Rabu, Juli 13, 2016

Intellie Notes 2 aplikasi Penyimpan Catatan Serbaguna

Aplikasi Intellie Notes 2 saat ini telah menjadi salah satu aplikasi favoritku untuk menyimpan catatan-catatan sederhana di Macbook ku. Sebelumnya untuk menyimpan catatan yang kompleks, aku biasanya menggunakan aplikasi One Note yang tersedia dari paketan Microsoft Office. One Note aku akui sangat powerful karena bisa melakukan sinkronasi secara otomatis dengan perangkat lain seperti PC di Windows, maupun ke iPad ku. Namun demikian, aplikasi ini menurutku terlalu ‘berat’ jika hanya untuk menyimpan catatan-catatan sederhana seperti kode script ataupun teks yang tidak memerlukan formatting.


Sampai pada akhirnya aku menemukan aplikasi ini melalui review dari situs Makemac yang menginformasikan bahwa ada aplikasi penyimpan catatan dan sedang gratis. Pada saat itu yang kupikirkan adalah yang penting unduh dulu aplikasinya, mumpung gratis, masalah akan terpakai atau tidaknya urusan belakangan.

Setelah mencobanya, ternyata lumayan oke, dan aplikasi ini aku persepsikan jauh lebih ‘ringan’ dibandingkan dengan One Note. Secara fitur, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi Notes yang memang sudah bawaan dari OSX, namun demikian, aku merasa dari sisi tampilan, aplikasi ini lebih oke dibandingkan dengan Notes.

Fitur-fitur unggulan dari aplikasi Intellie Notes 2 ini antara lain:
  • Pembedaan kategori dari catatan berdasarkan warna dengan 6 pilihan warna. Jadi alih-alih membuat kategori seperti Personal atau Work, disini pengguna dapat mengelompokkan catatan pribadi mereka dengan warna biru, sementara catatan yang berkaitan dengan pekerjaan diberi warna ungu.
  • Fitur halaman/page. Satu catatan dapat memiliki banyak halaman dan dapat diberi judul yang berbeda-beda juga.
  • Jenis ukuran font dapat diatur per catatan
  • Sinkronisasi dengan perangkat OSX lain melalui iCloud. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk platform OSX, dan tidak tersedia di platform iOS.

Dengan fitur seperti diatas, Intellie Notes ini sudah cukup mumpuni untuk sekedar menyimpan catatan-catatan kecil seperti kode script, to-do-list, bahkan hingga catatan sementara yang disalin dari aplikasi lain untuk kemudian dipindahkan ke aplikasi yang lainnya. Anehnya.. saat ini aplikasi tersebut sudah menghilang dari App Store Indonesia. Sepertinya dari awal aplikasi ini tidak diperuntukkan untuk App Store Indonesia, dan mungkin ketika di awal rilis ada kesalahan setting jadi bisa diunduh di semua App Store.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar