Sabtu, Desember 07, 2013

#iOS7 Tips & Trik - Berbagi dokumen atau foto ke perangkat iOS lain melalui AirDrop

Kini pengguna iOS7 dapat berbagi dokumen maupun foto dengan mudah melalui fitur AirDrop. Pada iOS versi sebelumnya, pengguna iOS hanya dapat berbagi dokumen melalui aplikasi Mail dan Messages. Pertukaran dokumen via Bluetooth maupun WiFi hanya bisa dilakukan melalui aplikasi pihak ketiga, dan aplikasi tersebut harus terpasang di kedua perangkat dan aktif pada saat transfer dilakukan. Sangat merepotkan bukan?

Melalui fitur AirDrop, Apple berusaha untuk mempermudah urusan berbagi dokumen antar perangkat. AirDrop mengharuskan perangkat pengirim dan penerima telah menggunakan iOS7 dan mendukung fitur ini. Tidak semua perangkat yang mendukung iOS7 mendapat fitur AirDrop. Perangkat yang sudah mendukung fitur ini adalah: iPhone 5 keatas, iPod Touch generasi ke-5, iPad Mini keatas, serta iPad 4 keatas.



Menurutku, beberapa kelebihan AirDrop yang cukup signifikan diantaranya adalah:
  • Transfer data yang lebih cepat (via WiFi) dan tidak memerlukan koneksi internet
  • Pengguna dapat mengirimkan foto ataupun dokumen apapun via aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketiga, selama aplikasi tersebut memiliki fitur ‘Share
  • Para perangkat penerima, tidak perlu ter-install aplikasi yang sama yang digunakan oleh perangkat pengirim untuk berbagi dokumen. Jika misalnya perangkat pengirim memiliki aplikasi Keynote dan akan mengirimkan dokumen presentasi, maka di perangkat penerima, tidak perlu ter-install aplikasi Keynote untuk bisa menerima dokumen tersebut
  • Perangkat penerima dapat membuka dokumen yang dikirim melalui aplikasi yang kompatibel dengan dokumen tersebut. Jika misalnya pengirim mengirimkan dokumen via aplikasi Keynote, maka perangkat penerima dapat membuka dokumen tersebut secara langsung via Keynote ataupun aplikasi lain yang kompatibel seperti Quickoffice dan lain sebagainya


Berikut adalah langkah-langkah untuk berbagi dokumen melalui fitur AirDrop:
  1. Aktifkan fitur AirDrop pada perangkat pengirim dan penerima. Fitur ini dapat diaktifkan melalui Control Center. Tap icon AirDrop. Setelah fitur ini aktif, otomatis Bluetooth dan WiFi perangkat tersebut akan aktif.

  2.  
  3. Buka aplikasi yang menyimpan dokumen yang ingin dikirimkan ke perangkat lain. Pilih dokumen yang diinginkan dan tap tombol ‘Share’.

    Contoh 1: Mengirim foto ke perangkat iOS7 lain



    Contoh 2: Mengirim dokumen Keynote (PPT) dari Polaris Office
    Pastikan aplikasi memiliki fitur Share atau Open In
  4. Tunggu beberapa saat hingga perangkat penerima muncul baris AirDrop
  5. Tap icon yang merepresentasikan perangkat penerima
  6. Perangkat penerima akan menampilkan notifikasi bahwa perangkat pengirim akan berbagi dokumen.
  7. Lakukan konfirmasi pengiriman dan tunggu beberapa saat. Besarnya ukuran dokumen yang dikirimkan mempengaruhi waktu pengiriman.

    Contoh 1: Menerima foto dari perangkat iOS7


    Contoh 2: Menerima dokumen keynote (PPT) dari perangkat iOS7
  8. Jika proses pengiriman telah berhasil, pada perangkat penerima akan ditampilkan notifikasi bahwa dokumen telah diterima dan akan membuka dokumen tersebut secara otomatis.
  9. Untuk dokumen yang tidak dibuka secara otomatis, perangkat iOS akan memberikan pilihan aplikasi-aplikasi yang kompatibel dan dapat membuka dokumen tersebut. Pilih aplikasi yang sesuai, dan dokumen tersebut akan dibuka melalui aplikasi yang dipilih.

Namun demikian, fitur AirDrop ini berbeda dengan fitur AirDrop yang ada di Mac. Walaupun menggunakan nama yang sama, pengguna tidak dapat mengirimkan dokumen dari perangkat iOS ke Mac maupun sebelumnya menggunakan fitur AirDrop ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar