Sabtu, Januari 01, 2011

Aplikasi favorit selama 2010

Selamat datang tahun 2011, dan selamat tinggal tahun 2010. Dan berikut ini adalah aplikasi-aplikasi favorit khususnya untuk kategori desktop yang sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas dan yang paling sering aku gunakan selama setahun terakhir.

  1. Microsoft Word, Excel, Power Point,  Outlook, dan Adobe Reader
  2. Tanpa keempat aplikasi ini, yang jelas urusan pekerjaan kantor bisa bubar. Kebutuhan akan aplikasi -aplikasi ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi.

  3. Microsoft OneNote
  4. Mungkin belum banyak pengguna Ms Office yang memanfaatkan aplikasi ini. Dari beberapa survey ke rekan-rekan sekantor yang menggunakan Ms Office, banyak yang tidak mengetahui manfaat dan kelebihan aplikasi ini. Aplikasi OneNote ini seperti namanya berfungsi untuk menyimpan catatan. Pengguna bisa dengan bebas menyimpan catatan tanpa perlu khawatir catatan tersebut hilang karena lupa menyimpannya. Setiap perubahan akan otomatis tersimpan.

    Selain itu, catatan yang dibuat tersimpan dalam struktur yang hierarkis sehingga memudahkan pengguna dalam mencari dan mengkategorikan catatan-catatan yang telah disimpan. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah pengguna bisa secara bebas menulis di bagian manapun dan memasukkan objek-objek seperti gambar, tabel, hingga dokumen lain. Lebih jauh lagi, dengan sedikit kreativitas, pengguna bisa membuat kalender dan membuat to do list pada kalender tersebut.

  5. Firefox
  6. Firefox adalah browser favoritku. Walaupun terkadang menggunakan Google Chrome sebagai browser sampingan, tetap saja Firefox lebih sering aku gunakan. IE mah, ke laut ajah dah.

  7. Sync Toy
  8. SyncToy adalah aplikasi gratisan dari Microsoft yang berfungsi untuk sinkronisasi folder. Aplikasi ini sangat membantu dalam mem-backup dokumen-dokumen kantor dan dokumen-dokumen pribadiku ke media lain seperti portable hard disk, flash disk, maupun shared folder di network. Kelebihan aplikasi ini adalah efisiensi pada data yang disalin. Update hanya dilakukan pada dokumen-dokumen yang baru atau yang telah mengalami perubahan.

  9. KeePass
  10. Aplikasi ini sangat berguna untuk menyimpan password-pasword dari semua akun yang aku gunakan, baik di internet maupun di internal perusahaan. Dengan KeePass aku tidak perlu lagi mengingat semua password yang aku gunakan, sehingga untuk setiap akun aku dapat dengan leluasa menggunakan password yang berbeda-beda tanpa perlu khawatir lupa. Bahkan untuk beberapa akun, aku tidak peduli dan tidak perlu tahu passwordnya, tinggal copy dan paste semuanya beres. Yang perlu diingat adalah master key untuk membuka dokumen yang berisi semua passwordku. Sekalinya lupa atau bocor ke tangan yang salah, bisa gawat. Hebatnya lagi, aplikasi ini tidak hanya tersedia pada PC saja, namun tersedia versi mobile nya yang bisa digunakan pada HP Nokia dan BB ku. Benar-benar portable :)

  11. Putty
  12. Ini bisa kubilang aplikasi wajib yang harus aku miliki untuk bisa terhubung ke server yang berbasis Unix. Di lingkup pekerjaanku, banyak sekali kebutuhan untuk mengolah data berbasis teks yang jauh lebih efisien jika dieksekusi pada OS berbasis Unix. Secara aku menggunakan OS yang Windows based, tentunya Putty sangat membantu sekali dalam menjembatani  komunikasi antara kedua OS ini.

  13. Nokia PC Suite
  14. Tanpa aplikasi ini, aku nggak bakalan bisa konek ke internet ketika sedang tidak berada di kantor. HP Nokia yang aku miliki berfungsi ganda, selain untuk berkomunikasi aku gunakan juga untuk Modem. Ketika berada di rumah dan online, bisa dipastikan aplikasi ini akan aku jalankan.

  15. Yahoo Messenger
  16. Inilah aplikasi Messenger favorit selama setahun belakangan ini. Walaupun penggunaannya dalam setahun belakangan ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk menghubungi rekan-rekan diluar internal kantor, aplikasi ini masih sering aku gunakan. Sementara untuk rekan-rekan di internal kantor ataupun diluar kantor yang sudah memiliki BB, aku lebih nyaman menggunakan Blackberry Messenger (BBM).

  17. Proxifier dan uTorrent
  18. Policy internet di kantorku tidak memungkinkan untuk mengakses port diluar port 80 ke alamat-alamat diluar internal perusahaan. Untungnya kekurangan ini bisa diakali dengan aplikasi yang bernama Proxifier. Dengan aplikasi ini, aku bisa mengakses port-port diluar port 80 secara leluasa sehingga aplikasi-aplikasi seperti Yahoo Messenger dan Torrent Client seperti uTorrent. Belakangan ini torrent menjadi alternatif utama dalam mencari film di internet karena gratis tentunya. Selamat tinggal Rapidshare, Megaupload, Hotfile, dan kawan-kawan :D

  19. iTunes dan VLC Media Player
  20. Inilah aplikasi pemutar lagu dan pemutar film favoritku. Kedua aplikasi gratisan ini sudah sangat-sangat mencukupi untuk menikmati lagu-lagu kesayangan dan film-film hasil unduhan pada poin nomor 9, hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar