Rabu, Maret 20, 2013

Feedly: Alternatif Pengganti Google Reader

Minggu lalu aku cukup terkejut dengan pemberitahuan bahwa layanan Google Reader akan ditutup pada tanggal 1 Juli 2013. Memang sih, dalam beberapa waktu belakangan ini tidak ada penambahan fitur yang cukup signifikan dalam layanannya. Tampilannya dari dulu pun begitu-begitu saja, minimalis. Namun demikian, integrasi dengan Google Reader ini telah menjadi fitur fundamental pada aplikasi-aplikasi RSS Reader yang dikembangkan oleh pihak ketiga.


Setelah browsing sana-sini untuk alternatif Google Reader, muncullah nama Feedly. Feedly tersedia untuk platform web, iOS, maupun Android. Ketika mencoba versi webnya, tampilannya minimalis dan elegan. Bisa dibilang jauh lebih bagus lah dibandingkan dengan tampilan standar Google Reader. Buatku secara pribadi, tampilan yang menarik dan elegan tak kalah pentingnya dengan fitur maupun fungsionalitas yang tersedia. Secara emosional, menurutku aplikasi yang menarik dari sisi desain dan tampilan cenderung akan lebih sering aku gunakan.

Untuk menggunakan Feedly, pengguna hanya perlu memiliki account Google yang digunakan untuk layanan Google Reader dan mengijinkan Feedly untuk mengakses dan mengelola data-data pada Google Reader. Selanjutnya Feedly akan menampilkan daftar feed dengan tampilan yang menarik (ada beberapa opsi yang dapat dipilih dalam menampilkan feed).

Menurutku Feedly ini agak mirip Flipboard, namun tampilannya tidak compact seperti pada versi iOS maupun Android. Seperti Flipboard, aplikasi ini memberikan kemudahan dalam menambahkan situs-situs populer. Ada cukup banyak topik yang bisa ditambahkan, dari mulai Fashion, Desain, hingga berita-berita seputar teknologi. Namun demikian, pilihan pre-defined situs nya tidak sebanyak Flipboard.

Feedly versi iOS
Setiap perubahan pada list feed pada Feedly akan menyebabkan perubahan pada list feed pada Google Reader, dan begitu pula sebaliknya. Jadi bisa dikatakan Feedly ini hanya menggunakan satu source saja, yaitu Google Reader. Lalu apa yang akan terjadi ketika layanan Google Reader ditutup pada tanggal 1 Juli nanti? Berdasarkan informasi pada situsnya, saat ini mereka sedang mengembangkan project yang bernama Normandy, yang berfungsi sebagai kloning dari Google Reader API. Dan sampai tanggal 1 Juli nanti, data-data pengguna Feedly akan dimigrasikan ke project Normandy tersebut. Sehingga ketika layanan Google Reader ditutup, pengguna tetap dapat menggunakan layanan ini tanpa masalah.

Dan sepertinya pilihanku akan jatuh pada Feedly sebagai pengganti Google Reader. Entah bagaimana nasib aplikasi-aplikasi RSS Reader dari pihak ketiga yang bergantung pada Google Reader setelah layanan tersebut ditutup. Jika Feedly nantinya bisa menjadi layanan yang paling banyak digunakan, tak menutup kemungkinan Feedly ini akan membuka Open API untuk dimanfaatkan oleh aplikasi-aplikasi RSS Reader tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar