Selasa, Mei 08, 2012

Review Game: Kingdom Rush HD

Kingdom Rush adalah game strategi bergenre Tower Defense. Aplikasi ini tersedia di iTunes Store dengan harga $2,99. Sesuai namanya yang ada embel-embel HD nya, aplikasi ini hanya tersedia untuk iPad, karena memang untuk game bergenre TD paling nyaman untuk dimainkan pada perangkat yang memiliki layar besar.

Ada 4 macam tower yang dimiliki game ini. Ke-empat towernya bisa diupgrade ke level yang lebih tinggi sesuai dengan level permainannya. Pada level yang paling tinggi, ada dua spesialisasi dari masing-masing tower yang tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Setelah diupgrade ke level tower yang paling tinggi, pemain bisa menambah kemampuan towernya dengan fitur spesial yang hanya tersedia untuk tower tersebut.


Dengan lebih dari 40 macam musuh dengan kemampuan yang beda-beda, membuat permainan menjadi lebih menarik dan menantang. Level-level tertentu memiliki boss yang perilaku dan kemampuannya berbeda-beda. Seperti misalnya pada level yang boss nya memiliki kemampuan untuk membekukan tower yang kita miliki. Pemain harus melakukan tap pada tower yang beku untuk menghancurkan esnya.

Permainan ini juga memiliki 6 macam hero. 3 diantaranya dapat langsung dipilih, sementara 3 sisanya harus dibeli melalui In App Purchase dengan harga $0,99 untuk masing-masing hero nya. Fitur hero ini tergolong baru, dan baru muncul pada versi update terakhir yang dirilis akhir bulan April lalu bersamaan dengan penambahan level pada permainannya. Tidak seperti tower yang bisa diupgrade dengan koin, level hero akan meningkat sepanjang permainan. Semakin banyak musuh yang dikalahkan, semakin cepat levelnya naik. Hero bisa saja mati, tetapi akan hidup lagi setelah beberapa saat.

Kingdom Rush HD terhubung ke Game Center. Namun bukan skor yang ditampilkan, tetapi achievement yang diperoleh pemain. Terdapat lebih dari 50 achievement pada permainan ini. Beberapa diantaranya cukup sepele dan tidak berkaitan dengan alur permainannya, namun memerlukan kejelian pemain untuk memperolehnya. Seperti misalnya pada level tertentu, pemain bisa menangkap ikan, atau membebaskan prajurit yang tersembunyi di layar.

Masing-masing level memiliki 3 jenis tipe permainan: Campaign, Heroic, an Iron Challenge. Masing-masing tipe dapat dimainkan pada mode Easy dan Normal.
  • Tipe Campaign adalah tipe permainan normal. Musuh akan muncul dalam beberapa wave dari wave pertama hingga wave terakhir, level kesulitannya akan meningkat secara gradual.
  • Tipe Heroic memiliki 6 wave saja, lebih sedikit dari tipe Campaign. Tipe permainan ini jelas lebih menantang, karena walaupun jumlah wave na lebih sedikit, tingkat kesulitan musuhnya cukup tinggi. Pada tipe ini, pemain diberikan lebih banyak koin dibandingkan dengan tipe Campaign, sehingga pemain bisa segera mengatur strategi dalam penempatan tower-towernya.
  • Tipe Iron Challenge bisa dikatakan merupakan tipe permainan yang paling sulit dan paling menantang. Hanya ada 1 wave dalam tipe permainan ini, namun musuh yang diberikan jauh lebih banyak. Tantangan pada tipe ini adalah tidak semua tower bisa dipakai. Sehingga pemain harus bisa memikirkan strategi yang tepat dengan tower yang tersedia.
Sesuai dengan genrenya, tujuan utama dari permainan Tower Defense adalah tidak boleh membiarkan musuh melewati semua tower dan masuk ke base kita. Pada tipe Campaign, jumlah musuh maksimal yang diperbolehkan lolos adalah 20. Namun demikian beberapa jenis musuh ketika lolos bisa mengurangi hingga 5 poin. Untuk boss, jelas 20 poin. Karena kalau bos lolos, berarti game over kan. Nah, untuk tipe Heroic dan Iron Challenge, tidak diperbolehkan ada musuh yang lolos. Sangat menantang bukan? Jumlah maksimal star yang isa didapatkan pada tipe Campaign adalah 3 star tergantung berapa jumlah musuh yang lolos. Sementara kedua tipe sisanya maksimal 1 star. Sehingga total star yang bisa didapatkanuntuk satu level adalah 5 star. Star ini bisa digunakan untuk mengupgrade kemampuan tower yang dimiliki dan ketika pemain memiliki 15 star, bisa ditukar untuk mengaktifkan hero dalam permainan.

Bagi penggemar game bergenre Tower Defense, Kingdom Rush HD wajib untuk dimiliki. Gameplay nya dinamis dan menarik, terlebih lagi didukung dengan grafis yang bagus. Membuat game ini adiktif untuk dimainkan. Ratingnya di iTunes pun sempurna: 5 bintang, dan yang memberikan rating sudah lebih dari 10 ribu pengguna. Ditambah sekarang harganya sedang promo menjadi $0,99. Ayo buruan, segera dapatkan game ini sebelum harganya naik lagi.

2 komentar:

  1. keren gan gamenya, saya juga punya blog tentang game, silahkan klau mau berkunjung ke blog saya barang kali bisa tukar game, hehehe
    ini alamatnya gan Download Game PC Terbaru

    BalasHapus
  2. the game is very good, thank you about your review. I will play everyday. Play now to game
    123 games and
    run 3 cool math,
    game freecell123,
    jelly doods

    BalasHapus