Selasa, September 22, 2009

Nokia Chat Beta: Mengecewakan

Beberapa waktu lalu, Nokia merilis aplikasi Nokia Chat versi Beta yang bisa digunakan di handphone E71 ku. Sebelumnya versi beta nya hanya tersedia untuk E75, namun kini tersedia juga untuk E63 dan E71.

Aplikasi Nokia Chat ini bisa digunakan untuk chatting ke sesama pengguna Yahoo Messenger, Ovi, dan Google Talk. Tadinya kupikir karena bikinan Nokia, dan untuk seri E pula lagi, aplikasinya akan berbasis Symbian. Ternyata malah berbasis Java, yang menurutku cenderung 'lambat' dan fitur-fiturnya jadi kurang maksimal.

Setelah kucoba, dugaanku nggak meleset. Saat ini masih sebatas mencoba fitur chat ke sesama pengguna YM, tapi sudah cukup lah. Kesan pertamaku adalah aplikasinya terlihat monoton dan kurang menarik. Entah apa karena ini masih versi beta. Jika dibandingkan dengan aplikasi messenger sejenis shMessenger yang dari sisi tampilannya saja sudah OK, Nokia Chat masih tertinggal jauh lah.

Inilah beberapa kekurangan yang menurutku harus dibenahi:
  • Berbasis Java. Banyak fitur-fitur yang kurang optimal jika dikembangkan dengan Java.
  • Respon lebih lambat. Membutuhkan waktu lebih dari 30 detik untuk me-load seluruh contact yang ada di list ku, dan ini lumayan menyebalkan karena aplikasi sejenis Slick dan shMessenger lebih responsif.
  • Window untuk chattingnya lebih ribet. Aku lebih menyukai shMessenger yang sangat memudahkan penggunanya untuk beralih dari jendela utama ke jendela percakapan dengan pengguna lain.
  • Untuk sebuah aplikasi buatan Nokia, dan terutama untuk handphone Nokia, fitur-fitur yang disediakan masih minim. Masa kalah oleh aplikasi messenger lain yang notabene dikembangkan oleh vendor lain.

Semoga saja kedepannya fitur-fitur di aplikasi Nokia Chat ini bisa terus disempurnakan sampe versi release nya keluar. Lumayan aja nih kalo nanti tiba-tiba jadi keluar versi Symbian nya, tentu akan lebih responsif dan fitur-fiturnya lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar