Sabtu, Januari 25, 2014

#iOS Tips & Trik - Mengenal Fitur Do Not Disturb

Fitur Do Not Disturb mulai diperkenalkan Apple sejak iOS 6. Melalui fitur ini, pengguna iOS dapat menonaktifkan notifikasi yang masuk ke perangkatnya, termasuk diantaranya notifikasi ketika ada panggilan atau pesan masuk, dan notifikasi dari aplikasi (seperti Twitter, Facebook, WhatsApp, dan lain sebagainya). Namun demikian, perlu diingat bahwa fitur ini tidak memblok notifikasi. Pengguna tetap dapat melihat notifikasi yang masuk, tetapi ketika ada notifikasi masuk, perangkat iOS nya berada dalam kondisi silence.

Do Not Disturb sangat bermanfaat khususnya ketika Anda sedang fokus dalam mengerjakan sesuatu dan tidak ingin diganggu. Selain itu pengguna juga dapat mengatur agar fitur ini aktif secara terjadwal pada jam-jam tertentu, misalnya ketika jam tidur pada malam hari, perangkat iOS Anda akan berada dalam kondisi silence. Notifikasi atau panggilan yang masuk bahkan tidak akan membuat layar perangkat iOS tersebut menyala. Dengan demikian, fitur ini secara tidak langsung dapat menghemat konsumsi baterai perangkat iOS Anda.


Do Not Disturb dapat diatur melalui Settings -> Do Not Disturb. Pada iOS7, fitur ini dapat langsung diaktifkan melalui Control Center. Beberapa opsi yang dapat dipilih diantaranya adalah:
  • Scheduled: Do Not Disturb akan otomatis aktif pada jam-jam tertentu setiap harinya.
  • Allow Calls From: Pengguna dapat mengatur perilaku fitur ini ketika ada panggilan atau pesan masuk dari kontak lain.
    • Everyone: Ketika Do Not Disturb aktif, semua panggilan atau pesan masuk dari nomor kontak lain akan ditampilkan (pengguna menerima notifikasi). Tentunya semua notifikasi lain diluar panggilan dan pesan tidak akan ditampilkan.
    • No One: Semua panggilan atau pesan masuk tidak akan ditampilkan
    • Favorites: Hanya panggilan atau pesan masuk dari nomor kontak yang terdaftar sebagai kontak Favorites saja yang akan ditampilkan
  • Repeated Calls: Ketika opsi ini aktif, panggilan dari nomor kontak yang sama dalam rentang waktu 3 menit akan ditampilkan. Opsi ini menggunakan asumsi bahwa panggilan yang berulang adalah panggilan penting.
  • Silence (opsi baru pada iOS7): Terdapat dua pilihan dalam opsi ini:
    • Always: Semua panggilan masuk dan notifikasi tidak akan ditampilkan, bahkan ketika perangkat iPhone Anda dalam kondisi unlocked/sedang dipakai
    • Only while iPhone is locked: Semua panggilan masuk dan notifikasi hanya ditampilkan ketika iPhone berada dalam kondisi unlocked/sedang dipakai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar