Jumat, Agustus 24, 2012

[OS X Mountain Lion Tips] Apa itu Gatekeeper?

Gatekeeper merupakan fitur keamanan yang mulai diperkenalkan pada Mountain Lion. Fitur ini dapat diakses melalui Applications -> System Preferences -> Security & Privacy. Melalui fitur ini, setiap aplikasi yang baru pertama kali dijalankan pada Mac Anda akan diperiksa oleh Gatekeeper, jika tidak diijinkan, Gatekeeper akan menampilkan notifikasi seperti pada gambar dibawah.


Gatekeeper memiliki 3 opsi tingkat keamanan:

  • Mac App Store. Opsi ini adalah opsi yang paling aman. Pengguna Mac hanya bisa menjalankan aplikasi yang diunduh melalui Mac App Store saja. Karena aplikasi-aplikasi yang tersedia di Mac App Store sudah melalui proses verifikasi dari Apple, maka bisa diasumsikan semua aplikasi tersebut sangat aman untuk digunakan. Apalagi saat ini Apple menerapkan kebijakan untuk "sandboxing" semua aplikasi yang dijual melalui Mac App Store. "Sandboxing" artinya aplikasi tidak dapat melakukan perubahan pada file-file sistem OS X yang kemungkinan dapat membahayakan Mac Anda.
  • Mac App Store and identified developers. Opsi ini memberikan tingkat keamanan yang lebih longgar. Selain mengijinkan aplikasi yang diunduh dari Mac App Store, Gatekeeper juga akan mengijinkan aplikasi yang dibuat oleh developer yang sudah terverifikasi oleh Apple. Jika dikemudian hari diketahui aplikasi yang dikembangkan oleh suatu developer membahayakan sistem Mac, Apple akan mencabut lisensinya, sehingga pengguna bisa lebih berhati-hati dalam meng-install aplikasi yang dibuat oleh developer tersebut.
  • Anywhere.  Opsi ini adalah opsi yang paling tidak aman. Pada dasarnya, jika Anda memilih opsi ini, Anda bisa meng-install dan menjalankan aplikasi dari manapun, seperti yang biasa Anda lakukan melalui OS X Lion. Untuk pengguna awam, tentunya opsi ini sangat tidak disarankan. Jika Anda memilih opsi ini, berhati-hatilah dalam menjalankan aplikasi yang Anda jalankan terutama aplikasi-aplikasi yang diunduh melalui internet, kecuali Anda yakin bahwa aplikasi tersebut aman untuk digunakan.
Aplikasi Air Display diblok oleh Gatekeeper

Karena Gatekeeper hanya melakukan pemeriksaan pada saat pengguna menjalankan aplikasi untuk pertama kali saja, semua aplikasi yang pernah Anda jalankan sebelumnya akan di-bypass. Dengan demikian, jika Anda menggunakan OS X Lion sebelumnya, semua aplikasi yang sudah ter-install dapat dijalankan dengan bebas, tidak peduli seting tingkat keamanan pada fitur ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar