Minggu, Desember 09, 2012

Memanfaatkan Fitur Home Sharing

Home Sharing adalah fitur yang yang tersedia pada iTunes yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi library iTunes pada PC/Mac ke PC/Mac maupun iDevice yang lain seperti iPad, iPhone, iPod Touch, bahkan Apple TV. Konsepnya sangat sederhana, jika fitur ini diaktifkan pada iTunes di PC/Mac, maka semua perangkat lain yang telah disebutkan sebelumnya dapat memainkan musik, video, podcast, dan konten-konten lainnya yang tersimpan pada library iTunes PC/Mac tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini, semua perangkat yang terhubung harus menggunakan Apple ID yang sama. Ya, Apple membatasi hanya 5 device yang bisa mengaktifkan fitur ini, namum sepertinya perangkat yang bisa memainkan library-nya tidak dibatasi. Selain itu fitur ini hanya berlaku pada jaringan yang sama. Jadi pastikan perangkat iDevice Anda saling terhubung dalam satu jaringan.
Berikut adalah langkah-langkah untuk memanfaatkan fitur Home Sharing ini:
  1. Buka aplikasi iTunes
  2. Masuk menu Preferences iTunes. Pada Mac, menu ini dapat diakses melalui iTunes -> Preferences. Sementara pada PC menu ini dapat diakses pada Edit -> Preferences.
  3. Buka Tab Sharing pada jendela Preferences.
  4. Aktifkan Check Box "Share my library on my local network". Untuk mengubah nama library iTunes yang akan muncul pada perangkat lain, bisa diatur pada tab General.
  5. Selanjutnya adalah konfigurasi pada perangkat iDevice yang lain. Dalam kasus ini, contoh yang akan digunakan adalah iPhone.
  6. Buka Settings -> Music atau Settings -> Videos.
  7. Pada bagian bawah layar terdapat opsi untuk Home Sharing.
  8. Masukkan Apple ID dan password Anda. Apple ID yang dimasukkan harus sama dengan Apple ID yang digunakan pada PC/Mac.
  9. Buka aplikasi Music atau Videos pada iPhone Anda.
  10. Nama library PC/Mac Anda akan ditampilkan dan Anda bisa melakukan streaming konten-konten pada PC/Mac.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar