Minggu, Agustus 26, 2012

[OS X Mountain Lion Tips] Selamat Datang iCoud


Fitur iCloud sebenarnya telah ada sejak OS X Lion 10.7.2, namun demikian fitur tersebut disempurnakan lagi pada Mountain Lion. Aplikasi-aplikasi esensial pada Mac seperti Calendar, Reminders, Notes, TextEdit, Preview memanfaatkan fitur iCloud agar memungkinkan data-data pengguna Mac dapat tersinkronisasi ke perangkat Mac maupun iDevice yang lain. Untuk melakukan konfigurasi dan aktivasi iCloud, Anda dapat mengaksesnya melalui Applications -> System Preferences -> iCloud

Pada aplikasi TextEdit contohnya, pengguna bisa langsung menyimpan dokumen teks ke iCloud melalui title bar jendela dokumen yang sedang dibuka seperti tampak pada gambar dibawah ini.



Dokumen yang disimpan pada iCloud hanya dapat dibuka melalui aplikasi yang sama. Seperti misalnya, jika Anda menyimpan dokumen melalui aplikasi Pages, dokumen tersebut tidak akan ditampilkan pada aplikasi Text Edit. Dokumen tersebut hanya akan ditampilkan dan dibuka melalui aplikasi Pages di Mac maupun iOS. Manajemen dokumen ini mirip dengan manajemen dokumen pada iOS, dimana diberlakukan mekanisme "sandboxing" yang membatasi akses aplikasi ke dokumen/data yang dibuat melalui aplikasi lain. Mekanisme ini terkesan sangat membatasi penggunanya, namun tentunya Apple menganggap fitur "sandboxing" ini dibuat untuk alasan keamanan.

Pada saat ini memang belum banyak aplikasi Mac yang memanfaatkan iCloud. Dari aplikasi pihak ketiga yang aku gunakan, baru Pixelmator dan Day One saja yang sudah memanfaatkan fitur ini. Untuk kedepannya kurasa akan semakin banyak aplikasi yang memanfaatkan iCloud. Walaupun fitur ini akan mengkonsumsi lebih banyak data untuk proses sinkronisasinya, namun manfaatnya akan sangat terasa jika Anda memiliki beberapa perangkat Apple (Mac dan iDevice). Sekali dilakukan konfigurasi, semua data akan otomatis tersinkronisasi. Sebagian orang mungkin berpikir, sinkronisasi akan lebih cepat jika dilakukan menggunakan WiFi maupun kabel data. Namun kedua macam sinkronisasi tersebut tentunya memerlukan campur tangan penggunanya setiap kali akan dilakukan sinkronisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar