Sabtu, Mei 06, 2017

Ulasan Wahoo ELEMNT

Beberapa waktu yang lalu aku membeli ELEMNT, perangkat bike computer keluaran Wahoo yang sudah dilengkapi dengan GPS. Sejauh ini, sebenarnya kebutuhanku untuk merekam aktivitas bersepedaku sudah cukup terakomodasi oleh aplikasi Cyclemeter + Strava. Sementara untuk dapat memonitor kecepatan, heart rate, dan cadence secara realtime, aku sudah cukup puas menggunakan RFLKT keluaran Wahoo juga. iPhone yang aku gunakan berfungsi sebagai bike computer nya, dan informasi nya akan ditampilkan melalui RFLKT.

Namun demikian godaan untuk memiliki ELEMNT sangatlah besar, apalagi di Bukalapak aku menemukan ada yang menjual barang ini dengan harga Rp4,5 juta saja. Beda tipis lah dari harga aslinya USD 329, dan pada umumnya ELEMNT dibanderol dengan harga diatas Rp 5 juta di Bukalapak, dan bahkan ada juga yang menjualnya di harga Rp 6 juta an. Salah satu kekurangan yang paling mendasar ketika menggunakan handphone sebagai bike computer adalah borosnya konsumsi baterai, terutama untuk aktivitas gowes yang memakan waktu cukup panjang. Selain itu untuk aktivitas gowes yang mengharuskanku untuk melihat rute dan arah secara rutin, terasa sangat merepotkan jika aku harus sering berhenti untuk melihat peta di handphone. Kedua hal ini menurutku sudah cukup menjustifikasiku untuk membeli perangkat ini. 😁


Karena sebelumnya aku belum pernah memiliki GPS bike computer lain seperti Garmin Edge, jadi agak susah untuk komparasinya apakah produk ini sebenarnya lebih baik. Namun berhubung sejauh aku sudah menggunakan produk Wahoo untuk sensor sepedaku dan tidak mengalami kendala yang berarti, aku putuskan untuk memilih Wahoo ELEMNT. Paling nggak jika aku menggunakan produk dari manufaktur yang sama, integrasinya akan lebih mudah.

Beberapa hal yang aku sukai dari Wahoo ELEMNT ini diantaranya:
Set up yang mudah
Wahoo menyediakan Companion App yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini selanjutnya digunakan untuk men-set up perangkat ELEMNT. Penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah dan user friendly. Setelah proses pairing iPhone dan perangkat ELEMNT dilakukan, pengguna dapat langsung menambahkan sensor, setting WiFi, meng-upgrade firmware, integrasi dengan layanan pihak ke-3 seperti integrasi dengan Dropbox, Strava, Health, dan lain sebagainya. Setelah proses setup ini selesai, ELEMNT dapat langsung digunakan dan bahkan tanpa perlu terhubung dengan handphone.

Indikator Led
ELEMNT memiliki indikator LED di sebelah kiri yang dapat diatur untuk merepresentasikan zona kecepatan, heart rate, maupun power pada saat kita sedang beraktivitas. Menurutku ini cukup membantu untuk dapat melihat secara sekilas zona dari metrik yang ingin kita monitor secara cepat tanpa perlu melihat detail angka-angkanya.

Integrasi dengan Strava
Karena aku adalah pengguna Strava, fitur ini menjadi salah satu fitur yang cukup penting buatku. Ketika ELEMNT diintegrasikan dengan Strava, otomatis rute yang telah kita simpan di Strava akan muncul pada daftar rute yang dapat dipilih pada perangkat. Selain itu ELEMNT juga mendukung fitur Live Segment, dimana ketika pengguna akan melewati segmen favoritnya, akan muncul notifikasi pada perangkat ini. Akan ditampilkan informasi Personal Record (PR) kita pada segmen tersebut, dan posisi kita pada saat itu, apakah berada di depan atau di belakang waktu PR.

Upload aktivitas secara otomatis ke aplikasi pihak ketiga
Begitu sebuah aktivitas selesai dilakukan, ELEMNT dapat secara otomatis meng-upload aktivitas tersebut ke aplikasi pihak ketiga seperti Dropbox, Strava, dan lain-lainnya. Jika pada saat itu ELEMNT terkoneksi dengan handphone, maka proses upload nya akan dilakukan melalui handphone. Namun jika tidak, proses upload akan dilakukan jika ELEMNT terhubung dengan internet melalui WiFi yang sudah dikonfigurasikan sebelumnya.

Bye-bye Handphone
Kini, aku tak perlu khawatir baterai handphone ku akan cepat habis ketika melakukan aktivitas gowes dengan waktu yang relatif lama. Terlebih lagi untuk melalui rute yang telah ditentukan, nggak perlu sering-sering berhenti untuk mengecek GPS apakah aku sudah berada di jalur yang benar.

Metrik yang dapat diatur
ELEMNT memiliki banyak sekali pilihan metrik yang dapat ditampilkan. Selain itu prioritasnya pun dapat dipilih. Prioritas metrik ini akan berpengaruh ketika pengguna melakukan zoom in/zoom out pada halaman tertentu. Ketika pengguna melakukan zoom in, jumlah metrik yang ditampilkan berkurang: metrik dengan prioritas yang lebih rendah tidak akan ditampilkan. Dalam satu halaman, perangkat ini dapat menampilkan hingga 11 metrik. Jika dirasa kurang, pengguna dapat membuat halaman baru yang berisi metrik lain yang lebih spesifik.

Namun demikian, masih ada beberapa hal dari produk ini yang kurasa masih kurang, dan mungkin kedepannya bisa diperbaiki:
  • Perpindahan dari satu halaman ke halaman yang lain hanya berlaku satu arah, dengan melalui 1 tombol “Next”. Jadi jika misalnya ada 4 halaman yang menampilkan metrik yang berbeda-beda, maka urutannya hanya bisa seperti ini 1 -> 2 -> 3 -> 4 ->1 -> dst. Dari halaman 4 jika ingin kembali ke halaman 3 harus menekan tombol “Next” 3 kali. Kebayang kan jika halaman yang ingin ditampilkannya lumayan banyak.
  • Issue integrasi aplikasi Companion ELEMNT dengan aplikasi Health bawaan dari Apple. Ketika sebuah aktivitas di-unggah ke aplikasi Health, data Heart Rate yang sudah terekam sebelumnya tidak tersimpan seluruhnya di aplikasi Health. Perihal issue ini sudah kusampaikan ke Wahoo Support nya, namun tanggapannya menurutku kurang memuaskan. Semoga saja kekurangan ini bisa diperbaiki di updateaplikasi yang berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar