Selasa, Februari 15, 2011

Video Converter untuk Blackberry


Blackberry pada dasarnya merupakan perangkat yang digunakan agar penggunanya senantiasa selalu online dan tentunya untuk mendukung pekerjaan. Namun demikian bukan berarti perangkat ini tidak memiliki fitur-fitur hiburan yang salah satunya adalah untuk menonton video. Menonton video tidak harus dilakukan di PC atau di laptop, karena saat ini sudah banyak gadget yang memiliki resolusi yang cukup untuk mendukung hal tersebut. Sayang sekali bukan jika Blackberry yang kita miliki hanya digunakan untuk chatting, membuka email, online di twitter dan FB. Padahal fitur-fitur multimedianya juga tak kalah menarik.

Layar perangkat Blackberry saat ini, rata-rata memiliki resolusi sebesar 240 x 320 pixel atau 360 x 480 pixel. Sementara itu file-file video yang beredar saat ini memiliki resolusi yang lebih tinggi karena memang ditujukan untuk dinikmati di PC atau laptop. Semakin besar resolusi videonya, semakin besar pula ukuran filenya. Sementara kapasitas perangkat Blackberry yang kita miliki terbatas pada ukuran memory card yang terpasang. Untuk itulah diperlukan sebuah converter untuk file-file video tersebut agar resolusi maupun ukurannya pas untuk disimpan di Blackberry.

Ada beberapa aplikasi converter yang bisa digunakan. Dari beberapa itu, yang aku gunakan adalah WinMEnc yang sampai saat ini versi terakhirnya adalah 0.81 beta. Pada dasarnya, aplikasi ini menggunakan mencoder, sebuah aplikasi command line yang digunakan untuk encoding dan decoding video, dan juga bisa digunakan untuk mengkonversi format-format video menggunakan codecs yang berbeda. Karena itulah, aplikasi WinMEnc ini bisa mengkonversi file video ke banyak format, yang salah satunya adalah format yang bisa dibaca di Blackberry. List lengkap mengenai format video yang bisa dibaca oleh Blackberry dapat dilihat melalui tautan ini.


Cara menggunakan aplikasi WinMEnc ini sangat mudah. Pengguna hanya perlu memilih file-file video yang akan dikonversi, memilih direktori untuk menyimpan video hasil konversi, memilih codec yang digunakan untuk video dan audionya termasuk bitrate dan resolusi video yang diinginkan. Terlebih lagi, aplikasi WinMEnc ini memungkinkan penggunanya untuk meng-embed subtitle ke dalam video hasil konversinya. Sejauh yang aku tahu, Blackberry tidak bisa membaca subtitle dari file external (yang biasanya memiliki ekstensi *.srt atau *.sub). Tentunya fitur ini sangat berguna ketika film yang ingin kita tonton menggunakan bahasa yang tidak kita kenal seperti Korea atau Jepang (ehmmm).

Pengguna juga bisa menyimpan konfigurasi-konfigurasi yang telah dibuat (seperti codec video dan audio, bitrate, resolusi, jenis subtitle, dan lain sebagainya) agar kedepannya tidak perlu melakukan seting ulang. Selain itu, aplikasi ini juga sudah menyimpan beberapa pre-defined profile konfigurasi seperti untuk format iPhone, iPod, Nokia, dan lain-lain. Jadi jika penggunanya memiliki gadget lain dan ingin menonton video disitu, tinggal memilih saja profile yang sesuai untuk gadgetnya, lalu tinggal di convert deh.

Aplikasi WinMEnc diatas bisa diunduh di: http://winmenc.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar