Pada hari rabu sore 29 Desember 2010 lalu aku melakukan transfer dari
BNI ke Mandiri menggunakan ATM BNI. Saat itu transaksi transfernya gagal
karena waktu habis (timeout) sebelum struk tanda bukti transfernya
keluar. Aku pikir ya sudahlah transaksinya gagal dan bisa dicoba
kembali. Setelah aku cek ternyata saldo rekeningku telah terdebet, dan
lebih parahnya lagi transfernya tidak sampai ke rekening penerima.
Sedikit panik, aku mencoba menghubungi call center BNI di 021 5789 9999
dan membuat laporan pengaduannya. Disana disebutkan bahwa laporan
pengaduan ini akan ditangani paling lambat 14 hari kerja, yang artinya
sekitar 18 hari kalender. Waktu yang cukup lama menurutku, tetapi masuk
akal menurutku karena komplain-komplain seperti ini tentunya cukup
banyak dan prosedur pemeriksaannya juga melibatkan berbagai pihak (BNI,
Mandiri, dan switching provider nya).
Karena masih agak-agak nggak puas dengan jawaban CS nya, keesokan
harinya aku tanyakan ke CS di Bank BNI nya secara langsung. Disana aku
diminta untuk mengisi form pengaduan sembari petugasnya menyiapkan
bukti-bukti seperti beberapa transaksi terakhir yang aku lakukan.
Anehnya menurut petugasnya, pengaduan kasus seperti ini biasanya
ditangani dalam waktu kurang lebih 7 hari kerja, lebih cepat
dibandingkan dengan info yang aku dapatkan dari petugas CS dari call
center. Setelah aku tanyakan mengenai penyebab kegagalan transaksi
transfer ini, dijelaskan bahwa koneksi Bank Mandiri memang sedang tidak
stabil sejak tanggal 27 Desember lalu dan memang ada beberapa nasabah
lain yang mengalami kejadian yang serupa.
Pada tanggal 31 Desember, salah satu temanku menjadi 'korban' untuk
kasus yang sama. Walah.. Berarti problem di Bank Mandirinya belum
selesai nih. Dengan semakin banyaknya kasus seperti ini, aku berharap
proses pengembalian dananya bisa lebih cepat. Paling nggak nggak perlu
menunggu sampai seminggu lah. Ternyata benar juga, ketika pergantian ke
awal tahun 2011 aku iseng-iseng memeriksa saldo rekeningku, ternyata
saldo yang terpotong telah dikembalikan sepenuhnya termasuk biaya
transaksi ATM bersama sebesar Rp 5.000. Mantabh deh, kasus ini selesai
dalam 2 hari kerja saja. Terimakasih BNI :)
wah sial saya juga mengalami hal yg sama. Semoga bisa resolve.
BalasHapus