Sabtu, Januari 01, 2011

Pengalaman Gagal Transfer melalui ATM Bersama

Pada hari rabu sore 29 Desember 2010 lalu aku melakukan transfer dari BNI ke Mandiri menggunakan ATM BNI. Saat itu transaksi transfernya gagal karena waktu habis (timeout) sebelum struk tanda bukti transfernya keluar. Aku pikir ya sudahlah transaksinya gagal dan bisa dicoba kembali. Setelah aku cek ternyata saldo rekeningku telah terdebet, dan lebih parahnya lagi transfernya tidak sampai ke rekening penerima. Sedikit panik, aku mencoba menghubungi call center BNI di 021 5789 9999 dan membuat laporan pengaduannya. Disana disebutkan bahwa laporan pengaduan ini akan ditangani paling lambat 14 hari kerja, yang artinya sekitar 18 hari kalender. Waktu yang cukup lama menurutku, tetapi masuk akal menurutku karena komplain-komplain seperti ini tentunya cukup banyak dan prosedur pemeriksaannya juga melibatkan berbagai pihak (BNI, Mandiri, dan switching provider nya).

Karena masih agak-agak nggak puas dengan jawaban CS nya, keesokan harinya aku tanyakan ke CS di Bank BNI nya secara langsung. Disana aku diminta untuk mengisi form pengaduan sembari petugasnya menyiapkan bukti-bukti seperti beberapa transaksi terakhir yang aku lakukan. Anehnya menurut petugasnya, pengaduan kasus seperti ini biasanya ditangani dalam waktu kurang lebih 7 hari kerja, lebih cepat dibandingkan dengan info yang aku dapatkan dari petugas CS dari call center. Setelah aku tanyakan mengenai penyebab kegagalan transaksi transfer ini, dijelaskan bahwa koneksi Bank Mandiri memang sedang tidak stabil sejak tanggal 27 Desember lalu dan memang ada beberapa nasabah lain yang mengalami kejadian yang serupa.

Pada tanggal 31 Desember, salah satu temanku menjadi 'korban' untuk kasus yang sama. Walah.. Berarti problem di Bank Mandirinya belum selesai nih. Dengan semakin banyaknya kasus seperti ini, aku berharap proses pengembalian dananya bisa lebih cepat. Paling nggak nggak perlu menunggu sampai seminggu lah. Ternyata benar juga, ketika pergantian ke awal tahun 2011 aku iseng-iseng memeriksa saldo rekeningku, ternyata saldo yang terpotong telah dikembalikan sepenuhnya termasuk biaya transaksi ATM bersama sebesar Rp 5.000. Mantabh deh, kasus ini selesai dalam 2 hari kerja saja. Terimakasih BNI :)

1 komentar:

  1. wah sial saya juga mengalami hal yg sama. Semoga bisa resolve.

    BalasHapus