Minggu, Desember 31, 2023

364 Days Active in 2023

Ada sebuah harapan di awal tahun untuk bisa konsisten berolahraga setiap hari selama minimal 30 menit. Walaupun harapan ini tidak masuk menjadi resolusiku di tahun 2023, namun aku tetap mencoba komit untuk terus beraktivitas. Terkadang badan kurang fit pun tetap aku paksakan, yang biasanya malah membuat tubuh menjadi bugar kembali. Menyisihkan waktu 30 menit setiap hari untuk bergerak sebenarnya bukan hal yang sulit, tantangan terbesarnya adalah bisa berapa lama kita terus konsisten melakukannya tanpa terputus.

Karena olahraga favoritku adalah bersepeda, aku berusaha untuk melakukannya setiap hari. Jika tidak memungkinkan bersepeda diluar (outdoor) aku biasanya memilih indoor menggunakan trainer dan aplikasi Zwift. Saat liburan bersama keluargaku pun aku biasanya membawa sepeda, oleh karenanya pilihan destinasi liburannya kubatasi yang masih bisa dijangkau oleh transportasi darat. Jika tidak memungkinkan untuk bersepeda, opsi terakhir adalah lari/jogging. Namun aktivitas ini sebenarnya agak aku hindari karena biasanya setelah lari kakiku cedera yang pada akhirnya mengganggu aktivitas bersepedaku.

Harapanku tentunya bisa konsisten berolahraga setiap hari. Namun demikian, manusia hanya bisa berencana, Allah lah yang menentukan hasilnya. Di bulan Agustus lalu, ada 1 hari dimana aku absen untuk beraktivitas karena sakit. Sakit yang tidak biasa, namun sepanjang catatanku biasanya akan menyerangku paling nggak setahun sekali. Karena lumayan parah, memaksaku untuk full bed rest seharian. Biasanya di sore hari kondisinya sudah membaik, namun pada saat itu aku belum bisa beraktivitas apa-apa.

Semuanya ini memberikan pelajaran dan hikmah, bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna kecuali Allah SWT. Ketidaksempurnaan itu menjadi bagian dari kehidupan, dan akan kembali ke masing-masing individu untuk menyikapinya. Di sisi yang lain, 1 hari bolong ini patut disyukuri. Bagaimana tidak, dalam 1 tahun penuh, aku hanya mengalami sakit yang lumayan parah 1 hari saja. Di hari-hari yang lain aku masih bisa beraktivitas dengan normal, dan ini patut untuk disyukuri.

Semoga di tahun 2024 ini, aku masih bisa diberi kesehatan untuk melakukan aktivtas olahraga, sebagai ikhtiar untuk hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar