Senin, Januari 02, 2012

Menghemat Space Pada Mac OSX - Menghapus Sleepimage


File sleepimage yang biasanya tersimpan di /var/vm/sleepimage digunakan oleh Mac OSX untuk menyimpan isi memory ketika berada dalam kondisi sleep. Ukuran file sleepimage ini sama besarnya dengan jumlah RAM yang terpasang di Mac Anda. Sebelum sleep, isi memory disimpan ke dalam hard disk, sehingga ketika Mac Anda mati total dan Anda menyalakan kembali Mac dari sleep, kondisi Mac Anda akan kembali ke kondisi semula seperti halnya sebelum sleep. Isi file sleepimage akan dikembalikan ke dalam memory, sehingga aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sedang Anda jalankan otomatis akan terbuka ketika Anda keluar dari mode sleep.

Mac memiliki beberapa mode sleep yang bisa diatur melalui perintah pmset melalui terminal. Untuk mengetahui mode sleep yang sedang aktif, ketikkan perintah dibawah melalui terminal:

pmset -g | grep hibernatemode

Untuk melakukan setting mode sleep, gunakan perintah dibawah ini:

pmset -a hibernatemode [x]

Nilai [x] yang bisa diatur adalah:
0 : Ketika sistem akan masuk ke dalam mode sleep, isi memory tidak akan disimpan ke dalam hard disk. Kondisi memory akan tetap menyala. Isi memory akan hilang ketika Mac anda kehilangan catu daya ataupun baterai Mac Anda habis.

3 : Ini adalah konfigurasi default. Ketika sistem masuk ke dalam mode sleep, isi memory akan disimpan ke dalam file sleepimage. Namun demikian, kondisi memory akan tetap menyala. Ketika Anda keluar dari mode sleep sistem akan melakukan wake up dari kondisi memory yang masih menyala. Kecuali jika setelah sleep Mac Anda kehilangan catu dayanya, sistem akan melakukan wake up dari file sleepimage.

25 : Dalam mode ini, sistem akan menyimpan isi memory kedalam file sleepimage dan mematikan memory. Ketika keluar dari kondisi sleep, sistem melakukan wake up dari file sleepimage. Ketika mode ini digunakan, proses sleep dan wake up akan memakan waktu lebih lama, namun lebih hemat energi karena baterai Mac Anda tidak digunakan.

Jika Anda jarang menggunakan mode sleep, Anda bisa menghemat beberapa GB (sesuai dengan memory yang terpasang pada Mac Anda) dengan mengatur nilai hibernatemode=0. Atau jika Anda menggunakan Solid State Disk (SSD) dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, tentunya space sebesar 2GB, 4GB, atau bahkan 8GB tentunya cukup mewah bagi Anda. Bagi saya sendiri, space 4GB bisa digunakan untuk menyimpan ratusan dokumen yang jauh lebih penting daripada menyimpan isi memory Mac saya untuk mode sleep, dan terlebih lagi saya jarang menggunakan mode tersebut sampai baterai Mac saya habis. Jika saya berencana untuk tidak menggunakan Mac dalam waktu yang cukup lama, saya memilih untuk melakukan shutdown daripada masuk ke dalam mode sleep.

Untuk menghapus file sleepimage secara permanen, ketikkan perintah dibawah melalui terminal:

sudo pmset -a hibernatemode 0
sudo rm -rf /var/vm/sleepimage

Perintah diatas akan mengatur agar ketika sleep isi memory tidak akan ditulis ke file sleepimage sekaligus menghapus file sleepimage yang ada. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar