Jumat, Agustus 24, 2012

[OS X Mountain Lion Tips] Aplikasi Reminders dan Notes

Bagi pengguna iOS 5, tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Walaupun fiturnya bisa dibilang sangat sederhana, namun karena keduanya terintegrasi dengan iCloud, Anda bisa melakukan sinkronisasi data dengan mudah dari Mac ke perangkat iDevice maupun sebaliknya.

Notes
Sebelumnya fungsi aplikasi ini tersedia pada aplikasi Mail, namun pada Mountain Lion, Notes dibuat menjadi aplikasi yang independen. Karena fungsi dasarnya memang melekat pada email, pada Notes Anda bisa menulis catatan-catatan pada akun email Yahoo, Google, atau Exchange. Praktis kan? Selain itu, fungsi tambahan yang Anda dapatkan adalah Anda bisa menyimpan catatan pada akun iCloud, sehingga catatan yang Anda buat dapat tersinkronisasi antara Mac dan iPhone atau iPad dengan akun iCloud yang sama. Buatku sendiri, sejak menggunakan Mountain Lion, aplikasi Notes dan Reminders pada iPadku menjadi aplikasi yang cukup sering kugunakan. Tadinya malah nggak pernah kupakai sama sekali karena minim fitur. Hehehe

Notes juga memungkinkan penggunanya untuk menyimpan catatan dalam format Rich Text. Pengguna bisa mengatur format teks seperti jenis font, ukurannya, warna, style, dan lain sebagainya. Namun berhubung fitur ini belum tersedia pada iOS 5, maka jika Anda membuat catatan dengn format warna-warni pada Mac misalnya, pada iDevice Anda, catatan tersebut akan ditampilkan dalam format teks biasa (Plain Text). Catatan yang telah dibuat melalui Notes dapat dikirimkan via email melalui Mail ataupun dikirimkan sebagai iMessage melalui aplikasi Message.

Reminders
Melalui Reminders, pengguna Mac dapat membuat To-Do-List. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang sejenis, mungkin fitur yang ditawarkan Reminders tidak terlalu banyak. Namun, kelebihannya terletak pada integrasinya ke iCloud. Untuk akun lain, Google dan Exchange sepertinya tidak didukung, namun akun Yahoo bisa digunakan disini.

Pada to-do-list yang dibuat, pengguna bisa menambahkan atribut-atribut seperti prioritas, catatan, alarm, dan lokasi yang terkait. Reminders juga menampilkan kalender mini, yang akan menandai tanggal-tanggal sesuai dengan alarm yang telah diset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar