Rabu, Februari 09, 2011

Selamat Tinggal Mobo Lama

Akhirnya masa kerja Mobo lama ASUS P5WD2 Premium yang sudah menemaniku dari jaman kuliah berakhir sudah. Alasannya kalau bukan rusak ya apa lagi. Sebenernya sih dibilang rusak juga nggak, karena masih bisa dipakai. Hanya masalahnya PC nya hanya mau di boot kalau jumper Clear RTC CMOS nya diset yang artinya semua setingan akan kembali ke setingan default tiap kali PC dinyalakan. Terlebih lagi, setingan jumpernya mesti dibalikin ke awal kalau mau dipake. Masa iya tiap kali mau make mesti bongkar casing, seting jumpernya, pasang casing, lalu baru bisa nyala.

Yang bikin nyesek adalah motherboard penggantinya, yang kelasnya jauh dibawah mobo lamaku itu. Walaupun merk masih sama-sama ASUS, harga ga bisa bohong. Dengan harga sekitar 500 ribu, sudah bisa dapet mobo ASUS P5KPL-AM SE yang mengunakan socket LGA 775 yang support Intel Pentium kelas jebot sampai Intel Core 2 Quad. Sayang aja, prosesor lamaku masih Pentium D, prosesor Intel pertama yang menggunakan 2 Core yang tentunya udah ketinggalan jaman banget.

Dengan fitur yang minimalis: slot memori hanya ada 2, slot SATA juga cuma 2, dan nggak ada embel-embel eSata atau Firewire, dengan harga 500 ribu sebenernya udah lumayan cukup. Kalo dipikir-pikir banyak mobo2 sekarang yang ngasih slot SATA sampe 6, slot memori sampe 4 atau 6 tapi nggak kepake semua: mubazir. Serba salah juga, mau beli PC baru sekalian, tapi kok belum terlalu butuh, tapi ini mobo kalo nggak diganti malah sayang PC nya mubazir. Sebatas dipake buat ngetik, internetan, atau main game-game ringan sih masih cukup.

Hebatnya lagi ini mobo udah support Windows 7. Bahkan ga perlu sama sekali install driver yang ada di CD bawaannya, semua drivernya langsung dikenali bahkan sampai graphic card internalnya pun otomatis dikenali. Tetep aja masih nyesek, masih ga bisa terima kalo mobo lama udah rusak alias udah ga bisa dipake lagi :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar