Minggu, September 20, 2009

All Those Things We Never Said

Kesan pertama ketika melihat buku ini kukira isinya 'serius', apalagi setelah melihat cover dan sinopsisnya. Karena memang dari covernya cukup menarik dan membuatku penasaran, aku beli juga bukunya.

Novel ini menceritakan kehidupan Julia, seorang wanita yang memiliki pekerjaan sebagai seorang animator dan akan segera menikah. Sayangnya semua rencananya berantakan ketika dia mendapat kabar ayahnya meninggal dan akan dimakamkan di hari dimana dia seharusnya menikah. Hubungan dengan ayahnya kurang begitu baik karena selama ini dia merasa diabaikan oleh ayah kandungnya sendiri. Dan sekarang, tiba-tiba ayahnya menggagalkan rencana pernikahannya dengan Adam, calon suaminya.

Tak lama setelah pemakaman ayahnya, datang sebuah paket yang diantar ke apartemennya. Isinya sungguh mengejutkan: sebuah manusia android yang begitu mirip dengan ayahnya, Anthony Walsh. Julia hanya memiliki waktu 6 hari bersama android kembaran ayahnya karena baterai androidnya hanya bertahan selama 6 hari.

Walaupun hubungan mereka tak terlalu baik, namun ternyata Anthony sangan mencintai Julia. Selama 6 hari tersebut, mereka berdua melakukan perjalanan ke Kanada, Paris, dan Berlin untuk mengungkap hal-hal yang tak pernah diungkapkan oleh Anthony selama 20 tahun, yang mengantarkan Julia kepada kenangan masa lalu mengenai cinta pertamanya yang dia sangka telah mati.

Walaupun terkesan cukup serius, namun di dalam novel banyak sekali ditemukan hal-hal konyol dan lucu, terutama dalam pilihan kata-kata dan dialog, yang terjadi antara Julia dan Anthony. Secara garis besar, novel ini menceritakan kisah kasih sayang seorang ayah kepada putrinya yang tak pernah terungkap dan perjuangan mencari cinta pertama yang disangka telah mati. Novel ini diluar ekspektasiku, yang tadinya kukira novel pop semata, ternyata malah nggak nyesel untuk membelinya: gaya bahasanya unik *yang mungkin karena sebelumnya aku underestimated* Jadi malah kepingin membaca karya Marc Levy yang lain, tapi tampaknya yang baru diterjemahkan cuma yang ini aja :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar