Minggu, Maret 31, 2013

Berburu Aplikasi Promo

Sebagai pengguna Mac, cukup banyak godaan-godaan untuk memiliki aplikasi-aplikasi yang berkualitas. Di luar sana, cukup banyak aplikasi bagus baik dari sisi fitur maupun dari desain yang begitu menggoda untuk dimiliki, yang terkadang aplikasi ini seringkali nggak gratis tentunya. Aplikasi yang di desain untuk Mac biasanya nggak murah, terlebih lagi aplikasi yang berkategori “Produktivitas”, biasanya dibanderol cukup mahal. Cukup membuatku berpikir beberapa kali sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Namun demikian, aplikasi-aplikasi tersebut tidak selamanya dijual mahal. Pada even-even tertentu ada kalanya aplikasi-aplikasi tersebut dijual lebih murah. Atau beberapa aplikasi sekaligus dibundel dan didiskon besar-besaran sehingga harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan jika kita membelinya secara satuan. Pada aplikasi yang dijual melalui Mac App Store, even-even seperti Black Friday, Tahun Baru, Dan Natal biasanya dijadikan momen yang tepat untuk menurunkan harga. Sudah beberapa kali aku membeli aplikasi yang sedang diskon hingga 50% di Mac App Store. Lumayan kan, walaupun terkadang nyesek juga ketika sudah membeli aplikasinya mahal-mahal ternyata tak lama kemudian didiskon gila-gilaan.



Sementara itu, untuk promo aplikasi-aplikasi yang dibundel, informasinya bianya aku peroleh melalui sosial media seperti Twitter. Penyedia aplikasi yang menjadi langgananku diantaranya adalah Stack Social, MacUpdate, dan PickaBundle. Promo-promo yang disediakan seringkali sangat menarik. Biasanya, dalam satu bundel aplikasi yang recommended paling hanya 2 atau 3 diantara 10. Artinya, 7 aplikasi sisanya belum tentu akan aku pakai juga, tapi ya lumayan untuk nambab-nambah. Namun demikian, harga satu bundel aplikasi tersebut seringkali masih jauh lebih murah dibandingkan dengan harga satuan dari 2 atau 3 aplikasi yang paling direkomendasikan.

Jika sedang beruntung, aplikasi-aplikasi tersebut bisa didapatkan dengan gratis. Kalau sudah begini, nggak peduli aplikasinya nanti bakalan dipakai atau tidak, yang pentin diunduh dulu. Seperti pada contoh kasus kemarin ini, MacUpdate sedang ada promo bundel aplikasi gratis. Salah satu aplikasi yang aku incar adalah Mac Cleanse seharga 19,95$ yang bisa aku dapatkan secara gratis. Belum lagi masih ada 8 aplikasi lain yang juga gratis (harga aslinya nggak gratis), yang walaupun belum tentu kupakai, tapi nggak ada ruginya kan kalau diunduh dulu.

Pesan moralnya adalah kesabaran dapat membuahkan penghematan. Promo-promo aplikasi yang seperti disebutkan diatas, sangat cocok diterapkan untuk aplikasi-aplikasi yang nice-to-have dan tingkat urgensinya tidak terlalu tinggi. Untuk aplikasi-aplikasi yang esensial seperti aplikasi Office, jangan berharap deh untuk dapet diskon. Seumur-umur belum pernah denger itu aplikasi didiskon. Pas didiskon, ternyata nggak berlaku untuk didownload di Indonesia sigh. Selamat berburu!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar