Sabtu, Juli 21, 2012

Fitur Fullscreen pada Firefox untuk Mac OS X

Well, agak sedikit kecewa kenapa baru sekarang Firefox memberikan dukungan untuk fitur Fullscreen di OS X Lion. Dulu Firefox adalah browser favoritku. Bahkan ketika menggunakan Windows pun aku lebih senang menggunakan Firefox dibandingkan dengan browser lain seperti Chrome, walaupun Chrome lebih enteng. Namun dengan bsennya fitur native Fullscreen untuk OS X Lion, Firefox menjadi aplikasi yang paling jarang aku gunakan di Mac. Terdengar konyol juga, setelah 1 tahun sejak OS X Lion dirilis, Firefox baru memberikan fitur terdesebut, berbeda dengan Chrome yang segera memperbaharui versi browsernya.




Padahal menurutku fitur Fullscreen ini walaupun tampak sederhana, merupakan fitur yang vital. Dengan fitur ini pengguna dapat berpindah aplikasi dengan cepat, hanya perlu melakukan swipe 4 jari pada track pad. Tidak seperti berpindah aplikasi pada mode biasa, yang mesti menekan tombol Cmd + Tab. Menekan keyboard tentunya lebih merepotkan dibandingkan dengan melakukan swipe pada track pad. Untuk jangka panjang, fitur Fullscreen dapat meningkatkan produktifitas kerja. Pengguna bisa fokus tanpa terganggu dengan aplikasi lain, dan dapat berpindah dengan cepat antar aplikasi yang sedang sama-sama pada mode Fullscreen.

Penambahan fitur ini pada Firefox 14 menurutku sudah terlambat. Setelah terbiasa dengan menggunakan Chrome dan Safari di Mac, rasanya akan sedikit malas untuk berpindah-pindah browser lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar