Rabu, Mei 30, 2012

Dan Apple pun Tak Mengecewakanku

Beberapa waktu lalu aku melakukan pembelian melalui iTunes App Store, untuk membeli majalah National Geographic melalui Newsstand. Kesalahanku pada saat itu adalah, iPad yang aku gunakan dalam kondisi ter-jailbreak, dan ada tweak untuk In-App Purchase yang sedang aktif yang menyebabkan penggunanya bisa mem-bypass pembelian melalui aplikasi sehingga tidak tertagih di iTunes. Namun tentunya tweak semacam ini tidak akan bekerja untuk aplikasi semacam Newsstand. Akibatnya adalah edisi National Geographic yang ingin aku beli tidak bisa diunduh.

Menyadari kesalahanku, aku mencoba untuk menonaktifkan tweak In-App Purchase. Pada aplikasi National Geographic, status edisi majalah yang ingin aku beli sudah berubah menjadi 'Purchased' sehingga aku tidak bisa melakukan pembelian ulang. Hanya ada pilihan untuk melakukan pengunduhan, namun tentu saja selalu gagal. Namun demikian, ada pilihan untuk berlangganan, dan aku memilih pilihan tersebut. Pembelian ini pun sukses, setelah aku melakukan konfirmasi pembelian dengan memasukkan password Apple ID ku. Tetapi apa daya, edisi National Geographic yang aku inginkan tetap tidak bisa diunduh.

Aku pun mencoba untuk komplain melalui Customer Support National Geographic. Responku segera dibalas, namun sepertinya mereka tidak terlalu memahami permasalahannya dan hanya menyarankanku untuk melakukan restart iPad, dan beberapa perintah-perintah lain yang tidak masuk akal. Tentu saja restart hingga install ulang aplikasi Newsstand sudah aku lakukan dengan hasil yang nihil. Walaupun ak telah menginstall lang aplikasinya, status edisi majalah yang ingin aku unduh tidak berubah: 'Purchased'. Dari sini aku yakin bahwa ada ID unik untuk perangkat iPad yang aku gunakan. ID tersebut sepertinya disimpan di servernya National Geographic bersama dengan informasi pembelian edisi majalah yang aku inginkan. Artinya, sebenarnya secara teknis masalah ini ada di National Geographic, namun mereka tidak paham dengan inti permasalahannya dan malah menyarankanku untuk mengontak iTunes Customer Support.

Setelah berpikir bahwa National Geographic tidak akan bisa membantu menyelesaikan permasalahanku, aku pun mengontak iTunes Customer Support melalui email pada hari yang sama. Emailku baru dibalas pada tengah malam, menyesuaikan dengan perbedaan waktu. Yang membuatku cukup terkejut adalah, yang pertama dilakukan oleh Customer Support iTunes adalah me-refund pembelian yang telah aku lakukan. Baru kemudian menanyakan informasi yang lebih detail mengenai permasalahan yang aku hadapi. Walaupun aku tahu bahwa masalah ini bukan berasal dari Apple, namun sepertinya para Customer Support nya Apple telah dilatih untuk memberikan yang terbaik untuk pelanggannya. Memang, pada akhirnya komplainku ke Apple tidak menyelesaikan permasalahanku, namun paling nggak transaksiku sudah di-refund.

Setelah kejadian ini, aku merasa puas dengan apa yang telah diberikan Apple sebagai respon dari komplainku. Dengan pelayanan seperti ini, wajar jika tingkat kepuasan dan kepercayaan para pengguna Apple cukup tinggi. Memang, bisa kuakui harga produk Apple sedikit lebih mahal dibandingkan dengan produk dari vendor lain. Namun dengan pelayanan yang baik dan memuaskan seperti ini, kurasa para fans Apple tidak menyesal untuk mengeluarkan uang sedikit lebih banyak. Worth it lah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar