Minggu, Maret 31, 2013

Mematikan Proses via Terminal di Mac

Bagi pengguna Mac tingkat lanjut, tentunya tidak awam dengan aplikasi Terminal. Banyak sekali perintah-perintah sederhana yang dapat dijalankan melalui Terminal, salah satunya adalah mematikan (kill) proses. Pada dasarnya, pengguna Mac dapat mematikan proses secara manual melalui aplikasi Activity Monitor. Tinggal pilih proses yang akan dimatikan, dan klik tombol Quit Process pada bagian kiri atas Activity Monitor.

Lebih nyaman dengan cara konvensional? Mekanisme diatas dapat dilakukan via perintah kill. Namun demikian untuk dapat mematikan proses tertentu, Anda harus mengetahui pid dari proses yang akan dimatikan. Untuk melihat seluruh proses yang sedang berjalan dapat dilihat dengan menggunakan perintah ps -e. Pid akan ditampilkan pada kolom pertama pada hasil perintah. Misalnya Anda ingin mematikan proses dengan pid 555, maka perintah untuk mematikan proses tersebut adalah:
kill 555

Jika Anda tidak ingin repot-repot dengan pid, Anda dapat menggunakan perintah pkill/killall untuk mematikan sebuah proses berdasarkan parameter nama. Misalnya Anda sedang menjalankan aplikasi Twitter for Mac dan Anda ingin mematikan proses tersebut. Maka perintah berikut ini akan menutup aplikasi Twitter for Mac:
killall Twitter
atau
pkill Twitter
Lebih lanjut lagi, Anda juga dapat mematikan seluruh proses yang sedang berjalan yang dimiliki oleh pengguna tertentu dengan perintah pkill. Cara ini tentunya sedikit lebih praktis dibandingkan dengan Anda harus melakukan seluruh proses kill satu persatu. Misalnya, Anda ingin melihat seluruh proses yang sedang berjalan dan dimiliki oleh user amphie, maka perintah yang harus Anda jalankan adalah
ps -u amphie
Dan jika Anda ingin mematikan seluruh proses yang dimiliki oleh user amphie, perintah yang perlu Anda jalankan adalah
pkill -u amphie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar