Minggu, Juni 17, 2012

Menjajal Fitur Mobile Hot Spot pada Blackberry

Blackberry OS 7.1 memiliki fitur baru yang bernama Mobile Hotspot. Dengan fitur ini, pengguna dapat menjadikan perangkat Blackberrynya sebagai hotspot internet. Sebagai catatan, fitur ini tidak menggunakan jalur data yang sama dengan fitur-fitur yang tersedia pada Blackberry, seperti push email dan BBM. Sehingga, anda akan dikenakan biaya tambahan dari operator yang anda gunakan ketika menggunakan fitur ini, tergantung dari paket data yang anda gunakan. Sebaiknya anda berlangganan paket data (volume based maupun unlimited) sebelum anda menggunakan fitur Mobile Hotspot ini.

Untuk menggunakan Mobile Hotspot, pilihlah menu aplikasi Manage Connections. Setelah aplikasi terbuka, centang pada pilihan Mobile Hotspot. Aksi ini akan secara otomatis mengaktifkan WiFi perangkat Blackberry anda. Setelah Mobile Hotspot aktif, anda dapat mengatur setingan terkait dengan fitur Mobile Hotspot ini seperti naama hotspot (SSID), protokol sekuriti, dan kata sandi yang digunakan agar perangkat lain dapat menggunakan hotspot ini. Selanjutnya, anda dapat memanfaatkan hotspot tersebut melalui perangkat lain seperti tablet maupun laptop.

Hasil pengetesan menggunakan Blackberry Bold 9790 (Bellagio) menunjukkan koneksinya cukup stabil. Dan sejauh ini selalu aku gunakan secara berpasangan dengan laptop maupun iPad hasilnya sangat memuaskan. Aku belum mencoba drain test sampai baterai BB ku habis sih, tapi melihat dari indikator baterainya, sepertinya fitur ini tidak terlalu boros baterai, namun cukup membuat perangkat Blackberry anda cepat panas.

Paling nggak, perangkat Blackberry yang ada bisa dimanfaatkan secara optimal. Daripada beli modem MiFi, yang tentunya mesti keluar uang lagi + biaya operasional untuk pulsa kartunya biar nggak masuk masa tenggang, lebih baik menggunakan perangkat yang sudah ada. Yah, semoga saja untuk jangka panjang, fitur ini tidak memperpendek umur baterainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar