Sabtu, Maret 03, 2012

Perbandingan Apple iPad 2 vs Samsung Galaxy Tab (3)

Sebelumnya..

Fitur Multimedia
[iPad] iPad dapat memainkan audio dan video dalam berbagai format. Semua dokumen audio dan video ini dapat ditransfer dan disinkronisasikan melalui iTunes. Pengguna dapat membuat playlist di iTunes dan mensinkronisasikannya langsung ke iPad maupun perangkat iOS lain. Pengguna juga bisa membuat dan mengatur playlist melalui aplikasi Music di iPad, namun tentunya akan lebih nyaman dan cepat jika dilakukan di iTunes.

Untuk dukungan terhadap file video, Apple cukup ketat. Default video playernya hanya mendukung format mp4 dan mov. Untuk format lain, tidak didukung. Ketika pengguna menambahkan file video yang tidak didukung Apple melalui iTunes, pengguna akan diberikan pilihan untuk mengkonversinya kedalam format yang didukung. Tentunya urusan konversi ini cukup memakan waktu dan kurang praktis. Sebagai pilihan lainnya, pengguna bisa membeli aplikasi dari pihak ketiga yang dapat memainkan file-file video dalam berbagai format.

[Galaxy Tab] Dukungan audio dan vidoe untuk Galaxy Tab menurutku lebih baik dibandingkan dengan Apple. Namun demikian jika dirasa kurang pengguna bisa membeli aplikasi pemutar audio/video yang memiliki fitur yang lebih lengkap.

Namun demikian Galaxy Tab memiliki kekurangan dalam mengatur playlist lagu yang ingin diputar. Pengguna bisa saja mentransfer lagu yang diinginkan melalui Bluetooth atau kabel data, namun untuk mengatur playlistnya, tetap harus melalui perangkat Galaxy Tab nya langsung. Pengguna juga bisa memanfaatkan Kies untuk mentransfer file-file audio/video. Kies memiliki kemampuan untuk membaca playlist yang dimiliki oleh iTunes. Namun kemampuannya ini terbatas pada membaca dan mentransfer file audio yang ada pada playlist tersebut. Sementara playlistnya sendiri tidak ikut ditransfer. Jadi lagi-lagi pengguna harus mengatur sendiri playlistnya melalui perangkatnya. Bayangkan jika koleksi lagu yang dimiliki cukup banyak, bisa repot kan.

Kesimpulan
Menurut penilaianku, diluar semua kekurangan yang dimiliki oleh iPad, perangkat ini memberikan user experience yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Galaxy Tab. iPad sangat mudah digunakan, bahkan untuk pengguna awam sekalipun. User interface nya lebih intuitif dan smooth, dan tanpa perlu banyak setingan sana-sini, pengguna sudah dapat memanfaatkan perangkat ini untuk hiburan maupun mendukung produktivitas. iPad memang memiliki banyak kekurangan dan limitasi yang mungkin bisa membuat frustasi sebagian orang yang cukup melek dan bukan pengguna awam. Namun diluar itu, untuk day-to-day use, aku rasa keterbatasan itu tidak menjadi masalah.

Lalu bagaimana dengan Galaxy Tab? Dari perspektif pengguna yang cukup advanced perangkat ini bisa memenuhi ekspektasi. Perangkat berbasis Android ini tentunya lebih open dan mudah untuk dimodifikasi, cocok untuk pengguna yang senang mengoprek. Namun demikian, bukan berarti tablet Galaxy Tab ini tidak bisa digunakan untuk day-to-day use. Perangkat ini bisa dimanfaatkan untuk hiburan mendukung produktivitas, namun untuk user experience nya bisa aku katakan Galaxy Tab tertinggal oleh iPad dalam urusan kemudahan pengoperasian.

Jika anda adalah pengguna awam, untuk benar-benar dapat memanfaatkan perangkat Galaxy Tab ini, mungkin anda perlu banyak melakukan riset dan mencari informasi melalui internet. Seperti yang pernah aku alami dulu ketika pertama kali menggunakan perangkat ini. Terkadang anda akan menemukan berbagai masalah, yang pada awalnya bisa dianggap normal. Anda berharap googling di internet akan menyelesaikan masalah tersebut. Namun, ketika anda tidak menemukan apa yang anda cari (dan aku beberapa kali mengalaminya), anda akan mulai menyadari memang ada yang salah pada perangkat ini. Permasalahannya adalah seberapa banyak waktu yang anda miliki untuk mencari informasi tersebut. Pilihannya ada di tangan anda. Disinilah anda mesti bijak dalam memilih.

Salah satu poin penting kelebihan iPad adalah user interfacenya yang smooth. Ketika melakukan navigasi antar aplikasi, browsing, membuka ebook, dan melakukan aktivitas-aktivitas lainnya, semuanya bisa berjalan dengan smooth. Berbeda dengan Galaxy Tab yang seringkali nge-lag. Bahkan di Homescreen sekalipun, ketika aku akan mencoba berpindah ke halaman widget yang lain, rasanya ada sedikit jeda ketika aku mulai menyentuh dan menggeser jariku. Dan dari proses ini pun perpindahan tampilan nya sedikit nge-lag.

Poin lain untuk iPad adalah integrasinya dengan Mac (sudah tentu lah, sama-sama produk Apple gitu loh), poin yang tidak dimiliki oleh Galaxy Tab. Aku adalah pengguna Mac, dan jujur saja keterbatasan dukungan Galaxy Tab terhadap Mac membuatku cukup frustasi. Kebanyakan tools-tools untuk mengoprek Galaxy Tab hanya tersedia untuk platform Windows. Jadi jika anda pengguna Mac, hal ini bisa anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli Galaxy Tab.

Sebagai penutup, aku merangkum semua kelebihan dan kekurangan masing-masing tablet ke dalam daftar dibawah ini:

iPad
Kelebihan

  • Kompatibilitas yang tinggi dengan PC maupun Mac
  • Pengoperasian lebih mudah dan simple
  • Layar sentuh lebih smooth dan tidak nge-lag seperti pada Galaxy Tab
  • Pembelian aplikasi dari App Store bisa dilakukan dari PC/Mac atau langsung dari iPad
  • Jika anda mengganti iPad anda dengan yang baru, semua aplikasi yang telah diunduh di iTunes bisa langsung ditransfer tanpa perlu mengunduh ulang
  • Kemudahan dalam sinkronisasi data antara PC/Mac dengan iPad, termasuk fungsi backup
  • Lebih aman dari serangan Malware. Apple cukup ketat dalam mempublish aplikasi di AppStore
  • Memiliki iCloud yang dapat digunakan untuk backup aplikasi & data, dan juga untuk menyimpan dokumen


Kekurangan

  • Bluetooth tidak dapat digunakan untuk transfer data (hanya untuk headset/wireless keyboard)
  • Tablet tidak bisa digunakan untuk media penyimpanan eksternal secara langsung (semua transfer data harus melalui iTunes/WiFi)
  • Limitasi pada akses data/dokumen, aplikasi hanya bisa membuka data/dokumen yang memang diset untuk aplikasi tersebut. Walaupun memungkinkan untuk dibuka pada aplikasi lain, namun pengoperasiannya terbatas.
  • Sistem operasinya tertutup dan sulit untuk dimodifikasi
  • Semua aplikasi hanya bisa diinstall via App Store (kecuali Jailbreak)
  • Aplikasi bawaannya tidak terlalu banyak. Tidak ada aplikasi bawaan untuk editing dokumen-dokumen Ms Office
  • Harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Galaxy Tab


Galaxy Tab
Kelebihan

  • Bisa melakukan install tanpa melalui Android Market, dan tanpa perlu Jailbreak
  • Pengguna bisa melakukan kustomisasi secara bebas pada tampilan maupun aplikasi di dalamnya
  • Transfer dokumen dapat dilakukan tanpa aplikasi khusus. Perangkat bisa langsung dikenali di Windows Explorer jika dihubungkan dengan kabel data
  • Bluetooth bisa digunakan untuk transfer dokumen, dan fungsinya bisa diperluas dengan aplikasi tambahan
  • Sistem operasinya lebih mudah untuk dioprek dan dimodifikasi
  • Spesifikasi Teknis (Processor dan Memory) berada diatas iPad


Kekurangan

  • Layar sentuh terkadang kurang responsif dan sering nge-lag tanpa sebab
  • Pembelian aplikasi secara resmi melalui Android Market hanya bisa dilakukan di perangkatmya. Aplikasi client seperti iTunes tidak tersedia. Pengguna bisa membeli lewat PC/Mac, tetapi pengunduhan tetap dilakukan via perangkat tabletnya.
  • Aplikasi Kies dari Samsung kurang bisa diandalkan dan seringkali bermasalah
  • Jika anda mengganti Galaxy Tab anda dengan yang baru, maka anda perlu mengunduh semua aplikasi yang telah anda beli sebelumnya, karena aplikasi yang anda beli sebelumnya tidak bisa dibackup ke PC/Mac
  • Android Market kurang informatif dalam menyediakan informasi mengenai kompatibilitas aplikasi pada perangkat
  • Kurangnya dukungan dan kompatibilitas dengan Mac
  • Kurang ketatnya Android Market dalam menyeleksi aplikasi yang menyebabkan banyaknya malware yang beredar di Android Market
  • Kurangnya integrasi antara perangkat dengan PC/Mac. Proses sinkronisasi data ke PC/Mac tidak semudah iPad.
  • User experience navigasi pada aplikasi yang tidak seragam, yang membuat perangkat ini sedikit lebih ribet untuk digunakan

5 komentar:

  1. Thank for ur information

    BalasHapus
  2. saya bingung, saya pengguna awam, niat saya untuk perkuliahan dan bermain musik, mohon sarannya

    my email : imrhidayat@rocketmail.com

    BalasHapus
  3. informatif ,, bisa share dong lewat email : preciousfeby@gmail.com , aku ga pake MAC , laptop biasa aja, nah aku bngung mau beli ipad 2 atau galaxy tab , mohn bantuannya, pengguna awam dan ga mw ribet , hehe takut nyesel beli gtu :D

    BalasHapus
  4. ipad bisa buka powerpoint ngga? aku suka masukin materi kuliah soalnya, aku mau beli ipad tapi bingung, makasih

    BalasHapus
  5. @Anonymous, untuk buka powerpoint bisa kok. Kalau hanya sebagai viewer aja banyak aplikasi aplikasi gratisannya. Untuk yang bisa ngedit, kebanyakan berbayar.

    BalasHapus