Minggu, Maret 25, 2012

iPad Apps Review: Awesome Note HD


Setelah mencoba berbagai macam aplikasi Note untuk iPad, akhirnya pilihanku jatuh pada Awesome Note HD. Alasan yang pertama adalah tampilan dan desainnya yang menarik dan nyaman untuk dilihat. Ada beberapa aplikasi Note lain yang sudah kucoba dan lumayan bagus, tetapi menurutku fitur-fiturmya tidak terlalu lengkap, sehingga untuk bisa memenuhi kebutuhanku aku akan memerlukan beberapa aplikasi Note yang berbeda.

Ketika dibuka pertama kali, tampilan aplikasi ini terlihat ciamik dan serasi. Bayangkan aplikasi ini adalah sebuah notebook, dimana didalamnya berisi bermacam-macam folder. Dan masing-masing folder berisi catatan-catatan kita yang telah dikelompokkan. Memang sekilas terlihat cukup rumit dan karena hampir semua bagian layar terisi oleh informasi. Namun, jika sudah terbiasa, akan disadari bahwa aplikasi ini mampu menyajikan semua informasi yang kita butuhkan.

Walaupun aplikasi ini tergolong cukup mahal: $ 4.99, tapi menurutku - sepadan dengan fitur-fitur yang dimiliknya. Ada beberapa fitur kunci yang menurutku menjadi nilai lebih aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi Note lain. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah:

Tampilan & Desain
Dengan tampilan aplikasi yang menurutku sangat memukau, ditambah dengan desain aplikasi yang menurutku intuitif dan mudah digunakan,  akan membuat siapapun tertarik untuk mencobanya. Masing-masing folder bisa diatur, mulai dari warnanya, icon yang digunakan, jenis tampilan note, latar belakang pada catatan, serta jenis font yang digunakan.

Pada dasarnya, tampilan aplikasi ini menjadi tiga bagian. Bagian paling kiri menampilkan daftar semua folder. Bagian tengah menampilkan daftar semua catatan pada folder yang dipilih. Sementara bagian yang paling kanan menampilkan detail dari catatan yang sedang dipilih. Pengguna bisa mengatur tampilan pada bagian tengan yang menampilkan daftar catatan, apakah ingin ditampilkan dalam bentuk seperti pada To Do List, Jurnal, hanya berupa daftar saja (hanya berupa judul catatan) atau menampilkan catatan berserta dengan detailnya.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk memasukkan gambar maupun peta, dan pengguna juga bisa menambahkan coretan-coretan pada gambar tersebut. Selain membuat catatan biasa, pengguna juga bisa menyimpan catatan yang berupa to-do-list maupun anniversary-list. Fitur-fitur tersebut kurasa sangat berguna, dan membuat aplikasi ini dapat berperan sebagai notebook dan agenda digital.

Keamanan
Awesome Note HD memiliki fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk mengunci masing-masing folder dengan passcode. Untuk membuka folder yang dikunci, pengguna harus memasukkan passcode nya terlebih dahulu.

Sinkronisasi dan Transfer Catatan
Aplikasi in memiliki fitur sinkronisasi yang memungkinkan catatan-catatan yang ada disinkronisasikan dengan aplikasi pihak ketiga. Pada versi aplikasi yang sedang aku ulas, aplikasi ini dapat melakukan sinkronisasi dengan Google Docs mapun dengan Evernote. Selain sinkronisasi semua catatan, pengguna juga dapat melakukan proses export dan import dari dan ke Google Docs dan Evernote. Catatan yang akan di-export maupun di-import bisa dipilih secara bebas. Pengguna juga dapat berbagi catatan dengan perangkat berbasis iOS lain melalui bluetooth, dengan syarat aplikasi ini juga terinstall pada perangkat yang menjadi tujuan transfernya.

Fungsi Backup & Restore
Pengguna dapat melakukan backup pada seluruh catatan yang ada. Fle backup yang telah dibuat selanjutnya dapat ditransfer ke PC/laptop menggunakan iTunes maupun melalui web. Aplikasi ini dapat dapat berfungsi sebagai Web Server yang dapat diakses dari PC/laptop melalui/WiFi pada jaringan yang sama. Begitu pula dengan fitur Restore nya. Pengguna bisa mentransfer file yang akan di-restore melalui iTunes maupun melalui Web.

Media Penyimpanan Offline
Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna tidak perlu membuat akun terlebih dahulu. Setelah membeli, aplikasi ini langsung dapat digunakan walaupun tidak terkoneksi dengan internet. Koneksi ke internet hanya dibutuhkan untuk melakukan sinkronisasi dengan Google Docs maupun Evernote.

Kesimpulan
Aku menyukai aplikasi ini karena selain desainnya yang menarik, aplikasi ini juga mampu meningkatkan produktivitas kerjaku. Namun demikian, aku mengharapkan aplikasi ini juga mampu menyediakan fitur sinkronisasi dengan iCloud maupun DropBox yang kini sudah mulai banyak digunakan pada aplikasi-aplikasi lain.

Bagi pengguna iPad yang ingin mencoba kehandalan aplikasi ini, dapat mencoba versi Lite nya yang memberikan fitur secara penuh, namun membatasi jumlah catatan yang bisa disimpan menjadi hanya 10 catatan saja. Aplikasi ini juga tersedia untuk iPhone maupun iPod Touch dengan harga yang lebih terjangkau, yang tentunya tampilannya akan lebih terbatas dan tidak seleluasa pada versi iPad nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar