Sabtu, Januari 26, 2013

Menghilangkan Duplikasi pada Menu “Open With” di Mac

Ketika pengguna Mac melakukan secondary click pada sebuah dokumen di aplikasi Finder, akan ditampilkan daftar aplikasi yang dapat digunakan untuk membuka dokumen tersebut. Daftar aplikasi tersebut akan ditampilkan pada menu “Open With”. Normalnya daftar tersebut unik, dan tidak ada aplikasi yang sama yang muncul lebih dari satu kali dalam daftar. Namun seiring dengan berjalannya waktu dalam menggunakan Mac, aplikasi yang sama dapat muncul lebih dari satu kali dalam daftar pada menu “Open With” seperti tampak pada gambar.

Berdasarkan informasi hasil googling, hal ini disebabkan karena adanya proses install/uninstall aplikasi yang berulang, atau juga karena pengguna melakukan mount pada media yang berisi aplikasi yang sama. Hal ini menyebabkan database Launch Services menjadi korup dan duplikasi menu pun terjadi.

Untuk memperbaikinya, perlu dilakukan reset pada database Launch Services melalui aplikasi Terminal:
  1. Buka aplikasi Terminal melalui Applications->Utilities->Terminal
  2. Ketikkan perintah berikut ini:

    /System/Library/Frameworks/CoreServices.framework/Frameworks/ LaunchServices.framework/Support/lsregister -kill -r -domain local -domain system -domain user
Proses reset database Launch Services diatas memerlukan waktu beberapa saat, normalnya 1 hingga 2 menit. Setelah proses selesai dieksekusi, kini menu “Open With” akan kembali normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar