Senin, November 25, 2013

#iOS7 Tips & Trik - Memblokir Panggilan & Pesan

Pengguna iOS7 kini bisa memblok panggilan dan pesan yang masuk ke iPhone. Panggilan dan pesan ini termasuk panggilan biasa, panggilan melalui fitur FaceTime, SMS, maupun pesan iMessage. Ada beberapa cara untuk melakukan blokir tersebut:
Melalui Settings
Pengguna dapat melakukan blokir melalui menu Phone, Messages, atau FaceTime pada menu Settings seperti tampak pada gambar dibawah. Untuk menambahkan daftar kontak ke dalam blacklist, tap opsi Blocked->Add New.



Melalui cara ini, nomor telepon yang ingin diblokir harus sudah terdaftar pada kontak. Pengguna tidak bisa memasukkan nomor telepon secara langsung.
Melalui aplikasi Phone
Pengguna dapat melakukan blokir kontak yang ada pada tab Favorites, Recents, maupun Contacts.
Untuk memblokir kontak pada tab Favorites atau Recents, tap icon informasi yang ada pada sebelah kanan kontak. Selanjutnya tap opsi Block this Caller->Block Contact.
Untuk memblokir kontak pada tab Contacts, pilih salah satu kontak yang ingin diblok. Selanjutnya tap opsi Block this Caller->Block Contact.
Kekurangan
Fitur blokir yang ditambahkan pada iOS7 ini menurutku sangat simpel. Pengguna hanya perlu menambahkan kontak yang ingin diblokir, dan voila, kontak tersebut tidak akan lagi bisa menghubungi nomor anda. Namun demikian, tentunya ada beberapa kekurangan khususnya untuk pengguna yang mengharapkan fitur yang lebih kompleks. Kekurangan-kekurangan itu diantaranya adalah:
  • Tidak bisa mengatur apakah kontak hanya ingin diblok panggilannya saja atau pesan SMS nya saja. Tentunya ada sebagian orang yang tidak ingin di hubungi via telepon, dan hanya ingin dihubungi via SMS saja. Fitur blokir pada iOS7 tidak memiliki kapabilitas ini.
  • Tidak bisa menambahkan nomor secara langsung ke dalam blacklist. Nomor harus sudah terdaftar sebagai kontak atau ada pada daftar panggilan terakhir (recents call)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar