Senin, April 23, 2018

Flash Back 2017

Walaupun sudah memasuki bulan April dan bisa dibilang sudah terlambat, namun rasa-rasanya kurang afdol kalau resolusiku di tahun 2017 lalu tidak aku bahas. Karena kesibukan dan fokusku untuk bersepeda di 3 bulan terakhir ini membuat jatah waktuku berkurang untuk aktivitas tulis menulis. Terlebih lagi membuat sebuah tulisan yang seperti ini cukup menguras waktu dan memerlukan mood yang bagus. Harapanku di tahun 2018 ini aku bisa meluangkan waktu tambahanku untuk membuat tulisan-tulisan lain.

Resolusiku di tahun 2017 bisa dilihat di tulisan: Resolusi 2017, dan berikut adalah pencapaianku.


🚵 Olahraga dan Bersepeda
Bisa dikatakan, di tahun 2017 aktivitas bersepeda menjadi fokus dan prioritasku sehingga wajar saja jika pencapaianku untuk resolusi ini sangat memuaskan.
▫️Target jarak 300km setiap bulan: tercapai. Bahkan selama tahun 2017, mileage aktivitas bersepedaku lebih dari 7500km.
▫️Badge Granfondo Strava setiap bulannya: tercapai.
▫️Mengikuti event-event terkait dengan gowes (5 event): tercapai. Event yang aku ikuti di tahun 2017 ini diantaranya Bromo 100K, Tour de Ambarrukmo, Cycling Marathon KGB, Tour de Patriot, dan beberapa event lain yang lokal.

🏕 Liburan
Di tahun 2017 ini, aku berkomitmen untuk meluangkan waktuku untuk liburan dan menginap di luar kota paling tidak 2 bulan sekali. Dan alhamdulillah pencapaian target ku ini memuaskan. Selama 2017, acara liburan yang cukup jauh hanya ada 3: ke Jogja, Pangandaran, dan Anyer, sisanya kuhabiskan di Bogor. Liburan di luar kota menurutku sangat menyenangkan, terlebih lagi bisa membawa kendaraan sendiri sehingga bisa lebih bebas untuk mengeksplorasi.

Well, selain kepuasan di tempat liburannya sendiri, ada kepuasan lain juga dalam perjalanan menuju kesana dan ketika pulang. Karena aku mencoba menggunakan rute yang berbeda ketika berangkat dan pulang, ada sense of exploration nya juga. Perjalanan ke Jogja dan Pangandaran tahun lalu menyisakan cerita tersendiri, dan pengalaman ini menurutku sangat menyenangkan.

🏡 Renovasi & Mengisi Rumah
Targetku di tahun 2017 lalu untuk poin ini adalah melakukan renovasi rumah segera setelah serah terima selesai. Dari 6 poin yang aku targetkan selesai di tahun 2017, baru 3 poin saja yang sudah dieksekusi. Sementara itu 3 poin sisanya: kitchen set, kanopi untuk car port, dan furniture belum dieksekusi. Proses renovasi untuk 3 poin yang sudah dieksekusi: pelebaran dapur, kamar pembantu, tempat jemuran, dan toren ternyata cukup memakan waktu.

Ada beberapa alasan mengapa aku tak terlalu terburu-buru untuk menyelesaikan target renovasi. Di tengah-tengah renovasi, ada beberapa perubahan rencana dan desain, terpaksa deh diatur-atur lagi. Teras depan yang tadinya tidak masuk ke dalam daftar, ternyata perlu di renovasi sekalian, karena ketika hujan ternyata tampiasnya cukup parah. Selain itu, karena memang rumahnya tidak buru-buru aku tempati, jadilah kupikir lebih baik jika car portfurniture, dan kitchen set baru kubeli ketika akan ditempati saja.

📈 Investasi
Pencapaianku dalam target investasi tahun 2017 lalu cukup memuaskan. Pengerjaan renovasi rumah memerlukan dana yang tidak sedikit, dan bisa dibilang membengkak, namun aku masih bisa menyisihkan sebagian dana untuk investasi. Target menyisihkan 30% pemasukanku alhamdulillah tercapai. Namun demikian tahun 2017 bukan tahun yang baik untuk portofolio ku di saham. Alih-alih mencapai target, yang ada porto ku minus cukup dalam.

Minus tidak terlalu menjadi masalah untukku, karena kondisi seperti ini sudah pernah kualami di tahun-tahun sebelumnya dan pada akhirnya bisa berakhir positif. Yang penting adalah kesabaran dan tetap menjaga emosi positif agar tidak buru-buru cut loss. Selama dana yang digunakan adalah dana “dingin” alias tidak buru-buru untuk digunakan, menurutku tidak perlu panik jika portfolio minus.

📖 Membaca buku
Targetku untuk membaca buku non fiksi 1 bulan 1 buku bisa dibilang sudah tercapai. Walaupun waktuku untuk membaca bisa dibilang sangat terbatas (kebanyakan ketika dalam perjalanan pergi/pulang dari kantor), namun pada akhirnya bisa aku selesaikan. Walaupun secara kuantitatif tercapai, namun secara kualitatif aku merasa perlu perbaikan. Terutama dalam pemilihan buku yang hendak kubaca. Memang sih di awal-awal ketika aku membaca sebuah buku bisa diketahui apakah buku ini cukup worth untuk dibaca atau tidak. Namun, aku biasanya menyelesaikan apa yang sudah aku mulai, jadi walaupun kurang bagus akan tetap kubaca sampai selesai.

💡 Belajar hal baru
Untuk target ini, bisa dibilang tidak ada hal-hal baru yang kupelajari di tahun 2017 lalu. Cukup mengecewakan, namun aku berharap di tahun 2018 ini bisa kuperbaiki.

❤️ Kesehatan
Di tahun 2017 lalu, aku menargetkan untuk dapat menurunkan kolesterol ke level aman. Berdasarkan hasil medical check up terakhir, hasilnya masih belum memuaskan. Entah apakah memang hasilnya seperti itu atau lab nya yang ngaco. Berbagai upaya sudah aku lakukan, diantaranya adalah:
▫️ memperbanyak makan sayuran
▫️ mengurangi konsumsi gorengan yang nggak jelas (seperti gorengan-gorengan yang dijual di pinggir jalan)
▫️ mengurangi makanan yang berlemak dan mengandung santan
▫️ mengimbangi pola makan dengan olahraga

Melihat usaha yang aku lakukan, seharusnya sih sudah cukup baik hasilnya. Apalagi jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang seringkali makan makanan yang nggak jelas. Well, let’s see lah di tahun 2018 ini, dengan pola yang sama apakah hasilnya akan berbeda atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar