Rabu, Agustus 01, 2012

Mengambil Screenshot OS X melalui Command Line Terminal

Sebagai pengguna Mac OS X, anda bisa mengambil screenshot layar atau window aplikasi yang aktif melalui shortcut keyboard atau aplikasi Grab. Kedua cara tersebut sudah pernah diulas di blog ini, dan bisa diakses melalui tautan berikut ini:



Selain cara diatas, Mac OS X juga menyediakan cara lain yang bisa diakses melalui command line pada aplikasi Terminal dengan menjalankan perintah screencapture.



Perintahnya sangat sederhana:
screencapture [option] [output file]

[option] berisi pilihan-pilihan yang bisa diatur ketika mengambil screenshot.

Beberapa pilihan yang bisa digunakan diantaranya adalah:
-c : menyimpan hasil screenshot ke clipboard
-C : gambar kursor mouse akan disertakan pada hasil screenshot
-i : mengambil screenshot dalam mode interaktif. Pada mode ini, pengguna dapat melakukan switch apakah pengguna ingin mengambil screenshot dari window tertentu atau area persegi tertentu yang di-highlight melalui mouse. Untuk melakukan switch, pengguna perlu menekan tombol space setelah menjalankan perintah screencapture
-s : mengambil screenshot pada area persegi tertentu yang di-highlight melalui mouse
-t : menentukan format output hasil screenshot, opsi ini diikuti dengan format file: pdf, tiff, jpg
-T : menggunakan timer dalam mengambil screenshot. Screenshot akan diambil dalam X detik setelah perintah dijalankan. Nilai X ditulis setelah opsi -T
-w : Mengambil screenshot dari window tertentu

Selain pilihan diatas, masih ada pilihan-pilihan lain. Untuk menampilkan pilihan yang ada, jalankan perintah screencapture --help melalui aplikasi Terminal.

Sebagai contoh, perintah dibawah:

screencapture -C -t pdf -T 5 ~/test.pdf

Akan mengambil screenshot satu layar penuh dengan menyertakan kursor mouse. Screenshot akan diambil setelah 5 detik, dan hasilnya akan disimpan dalam format PDF ke lokasi ~/test.pdf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar