Sabtu, Agustus 11, 2012

Fitur-fitur Baru pada OS X Mountain Lion

Pada tanggal 25 Juli lalu Apple merilis sistem terbaru untuk Mac: OS X Mountain Lion. Apple meng-klaim sistem operasi ini memiliki lebih dari 200 fitur baru dibandingkan dengan versi sebelumnya: OS X Lion. OS X Mountain Lion dapat diunduh melalui Mac App Store dengan harga $19,99, harga yang cukup murah untuk sebuah sistem operasi.

Secara umum fitur, berikut ini adalah fitur-fitur unggulan OS X Mountain Lion berdasarkan informasi yang didapat dari website resmi Apple:

iCloud
Fitur iCloud ini sebenarnya sudah mulai diperkenalkan pada OS X Lion 10.7.2, namun belum terintegrasi sepenuhnya seperti pada OS X Mountain Lion. Fitur iCloud juga sudah diperkenalkan pada iOS 5. Dengan fitur iCloud semua perangkat iDevice anda dapat tersinkronisasi dengan mudah dan praktis.



Reminders
Reminders pada Mac memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi Reminders pada iOS 5. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mencatat to-do-list. Pengguna juga dapat mengeset alarm untuk masing-masing to-do-list yang telah dibuat. Aplikasi Reminders terintegrasi dengan iCloud, sehingga to-do-list yang anda buat di satu perangkat dapat langsung tersinkronisasi ke perangkat yang lain.

Notes
Aplikasi Notes ini berfungsi sebagai editor sederhana dalam menulis catatan. Sebelumnya aplikasi Notes ini terintegrasi dengan aplikasi Mail. Namun pada OS X Mountain Lion, Apple memisahkannya menjadi aplikasi yang independen. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa menambahkan foto, gambar, atau dokumen lain ke dalam catatan yang dibuat.

Messages
Aplikasi Messages merupakan pembaharuan dari aplikasi iChat pada OS X Lion. Messages memungkinkan anda untuk mengirimkan iMessage ke perangkat iOS 5 lain. Hebatnya lagi, isi percakapan akan ditampilkan pada Mac dan perangkat iOS yang anda gunakan dengan menggunakan Apple ID yang sama. Hal ini memudahkan penggunanya untuk berpindah-pindah antara Mac dan perangkat iOS ketika sedang melakukan chatting. Selain mengirimkan pesan, pengguna pun dapat mengirimkan foto, gambar, video, contact, dan dokumen lain melalui aplikasi Message.

Notification Center
Fitur Notification Center mengadopsi fitur Notification Center yang ada pada iOS 5. Melalui fitur ini notifikasi-notifikasi seperti email, reminder, Game Center, pesan pada Messages, dan lain-lain akan ditampilkan pada pojok kanan atas Mac. Anda juga dapat melihat seluruh notifikasi yang belum anda baca pada konsol Notification Center dengan cara mengklik tombol Notification Center pada pojok kanan atas layar atau melakukan swipe 2 jari ke kiri dari sisi kanan trackpad.

Power Nap
Fitur Power Nap memungkinkan Mac anda tetap ter-update ketika dalam kondisi sleep. Secara periodik, Mac anda akan memperbaharui isi konten aplikasi Mail, Contacts, Calendar, Reminders, Notes, dokumen pada iCloud, dan lain sebagainya. Bahkan ketika terhubung ke sumber daya, Mac anda dapat melakukan update software dan melakukan backup melalui Time Machine secara otomatis. Dengan fitur ini, Mac akan selalu terupdate bahkan ketika dalam kondisi sleep. Namun demikian, fitur ini hanya tersedia untuk MacBook Air 2011 keatas dan MacBook Pro dengan Retina Display.

Dictation
Fitur ini memungkinkan Mac untuk melakukan konversi kata-kata yang anda ucapkan ke dalam teks. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur ini melalui shortcut fn fn pada semua aplikasi yang memiliki input teks seperti Text Edit dan lain sebagainya. Proses konversi ini akan dilakukan secara online, sehingga untuk menggunakan fitur ini anda harus terkoneksi ke internet. Sayangnya lagi fitur ini belum mendukung kata-kata dalam Bahasa Indonesia

Sharing
Mountain Lion memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk berbagi foto, video dan dokumen lainnya. Seperti misalnya ketika membuka Safari, anda bisa berbagi tautan yang sedang dibuka melalui Twitter ataupun Messages. Pengguna juga bisa berbagi dokumen pada aplikasi Finder dengan Mail, Messages, maupun AirDrop.

Integrasi dengan Twitter
Mountain Lion kini terintegrasi dengan Twitter. Pengguna Mac dapat mengirimkan tweet yang berisi tautan maupun foto langsung dari aplikasi Safari dan iPhoto. Ketika ada pengguna Twitter lain yang me-mention anda, notifikasi akan muncul melalui Notification Center. Bahkan anda pun dapat mengirimkan tweet langsung dari Notification Center.

AirPlay
AirPlay Mirrorring adalah fitur yang memungkinkan anda untuk menampilkan isi layar Mac Anda ke HDTV melalui AppleTV. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia pada iPad dan iPhone.

Game Center
Game Center yang sebelumnya ada di iOS, kini hadir di Mountain Lion. Game Center akan menampilkan seluruh permainan yang anda mainkan di Mac maupun iOS. Sama seperti versi iOS, melalui fitur ini anda bisa melihat permainan-permainan yang dimainkan oleh teman Anda dan beradu skor.

Safari
Browser bawaan Mac, Safari juga mendapat penambahan fitur. Pada Safari yang terbaru, search bar dihilangkan dan digabung dengan address bar. Dengan demikian pada address bar pengguna bisa melakukan pencarian ataupun langsung mengetikkan alamat URL yang dituju. Ketika pengguna mulai mengetikkan kata-kata pada address bar, Safari akan menampilkan pilihan: Top Hit yang merupakan alamat URL yang sering dibuka, melakukan pencarian melalui Google, serta bookmark dan history sesuai dengan kata kunci yang Anda ketikkan. Pengguna juga dapat dengan mudah berpindah-pindah tab melalui gesture pada trackpad. Pinch untuk menampilkan thumbnail dari semua tab, serta Swipe untuk berpindah tab. Fitur baru lain adalah iCloud Tabs yang akan menampilkan tab yang sedang dibuka dari perangkat iOS lain. Sayangnya fitur ini baru tersedia untuk iOS 6, sementara iOS 6 sendiri masih versi beta dan belum dirilis.

Gatekeeper
Untuk memberikan keamanan tambahan bagi pengguna Mac, Apple menghadirkan fitur Gatekeeper. Melalui fitur ini pengguna Mac dapat memilih tingkat keamanan dalam meng-install ataupun menjalankan aplikasi pada Mac nya. Tingkat keamanan paling tinggi adalah Mac hanya mengijinkan Anda menjalankan aplikasi yang diunduh melalui Mac App Store. Sementara itu jika Anda terbiasa mengunduh aplikasi melalui internet dan merasa aman dengan aplikasi tersebut, Anda bisa memilih pilihan "Anywhere" pada preference Security & Privacy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar