 2 support 4G atau tidak?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Galaxy Grand 2 sudah support 4G Mbak, berikut tautan info lengkapnya

      Hapus
  37. Mas mau nanya, kmrin2 iphone 6 saya masih bisa gunakan jaringan 4g tpi dftrx lewat flash unlimited, tpi stlah brusan sya dftr lewat paket *363# koq dy tdak nangkp 4g lgi, kmudian sya telp call centrx, katax no sim card sya blm di upgrade ke 4g, pdhal sya beli nox yg baru alias udah support 4G LTE, jdi bingung sma telkomsel ni, kira2 problemnya di apa mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya sudah muncul sinyal 4G nya di HP? Bisa dicoba di restart HP nya, jika masih gagal kemungkinan daerahnya tidak ter-cover 4G.

      Hapus
  38. Mas mau nanya..
    Klo daerah blm trdapat sinyal 4g.. kartu dan hpnya sudah bisa 4g... trus ingin memakai paket data 4g di telkomsel.. bisa jalan ga paket datanya di daerah yg blm trdpat sinyal 4g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diinfokan paket data yang mana ya maksudnya? Jika daerahnya belum support 4G, hanya bonus utamanya saja yang akan dikonsumsi, sementara kuota 4G nya tidak akan terpakai

      Hapus
  39. kalo data 4g di pakai di 3g bisa gak mas ?
    soalnya di daerah saya belum bisa 4g ,bisanya 3g ,gmana ini mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk daerah yang belum bisa 4G saya sarankan sih untuk beli paket yang biasa saja. Setahu saya paket yang dijual saat ini combo, ada kuota utama + kuota 4G. Jika daerahnya nggak support 4G, kuota 4G nya tidak akan bisa dikonsumsi alias mubazir

      Hapus
  40. Iya, kuota 4G sama kuota WiFi telkomsel saya jadi mubazir karena ga bisa kepake disini..

    BalasHapus
  41. Gan, mau nanya nih, kalau kita daftar paket untuk 4G tpi kita belon ganti USIM apa masih bisa dipakai ya?
    Tpi hp udah support 4G

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum pernah ganti USIM, nanti waktu beli paketnya juga nggak bisa. Kalau udah ganti USIM tapi nggak dapat signal 4G, kuota paket 4G nya tidak akan bisa dipakai, hanya kuota utamanya saja yang bisa dipakai.

      Hapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. HP saya Lenovo Vibe Z (K910L) udh support 4G telkomsel blm ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasinya dimana? Untuk Jakarta seharusnya sudah support

      Hapus
  45. Mas mau tanya, handphone saya sudah support 4g frekuensi 900, dan sudah ganti usim. Tapi kok tetep gak bisa masuk jaringan 4g kenapa ya? Oya hp saya htc one m4

    BalasHapus
  46. Mas mau tanya, handphone saya sudah support 4g frekuensi 900, dan sudah ganti usim. Tapi kok tetep gak bisa masuk jaringan 4g kenapa ya? Oya hp saya htc one m4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasinya dimana Mas? Apakah sudah dipastikan daerahnya sudah ter-cover signal 4G?

      Hapus
  47. mas apa samsung galaxy A3 bisa ngga paka 4G LTE

    BalasHapus
  48. Mas mau nanya,kalo saya belom punya hp yg support 4g,tp pngen ganti simcard nya yg 4g,bisa dipake gak tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk aktivasi data pertamanya perlu terhubung di jaringan 4G, sehingga perlu HP yang sudah support 4G. Jika sudah terkoneksi, selanjutnya digunakan di HP yang nggak support 4G juga bisa. Kalau sudah tukar ke USIM tetapi tidak pernah terhubung ke jaringan 4G, kartunya hanya bisa digunakan untuk SMS dan telepon saja.

      Hapus
    2. Mas Eko mau nnya ni.
      Misal kita berada di cover 4g ttpi kartu yg kta gunakan blum 4g msh 3g. Lalu hp kita support 4g apa msh bsa kita gunakan hp nya om?

      Hapus
    3. HP nya bisa digunakan,karena arena yang dicover 4G masih dicover 3G juga. Namun untuk kasus ini, kuota 4G nya tidak bisa digunakan

      Hapus
  49. mas kalau misalkan udah ganti sim 4G itu bisa g pake paketan yg 3G dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mas, paket yang sudah dibeli sebelumnya masih bisa dipakai kok.

      Hapus
  50. Maaf Mas mau nanya... kemarin teman sy ga' sengaja beli kartu simpati 4G lte dengan paket 4GB. Terus handphonex iphone 4s... yang ternyata belum support dgn jaringan 4G... apakah kartu tersebut paket datax masih bs digunakan oleh teman saya? Krn kemarin sempat coba dipakai tapi browserx katanya tdk ada koneksi???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk aktivasi koneksi datanya, harus menggunakan handphone yang support 4G dan terhubung di jaringan 4G dulu. Baru setelah itu bisa digunakan di handphone yang tidak support 4G seperti iPhone 4S.

      Hapus
  51. Mas..pada samsung J2 sim 1 dan 2 paket datany kq aktif smua y..tiap salah satu sim paket datanya dinonaktifkan..malah non aktif smua..bagaimana caranya agar paket datanya cuma salah 1 sim saja..????
    Pilihan jaringan sudah tk buat misalnya sim 1 utk 4g/3g/gsm..dan sim 2 utk gsm..tapi tetep sama saja...cz inginnya yg sim2 hanya dipake utk sms n tlpn..shg jd kwtr klu sim2 kemakan pulsanya..

    BalasHapus
  52. Mas hp saya lg nexus 5. Tp knpa paket data 4g nya g bs dipake ya? Lokasi saya pdhl d bdg. Setting jg udh d LTE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang nggak bisa dipakai ini maksudnya kuota paket 4G nya Mas? Apakah signal nya sudah dapet 4G juga? Karena kuota nya hanya bisa dikonsumsi ketika terhubung ke jaringan 4G aja, kalau pakai 2G atau 3G, akan mengkonsumsi kuota utamanya

      Hapus
    2. Mas kalo kouta utama habis dan kita msh brada di cover 3g sma skli tdk bsa dpakai hp nya ya om buat intrnetan? Walau kouta 4g msh bnyak. Ttp gk bsa dpakai kn om?

      Hapus
    3. Iya, nggak bisa dipakai kuota 4G nya

      Hapus
  53. mas, usim indosat 3G saya sudah ditukar menjadi usim 4G, tp diperangkat saya, yang terdeteksi masih 3G. sudah saya tanyakan ke CS daerah saya sudah tercover 4G dan perangkat sudah support 4G. Settingan di Iphone 5 saya pun sudah saya sesuaikan menjadi 4G.

    kira2 permasalahannya dimana ya? sudah 2 hari sejak pergantian kartu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. kalau Indosat saya kurang tahu Mas. Mungkin bisa dikonfirmasi lagi ke CS nya apakah daerah Mas sudah dicover oleh 4G yang frekuensinya 1800Mhz, yang memang didukung oleh iPhone 5.

      Hapus
  54. Mas saya cuma mau nanya untuk menggunakan paket internet yg LTE yg 99rb 8gb harus didaerah yg bisa jaringan 4G ga? Soalnya saya di bekasi ga bisa aktifin paket ini. N karena masih mahasiswa paket ini paket yg paling saya butuh kan. Yg lainya mash kemahalan. Klo tidak apa untuk paket bunddle ini blom bisa di gunakan atau gmn ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paket tersebut bisa digunakan di 4G maupun 3G kok, hanya setahu saya paketnya memang paket khusus jadi nggak semua pelanggan bisa beli.

      Hapus
  55. Mas saya pake zenfone 2. Kemaren bli paket maxi loop 5gb. 1gb wifi, 2gb 3g, 2gb 4g. Pas kuota yg 3g habis. Kok yg 4g gak jalan ya? Sayang banget loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartunya sudah ganti ke USIM dan apakah terhubung ke jaringan 4G Mas? Kuota 4G nya hanya bisa digunakan ketika terhubung ke jaringan 4G saja

      Hapus
  56. Mas mau tanya, hp saya kan samsung j2. Lah saya sudah paketin pakai yg 4g lte telkomsel yg 87.500rb itu. Trus diperangkatnya sudah saya atifkan juga (lte/wcdm/gsm). Tapi kok gak ada tulisan Lte disinyalnya yha? terus juga data yg kepake cuman data flashnya(biasa) nah yg 4g lte nya gak kepake. Itu gimana mas? Makasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartu SIM nya apakah sudah menggunakan USIM Mas? Untuk bisa menikmati 4G, harus tukar kartu dulu ke USIM, bisa lewat Grapari. Nanti setelah kartunya aktif dan terhubung di jaringan 4G baru kuota 4G nya bisa digunakan.

      Hapus
  57. kalau pake kartu biasa bukan kartu 4G, trus dpat kuota 2GB di jraingan 4G
    daerah sya udah support 4G, kira" bisa gak d kartu biasa pake kuotanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa Mas, mesti ganti kartu dulu dan terhubung ke jaringan 4G nya

      Hapus
  58. mas mau tanya. ane kan pakai redmi note 2. kmaren2 bisa tuh pakai 4G tpi setelah update miui pas mau nyalain 4G liat setting kaga ada, ane coba factory reset dan cabut kartu, alhasil tetap sama. apa karna update miui berpengaruh hilangnya 4g ? mohon pencerahannya. harus downgrade atau bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti area nya mas,coba pake area malaysia..jangan indonesia

      Hapus
    2. Punya saya xiaomi redmi note 2 katanya 4g kok internet tidak bisa jalan ya pak? Padahal data telkomselnya 4g masih 2giga

      Hapus
  59. Mas mohon pencerahannya.. saya pake samsung a3 tapi kok sinyalnya h+ trus ilang"an terus y... sering banget gk stabil.. itu pengaturannya gmna y mas biar sinyalnya bagus.. soalny suami saya pake indosat juga di samsung note sinyalnya lancar... mohon pencerahannya y

    BalasHapus
  60. Mau share mas mas mba mba, jadi setelah hampir setahun pemakaian 4G LTE tsel, hape saya rusak, kerusakannya adalah sim card tidak terbaca, berawal dari sim card kadang terbaca kadang tidak, setelah saya cari tau ternyata disebabkan karena jaringan 4G yang tidak merata, dan di indonesia 3 layer jaringan masih sama sama luas cakupannya (4G,3G,&2G), akibat tidak meratanya jaringan sehingga menyebabkan sering drop dari 4G ke 2G atau ke 3G. entah pihak telkomsel bertanggung jawab atas ini atau tidak, saya hanya berbagi pengalaman, mungkin ada yang recommended untuk service iphone dari teman teman yang pernah apes seperti saya ?

    BalasHapus
  61. Ah sayang sekali.. samsung grand 2 ane gak bisa 4g :(

    BalasHapus
  62. Mas ane Asus Zenfone 2 laser Z00RD Bisa gak ke 4G??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. aku coba cek di gsmarena kok nggak ada speknya yah? Coba dicek aja Mas di box atau buku manualnya. Kalau support 4G LTE di frekuensi 900Mhz atau 1800Mhz berarti bisa dipakai.

      Hapus
  63. Knaoa oppo ga masuk yaa,apa blom bisa support ya??

    BalasHapus
  64. Knaoa oppo ga masuk yaa,apa blom bisa support ya??

    BalasHapus
  65. Kalo misal jaringan yg didukung hpnya 3g trus paketannya 4g apa bisa tetep jalan internetnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paket 4G nya tidak akan bisa dipakai Mas. Ketika paka jaringan 3G, kuota yang dipakai adalah kuota utamanya, bukan kuota dari 4G nya

      Hapus
  66. TELKOMSEL sangat mengecewakan!! banyak org yg tertipu dan merasa dirugikan dengan membeli paket 4G tp tidak bisa digunakan/mubazir krn alasan daerah tertentu blm support. Selain itu pulsa juga sering hilang tiba2 2x mengalami hal seperti itu 400rb di tahun 2012 dan 2015 Tlp ke call center yg ada disuruh nunggu katanya mau diganti tp tidak jelas sampai sekarang. Kalah jauh sama 3 murah meriah yg saya pakai skrg untuk browsing. Huh' rasanya kapok pakai TELKOMSEL kalau bukan karena ada paket nlp murahnya itu.

    BalasHapus
  67. Mas saya baru beli LG G FLEX H955 dari dubai,di kardus tertulis LTE 800,900,1800,2100 dan 2600.
    Saya pake telkomsel,tapi g bisa terima sinyal 4G.saya sudah ke grapari dan Usim nya di coba di ipad sinyal 4G nya muncul,dia bilang device saya yg g support.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. bisa jadi Mas. Kalau di iPad bisa terdeteksi 4G nya berarti nggak ada masalah dengan kartunya. Mungkin bisa dicoba ditanyakan ke support nya LG, barangkali ada restriksi penggunaan jaringannya.

      Hapus
  68. Bang.. Kalo kartu simpati biasa bisa ga make kuota flash 4g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum ganti USIM nggak bisa Mas, karena tidak akan bisa mendeteksi jaringan 4G nya juga. Kalau HP nya sudah mendukung 4G, mesti tukar kartu dulu, baru nanti kuota 4G nya bisa digunakan

      Hapus
  69. Mas mohon penjelasannya...saya pakai iphone 5 kartu telkomsel udah saya ganti 4g sedangkan sekarang frekuensi 4g telkomsel katanya udah sampai 1800 settingan jaringan sudah sya ganti lte tinggal di jakart pusat tapi kenapa ya jaringannya masi 3g...? Apa ada yang salah dngan iphone 5 saya..makasi mas sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. agak aneh nih. Sudah coba restart HP nya? Untuk memastikannya mungkin bisa dicoba di HP lain yang sudah support 4G apakah bisa terhubung ke jaringan 4G atau tidak. Kalau ke HP lain nggak ada masalah, kemungkinan iPhone 5 nya bermasalah.

      Hapus
  70. Mas kuaota 3G , bisa di pake gak ke kuaota 4G .., saya pake iphone ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuota 3G bisa digunakan di jaringan 4G, tetapi jika kuota 4G nya masih ada, maka yang dikonsumsi duluan adalah kuota 4G nya.

      Hapus
  71. Mas sy mau tanya, skrg sim card tsel sy utk HP 3G (Note 3) tp udh beberapa kali saya beli paket tertulis kalo saya punya bonus paket data 4G sekian GB. Skrg jumlah bonus 4G nya sekitar 18 GB. Sekarang sy udh pake iPhone 6+ dan ingin pindah simcard sy di iPhone. Kalo sim card sy di convert ke versi 4G apa bonus sy masih berlaku apa hangus ya? Tks

    BalasHapus
  72. Bang, kan saya beli kartu telkomsel 4G lte. Tapi hp saya belum support jaringan 4G. Terus pas saya cek paket TAU telkomsel itu nyediain paket TAU 3G. Kira-kira bisa digunain gak ya bang? Takut mubadzir. Makasih

    BalasHapus
  73. Bang, ane mau tanya. Klo kuita 4g dipake di sinyal 3g bisa ga ya? Ane udh up ke 4g dan di daerah ane sinyal 4g nya blm stabil.

    BalasHapus
  74. bang 2 hari yang lalu saya baru beli acer Z330 karna jaringan sudah 4g ,
    dan sim cardnya saya coba pakai simpati 4g .tetapi sudahh berkali" dicoba registrasi kartu sim belum aktif juga .
    yang jadi masalah itu kartunya apa handphonenya yaa bang ? kenapa dicoba sekian kalipun masii gabisaa

    BalasHapus
  75. tolong jawab...apakah 4G gk bisa di gunakan di SIM 2 ya...soalnya saya kemaren pake di SIM 1 bisa...la ini di SIM 2 kok gk bs?

    BalasHapus
  76. Mas, mau tanya, sy baru beli Oppo F1 4G LTE kan, tp pake kartux axis. Kenapa lemot banget ya jaringanx dibanding saat kartu tsb masuk ke hp sy yg masih 3G?? Apakah kartu tsb hanya mampu dipakai di hp 3G sj? Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan: jaringanx klo nggak E, H, H+, pernah ilang" jg, nggak kuat jaringan internetx. Gmn ya solusix? Saya dpt kaetu tsel yg 4G itu tp takut coba krn bnyk yg bilang merugikan.

      Hapus
  77. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  78. Mau tanya. Apa beda paket flash 4g dengan paket flash saja. Apakah paket flash saja tidak bisa dipakai di 4g walaupun sinyal di hp 4g.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paket flash yang biasa bisa digunakan di semua jaringan (2G/3G/4G). Sementara paket flash yang 4G hanya bisa digunakan di jaringan 4G saja

      Hapus
  79. Apakah paket flash biasa bisa digunakan untuk 4g ?
    Atau bisakah berinternet di 4g di paket flash selain paket flash 4g lte ?

    BalasHapus
  80. Gan di iphone 5s saya kok nggak ada enable LTEnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aneh yah, seharusnya sih muncul. Dari iPhone 5 sudah support 4G. Mungkin perlu dicek ke toko yang menjualnya, khawatirnya produknya defect.

      Hapus
  81. Gan , mau tanya .. Tadi siang saya ganti kartu ke grapari jadi up ke 4g , disuruh tunggu stengah sampe 1 jam . Nah udahan nya , sinyal saya berubah jadi 4g , tapi balik lagi ke 3g .. Beberapa jam kemudian 4g lagi skitar semenit trus ganti 3g lagi --" kenapa ya ??
    Saya iphone 5 , tinggal daerah depok ..
    Apa harus telfon customer service nya ?

    BalasHapus
  82. Tnya gan
    hp sy ngak support 4g cuman bs 3g
    kartu sudah 4g dan dpt paket 4g 5gb dan wifi 2gb
    sudah diaktifkn di hp yg sdah support 4g
    dan setelah itu di pasang di hp yg cuman bs 3g
    tetapi jadi tidak bisa internetan
    gmn tuh gan?

    BalasHapus
  83. mau nany saya make paketan 4G simpati, nah begitu sinyal pindah ke 3G pulsa saya tiba tiba abis. itu kenapa ya kira kira? apa paket flash 4G ga bisa digunakan buat jaringan 3G?

    BalasHapus
  84. mas kalo paketnya 4g +kartunya udah 4g tapi hpnya blm 4g ,jadi kepakemya 3g ato gk bisa jalam bang?

    BalasHapus
  85. mas mau tanya iphone 5s saya sudah pakek simpati flass kok sinyal E ya mas kok ngk bisa 3G/4G ya padahal sudah saya ganti sinyal nya dengan 4G. ttolong bantu terimkasih

    BalasHapus
  86. Kenapa jringan 4G nya hlang-hlnh
    Daerah banda aceh

    BalasHapus
  87. Mas inikan aku ake samsung j2 nah aku pake smartfren yg belum 4g itu emg tidak akan bisa ya mas?

    BalasHapus
  88. Mas inikan aku ake samsung j2 nah aku pake smartfren yg belum 4g itu emg tidak akan bisa ya mas?

    BalasHapus
  89. Gann.. gua mau nanya.. HPku samsung J7..support 4G.. pake kartu simpati 10gb.. 2gb 3G dan 8gb di jaringan 4G.. sinyalnya 4G trus.. tapi kenapa yg terpakai kuota 3G ya.. apa ada pngaturan tertentu?

    BalasHapus
  90. Gan saya mau tanya, saya udh pake usim dr tsel 4g lte. Trs udh saya ganti ke 4g, tp yg keluar jaringannya di sinyal masih 3g. Saya udh liat daerah saya ngedukung 4g. Kira2 knp itu ya??? Tlg bls ya gan. Makasihhhh

    BalasHapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  92. Apakah daerah Bogor dan Depok sekitarnya sudah merata jaringan 4G LTE nya? Jika sudah, mengapa kuota 4G tidak dapat digunakan? Sementara kartu dan Hp sudah mendukung untuk 4G dan kuota 4G masih banyak dan masih berlaku

    BalasHapus
  93. Bos kalo emang jaringan 4g baru ada di pulau jawa dan bali harusnya jangan jual paket 4g di kalimantan ...ini ada promo 12 gb haraga 59 ribu ...nah sekalinya gk bisa di pake ...kalo jualan harus jelas flash4g ato flash3g ...soalnya sangat menjengkelkan

    BalasHapus
  94. Mas sy udah ganti SIM sya ke grapari dan sudah uSIM pas daftar paket TAU 4G kok data paket 4G-nya gak kepakai ya?? malah data paket lokalnya yang dipakai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada kuota lokal, yang akan dikonsumsi duluan adalah kuota lokalnya Mas, baru setelah itu kuota 4G nya jika memang berada di dalam coverage 4G

      Hapus
  95. Mas hp saya iPhone 5, dan sudah upgrade 4g ke grapari. Saya paketin yg 1gb 3g dan 2gb 4g, tapi yg 2gb di 4g ko ga bisa di pakai ya? Padahal sinyal sudah bagus, dan teman saya sama seperti saya pakai iP 5, telkomsel 4g, tetapi beliau tidak ada masalah dengan paket 4gnya (bisa di gunakan) mohon bantuannya gan, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dapat sinyal 4G juga Mas? Bisa dipastikan juga tidak punya kuota lokal? Kalau ada kuota lokal, yang dikonsumsi duluan kuota lokalnya, baru 4G

      Hapus
  96. Mas mau nanya, kalau ke grapari buat ngapgrade sinyal 3G ke 4G harus bawa apa aja yah ? Terus biayanya berapa mas ? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke grapari tinggal bawa nomor, HP, dan KTP aja. Biaya tukar kartunya gratis.
      Dipastikan juga HP nya sudah mendukung 4G dan pada saat aktivasi kartu nya berada di dalam coverage jaringan 4G

      Hapus
  97. Gan mau tanya, aku kan paketan TAU 4G (500Mb + 1,5Gb data lokal + 8Gb 4G). Awalnya yg kepake yg kuota 3G. Trs semenjak kuota 3G habis dan skrg pake 4G, sinyalnya 1 garis trs. Syukur2 deh kl 2 garis. Trs juga sinyal 4G hilang2 mulu jadi H / H+ dan lemoooooooot bgt. Ga bisa di pake apa2 pdhl sinyal H+ ada 4 garis full. Kira2 tiap 10 menit sekali ganti H+. Itu knp yaa? Pdhl waktu pake kuota 3G fine2 aja.. Mohon pencerahannya gan :')

    BalasHapus
  98. Pak,mau tanya nih..knapa ya hp xperia z1 compact jaringan 4g'nya ga mau muncul..pdahal sudah LTE.

    BalasHapus
  99. Gan saya mau tanya, saya kan simpati yg lama, paketannya 8gb 50rb, nah klo kartunya saya upgrade ke 4G apakah cara paket saya akan berubah? Apa tetap cara paket yg lama? Mohon solusinya.

    BalasHapus
  100. Gan ane mau tanya nich
    Hp ane dh 4G tapi kartu masih 3G
    Yg ane mau tanyain
    Kn ane dh punya paketan Internet flash 8Gb tiap bulan,Nah KLO ganti kartu ke 4G apa ane beli paketan Internet lg?

    BalasHapus
  101. Boos mau tanya kenapa pas di jaringan 4G tidak bisa terima panggilan masuk tapi di jaringan 2/3G bisa terima panggilan masuk. Panggilan keluar dan sms gk bermaslah. Harus di apain ini bos. Tolong kasih solusinya thanks..

    BalasHapus
  102. Thanks infonya mas..mampir juga ya baca baca artikel kami Harga Hp Terbaru

    BalasHapus
  103. Mas, hp saya note 5 tapi kenapa ga pernah dpt sinyal 4g ya? Simcard uda usim, kalo pake indosat langsung dpt 4g nya.. tq

    BalasHapus
  104. Kasus sama paket 4g yg kemakan 3g iphone 5s

    BalasHapus
  105. Mas ane mau tanya, kenapa kouta flash 4g saya tidak terpakai sedangkan hp dan kartu sudah 4g kàrtunya ada bacaan 4gnya tolong penjelasannya mas
    Trims,

    BalasHapus
  106. Mas ane mau tanya, kenapa kouta flash 4g saya tidak terpakai sedangkan hp dan kartu sudah 4g kàrtunya ada bacaan 4gnya tolong penjelasannya mas
    Trims,

    BalasHapus
  107. Mas hp saya Xiaomi resmi 4a udah ada 4Gnya kok gak bisa ya pake paket 4G dari Kartuhalo padahal paket 3Gnya udah abis

    BalasHapus