Selasa, September 24, 2019

Membatasi waktu penggunaan iPhone/iPad anak

Melanjutkan tulisan sebelumnya terkait dengan fitur Screen Time di iOS dan cara membuat akun Apple ID untuk anak, di tulisan kali ini aku ingin berbagi cara untuk membatasi waktu penggunaan perangkat iOS yang digunakan oleh anak-anak dengan menggunakan Screen Time. Fitur Screen Time ini sangat bermanfaat bagi orang tua yang ingin mengontrol dan memonitor penggunaan perangkat iOS yang digunakan oleh anaknya. Proses kontrol dan pengawasannya pun tidak ribet, semuanya dapat dilakukan dari perangkat iOS yang dimiliki oleh orang tua. Yang penting adalah akun Apple ID anak terdaftar sebagai Family Member dan dipasang pada perangkat iOS yang akan dimonitor.


Fitur Screen Time secara lengkap dan detail telah diulas di artikel sebelumnya. Namun demikian secara garis besar, fitur Screen Time memungkinkan orang tua untuk:

  • Memonitor penggunaan perangkat iPhone/iPad yang digunakan oleh anak Anda. Informasi seperti aplikasi yang digunakan, durasi penggunaan aplikasi, jumlah notifikasi yang masuk, dan berapa kali jumlah pick up perangkat iOS yang digunakan bisa dipantau secara online. Laporan tersedia dalam 1 hari dan 7 hari terakhir.
penggunaan perangkat secara harian dalam
1 minggu melalui fitur Screen Time
  • Membatasi waktu penggunaan iPhone/iPad. Dengan fitur Down Time orang tua dapat menentukan jam operasional perangkat iOS. Misal iPhone/iPad hanya dapat digunakan antara jam 12 siang (jam pulang sekolah) sampai jam 9 malam setiap harinya.
Screen Time membatasi akses ketika perangkat iOS
digunakan diluar jam operasional atau ketika
jatah penggunaan aplikasi telah melewati batas

  • Membatasi lamanya penggunaan aplikasi tertentu setiap harinya. Misalnya waktu untuk bermain game dibatasi 2 jam dalam satu hari, sementara untuk akses ke situs seperti You Tube hanya diperbolehkan 1 jam saja.
  • Memasang restriki konten. Misalnya restriksi untuk melakukan pembelian melalui fitur in-app purchase, menghapus atau meng install aplikasi baru, dan lain sebagainya.
  • Mengatur pass code khusus untuk Screen Time yang digunakan oleh perangkat iOS anak. Pass code ini dapat digunakan untuk mem-bypass fungsi restriksi dari iPhone/iPad yang digunakan oleh anak. Pastikan anak Anda tidak mengetahui pass code ini.

anak bisa meminta ijin untuk akses perangkat
diluar jam operasional ataupun ketika jatah penggunaan
aplikasi nya telah melewati batas, juga bisa mem-by pass
dengan memasukkan pass code

Namun demikian semua pengaturan diatas tidak berlaku mutlak. Jika anak Anda ingin menggunakan perangkat iPhone/iPad diluar jam operasional ataupun ketika jatah waktu penggunaan aplikasinya telah habis, anak Anda dapat meminta perpanjangan waktu. Notifikasi permintaan ini akan dikirimkan ke perangkat iOS yang Anda gunakan untuk kemudian permintaannya disetujui atau ditolak.
Orang tua akan mendapatkan notifikasi ketika
anak meminta tambahan waktu

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Screen Time pada perangkat iOS yang digunakan oleh anak:

  1. Dari perangkat iOS yang digunakan oleh orang tua masuk ke Settings -> iCloud (akun Apple ID yang Anda gunakan) -> Family Sharing -> Screen Time. Di langkah ini akan ditampilkan daftar akun Apple ID anak yang terdaftar sebagai family member.
  2. Pilih akun Apple ID yang akan dimonitor penggunaannya. Perangkat iOS Anda akan menampilkan gambaran umum terkait dengan fitur Screen Time.
    gambaran umum Screen Time
     
  3. Pilih Continue untuk melanjutkan.
  4. Perangkat iOS akan menampilkan konfigurasi untuk Downtime. Downtime adalah fitur yang digunakan untuk mengatur waktu dimana perangkat iOS anak “tidak bisa digunakan”. Hanya fungsi-fungsi dasar saja seperti panggilan telepon dan pesan yang dapat berfungsi di periode ini.
    konfigurasi waktu Downtime


  5. Masukkan waktu periode dimana Anda tidak ingin anak Anda menggunakan perangkat iOS nya. Selanjutnya pilih Set Downtime
  6. Perangkat iOS akan menampilkan konfigurasi untuk App Limit. App Limit adalah fitur yang digunakan untuk membatasi jatah waktu penggunaan kategori aplikasi tertentu. Misal Anda ingin membatasi aplikasi Game hanya dapat dimainkan maksimum 2 jam setiap harinya. Pilih kategori aplikasi yang ingin Anda batasi dan atur lamanya durasi maksimum penggunaan aplikasinya, dan selanjutnya pilih Set App Limit.

    konfigurasi App Limits

  7. Selanjutnya akan ditampilkan gambaran umum untuk fitur Restriksi konten. Pilih Continue untuk melanjutkan.
    gambaran umum restruksi Content & Privacy

  8. Masukkan pass code yang digunakan untuk perubahan konfigurasi di kemudian hari. Setiap perubahan pengaturan Screen Time di perangkat iOS anak di kemudian hari baik secara remote menggunakan perangkat iOS orang tua maupun secara langsung di perangkat iOS anak akan memerlukan pass code ini. Pastikan anak Anda tidak mengetahui kode nya.
    konfigurasi pass code Screen Time

  9. Nah kini fitur Screen Time sudah terpasang di perangkat iOS anak Anda. Untuk selanjutnya Anda dapat memonitor penggunaan perangkatnya setelah digunakan beberapa waktu kedepan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar