Minggu, Agustus 03, 2014

Tips Menghemat Baterai Macbook

Pada umumnya Macbook yang beredar di pasaran saat ini dibekali dengan baterai yang bisa bertahan hingga 5 jam untuk sekali charge. Macbook keluaran terbaru yang sudah menggunakan processor Intel Hasswell bahkan diklaim bisa bertahan antara 8 s/d 12 jam tergantung pada tipe Macbook nya. Bagi Anda yang menggunakan Macbook di rumah ataupun di kantor, tentunya kapasitas baterai bukan menjadi masalah, karena Macbook Anda dapat tetap terhubung dengan sumber daya listrik. Namun sebagai pengguna Macbook yang selalu mobile, tentunya Anda ingin agar Macbook yang Anda pakai bisa bertahan selama mungkin tanpa tergantung pada sumber daya listrik (stop kontak). Tergantung pada penggunaannya, baterai Macbook Anda mungkin memerlukan waktu yang lebih cepat untuk di-charge ulang.


Sebelum mengulas tips-tips untuk menghemat baterai Macbook, ada baiknya jika kita mengetahui hal-hal apa saja kah yang membuat konsumsi baterai Macbook Anda menjadi lebih boros:
  • Menjalankan aplikasi yang berat. Aplikasi yang termasuk ke dalam kategori ini adalah aplikasi-aplikasi yang memerlukan sumber daya prosesor yang tinggi seperti: aplikasi pengolah gambar dan video, aplikasi simulasi yang memerlukan perhitungan yang kompleks, game, aplikasi pemutar video, dan lain sebagainya. Bahkan aplikasi peramban/browser pun dapat mengkonsumsi baterai Macbook Anda, tergantung pada jumlah tab dan konten web yang sedang Anda buka.
  • Menghubungkan perangkat lain seperti iPhone, iPad, flash disk, dan hard disk eksternal ke Macbook. Menghubungkan iPhone dan iPad dengan kabel tentunya akan mengkonsumsi baterai Macbook Anda lebih cepat, karena ketika terhubung, Macbook Anda akan melakukan pengisian daya pada iPhone dan iPad.
  • Mengatur tingkat kecerahan/brightness layar Macbook ke tingkat yang paling terang. Layar Macbook Anda adalah salah satu komponen yang mengkonsumsi sumber daya baterai secara signifikan.
  • Menjalankan aplikasi pada background secara berlebihan. Aplikasi seperti Twitter, Facebook, Mail Client, Line dan Time Machine bekerja pada background dan terus memperbaharui kontennya. Tentunya aplikasi ini berpotensi untuk mengkonsumsi sumber daya baterai Macbook Anda lebih cepat.
Kata kunci untuk memaksimalkan daya tahan baterai Macbook Anda adalah: gunakan Macbook Anda seperlunya. Berikut ini adalah tips-tipsnya:


Upgrade OS X ke versi terbaru
Sistem operasi Macbook terbaru saat ini adalah OS X Mavericks. Tidak semua Macbook dapat diupgrade ke OS X Mavericks, namun jika Macbook Anda termasuk kategori Macbook yang bisa menjalankan sistem operasi ini, maka disarankan untuk segera meng-upgrade. Mengapa OS X Mavericks? Sistem operasi terbaru Apple ini memiliki beberapa fitur baru yang dapat mengoptimalisasi penggunaan baterai Macbook, diantaranya adalah App Nap dan Safari Power Saver.

Melalui fitur App Nap, aplikasi yang tersembunyi dibalik jendela aplikasi lain tidak mendapatkan prioritas. Mavericks akan memprioritaskan aplikasi yang sedang aktif dan terlihat pada layar Macbook Anda. Dengan demikian konsumsi baterai pada aplikasi-aplikasi yang tersembunyi tersebut dapat dikurangi.

OSX Mavericks dapat diunduh secara gratis melalui Mac App Store


Kurangi tingkat kecerahan/brigtness layar Macbook Anda
Seperti disebutkan sebelumnya, tingkat kecerahan layar yang tinggi dapat mengkonsumsi baterai Macbook secara signifikan. Selain itu, layar yang terlalu terang juga membuat mata kurang nyaman. Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar pada mode auto atau diset ke tingkat yang lebih rendah untuk mengurangi konsumsi baterai.

Pengaturan tingkat kecerahan layar dapat dilakukan melalui System Preferences->Displays


Matikan fitur backlight keyboard
Beberapa Macbook memiliki fitur backlight keyboard yang sangat membantu jika Anda menggunakan Macbook di tempat dengan pencahayaan yang kurang. Namun demikian, jika Anda menggunakan Macbook pada tempat yang cukup terang, Anda dapat mematikan atau mengurangi tingkat kecerahan backlightmelalui tombol keyboard F5.
Pengaturan tingkat kecerahan backlight keyboard secara otomatis dapat dilakukan melalui System Preferences->Keyboard


Matikan WiFi dan Bluetooth
Jika Anda tidak sedang menggunakan fitur WiFi atau bluetooth, Anda dapat mematikan fitur ini. Kedua fitur ini dapat dimatikan melalui Mac system tray.

Cabut perangkat yang tidak perlu dari Macbook Anda
Kurangi konsumsi baterai Macbook Anda dengan mencabut perangkat yang tidak sedang Anda gunakan. Perangkat-perangkat seperti hard disk eksternal dan flash disk memerlukan sumber daya dari Macbook Anda untuk dapat dibaca. Perangkat seperti iPad dan iPhone akan otomatis ter-charge ketika terhubung dengan Macbook, yang menyebabkan konsumsi sumber daya baterai menjadi lebih besar.

Matikan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan
Semakin banyak aplikasi yang sedang berjalan, semakin besar pula potensinya untuk mengkonsumsi sumber daya baterai lebih banyak. Hanya jalankan aplikasi yang memang sedang Anda butuhkan. Aplikasi-aplikasi yang tidak sedang Anda butuhkan dapat segera ditutup. Walaupun Mavericks memiliki fitur App Nap untuk meminimalisasi konsumsi sumber daya bateri pada aplikasi yang tidak aktif, namun beberapa aplikasi tidak kompatibel dengan fitur ini.

Anda juga dapat mengurangi jumlah aplikasi yang secara otomatis akan dijalankan ketika Anda menyalakan Macbook. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk mematikan satu persatu aplikasi-aplikasi tersebut ketika Macbook anda tidak terkoneksi dengan stop kontak.

Mengatur konfigurasi Energy Saver ke setingan default
Setingan default untuk Energy Saver adalah konfigurasi yang paling dianjurkan. Dengan konfigurasi ini, Macbook anda akan memasuki mode sleep jika tidak digunakan selama 10 menit. Layar Macbook juga akan mati jika tidak digunakan selama 2 menit. Selain itu, fitur Power Nap juga akan dimatikan ketika Macbook tidak terhubung dengan stop kontak. Fitur power nap memungkinkan konten-konten email, kalender, dan iCloud otomatis terupdate walaupun Macbook Anda dalam keadaan sleep.

Pengaturan Energy Saver dapat dilakukan melalui System Preferences->Energy Saver.

Memasang Plug In ClickToFlash untuk Safari
Adobe Flash merupakan salah satu fitur yang mengkonsumsi sumber daya baterai secara signifikan. Karena masalah inilah, dulu mendiang Steve Jobs mengharamkan fitur ini untuk digunakan pada perangkat iOS. Pada dasarnya, setiap kali anda membuka halaman web yang memiliki konten Flash didalamnya, konten tersebut akan otomatis dibuka. Namun demikian, ada kalanya ketika konten Flash yang dibuka tersebut bukan konten yang Anda harapkan seperti misalnya konten iklan dan sebagainya. Dengan memasang plug in seperti ClickToFlash, ketika Anda membuka halaman web yang berisi konten Flash, konten tersebut tidak akan terbuka secara otomatis. Anda harus meng-klik konten tersebut untuk menjalankannya.

Plugin ClickToFlash dapat diunduh melalui tautan ini

Blokir semua koneksi yang masuk
Dengan memblokir semua koneksi yang masuk, Anda dapat mengurangi konsumsi baterai yang disebabkan oleh aplikasi background yang memanfaatkan sharing services seperti file sharingscreen sharing, dan iTunes Music sharing. Jika Anda menggunakan Macbook di tempat public, kemungkinan besar Anda tidak akan memanfaatkan fitur diatas. Selain itu, jika fitur blokir tersebut diaktifkan aplikasi seperti Dropbox, Messages, Skype, Line, dan lain sebagainya tidak akan bisa menerima koneksi yang masuk dari luar.

Pengaturan untuk memblokir semua koneksi yang masuk dapat dilakukan melalui System Preferences->Security & Privacy->Firewall->Firewall Options

Matikan fitur Time Machine
Ketika Time Machine aktif, secara periodik fitur ini akan otomatis melakukan backup konten Macbook Anda. Operasi backup ini tanpa Anda sadari akan mengkonsumsi baterai lebih banyak. Konfigurasi standar untuk Time Machine adalah non aktif ketika Macbook Anda tidak terhubung dengan sumber daya listrik/stop kontak. Pastikan konfigurasi tersebut tidak aktif ketika Macbook Anda menggunakan sumber daya baterai untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Fitur Time Machine dapat dinonaktifkan melalui System Preferences->Time Machine

Mengupgrade hard disk konvensional ke SSD
Macbook keluaran terbaru pada umumnya sudah menggunakan SSD sebagai media penyimpanannya. Namun demikian Macbook keluaran lama masih menggunakan hard disk konvensional. Hard disk konvensional mengkonsumsi sumber daya lebih banyak karena memilki cakram yang berputar. Mengganti media penyimpanan dengan SSD, selain mengurangi konsumsi sumber daya, juga dapat meningkatkan performa Macbook Anda, karena SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih baik dibandingkan dengan hard disk konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar