Minggu, Agustus 05, 2012

Day One Get Updated

Minggu lalu, Day One mengeluarkan update terbaru untuk versi Mac dan versi iOS. Update untuk versi Mac lebih ditujukan kepada penyesuaian dengan sistem operasi terbaru Mountain Lion. Sementara untuk versi iOS dilakukan perombakan pada tampilan dan penambahan beberapa fitur-fitur baru.

Jika Anda menggunakan aplikasi Day One pada Mac dan iOS secara bersamaan dan menggunakan DropBox untuk sinkronisasi kedua aplikasi, maka Anda harus melakukan update untuk versi Mac dan iOS nya. Anda tidak bisa menggunakan versi iOS yang lama jika Anda telah melakukan update pada versi Mac nya, karena seluruh jurnal yang ada akan dimigrasikan.



Versi Mac 1.7
Pada versi Mac, tidak ada perubahan yang signifikan pada sisi tampilan. Perubahan yang cukup terlihat adalah integrasi ke sistem operasi terbaru Mountain Lion, dimana Day One akan menambahkan opsi untuk berbagi jurnal yang telah di tulis ke aplikasi Mail, Message, atau mengirimkan tulisan ke dalam tweet via Twitter.

Fitur lain adalah perbaikan pada fungsi Reminder. Reminder pada Day One telah diintegrasikan ke Notification Center. Sehingga semua notifikasi dari aplikasi ini otomatis akan muncul di Notification Center.

Fitur integrasi dengan Dropbox juga diperbaiki. Entah apakah ini terkait dengan terbobolnya password akun-akun Dropbox yang beberapa saat lalu sempat diberitakan di berbagai media. Integrasi ke Dropbox kini semakin aman, karena aplikasi Day One hanya akan diperkenankan untuk mengakses satu folder tertentu di Dropbox, dibandingkan dengan versi sebelumnya yang memungkinkan aplikasi untuk mengakses keseluruhan folder pada Dropbox. Selain itu, aplikasi yang terintegrasi dengan DropBox kini tidak bisa mengetahui isi password akun yang anda gunakan. Proses autentikasi akan dilakukan secara langsung melalui Dropbox.

Versi iOS 1.8
Untuk versi iOS, Day One memberikan update yang cukup signifikan. Dimulai dari sisi tampilan yang sedikit dirombak. Warna putih kini mendominasi seluruh bagian layar. Selain itu warna biru yang digunakan juga menjadi lebih muda dan cerah. Untuk tampilan, jujur saja aku lebih menyukai versi sebelumnya, karena desainnya terkesan lebih elegan.

Fitur keamanan untuk Dropbox pun disesuaikan. Sama seperti pada versi Mac, untuk terkoneksi dengan Dropbox pengguna akan diarahkan ke aplikasi Dropbox untuk proses autentikasi. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir password akun Dropbox akan diketahui oleh aplikasi ini.

Pada versi terbaru ini pengguna dapat menambahkan foto pada jurnal yang ditulis. Day One kini juga terintegrasi dengan Foursquare, sehingga pengguna dapat melakukan checkin dan menambahkan informasi lokasi pada jurnal. Informasi cuaca dan temperatur juga bisa ditambahkan.

Perubahan yang cukup signifikan ada pada Edit Bar ketika pengguna sedang menulis jurnal. Pada bagian bawah, akan muncul icon-icon baru yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi lokasi, cuaca, foto, mengatur tanggal jurnal, melakukan format pada teks seperti bold, italic, dan menambahkan list. Informasi jumlah kata dan karakter pada jurnal yang sedang ditulis pun ditampilkan. Pada versi sebelumnya fitur ini dihilangkan. Agak aneh juga mengingat pada versi terdahulu fitur ini telah ada. Icon-icon dan informasi yang telah disebutkan diatas, ditampilkan dalam 3 halaman. Pengguna dapat melakukan swipe untuk menampilkan icon-icon pada halaman yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar