Senin, November 25, 2013

#iOS7 Tips & Trik - Mematikan Efek Parallax & Animasi

Parallax merupakan sebuah fitur baru yang dihadirkan Apple pada iOS7. Dengan fitur ini, tampilan antarmuka iOS7 khususnya pada home screen dan lock screen seolah-olah memiliki beberapa layer dan menimbulkan persepsi kedalaman (3D). Efek dapat dilihat ketika perangkat iOS digerakkan. Latar dan icon-icon pada home screen akan bergerak dinamis mengikuti gerakan perangkat iOS. Selain efek parallax, iOS7 juga menyertakan fitur animasi yang bisa terlihat ketika pengguna membuka aplikasi, menutup aplikasi, membuka lock screen, membuka folder pada home screen, dan lain sebagainya.
Namun demikian, bagi sebagian orang, fitur ini dirasa cukup mengganggu. Bahkan ada laporan efek parallax membuat sebagian pengguna iOS7 pusing dan mual-mual. Menurutku sendiri, efek parallax cukup unik karena memberikan persepsi yang berbeda pada iPhone yang aku gunakan. Namun demikian, disisi yang lain, efek animasi pada iOS7 menurutku sedikit mengganggu. Ada jeda beberapa saat ketika aku membuka folder, membuka lock screen, dan melakukan hal-hal lain yang akan mengaktifkan efek animasi. Ketika Anda sering melakukan hal-hal tersebut, efek animasi terasa dan memperlambat produktivitas dalam menggunakan perangkat iOS7.
Untuk mematikan efek Parallax dan animasi, dapat dilakukan melalui Settings->General->Accessibility dan mematikan opsi Reduce Motion. Sayangnya, efek parallax dan efek animasi ini adalah satu kesatuan. Sehingga pilihan Anda adalah mengaktifkan kedua fitur tersebut, atau tidak menggunakannya sama sekali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar