Minggu, Desember 12, 2010

Outing PLM Telkomsel ke Sukabumi

Setelah setahun bekerja keras ditambah dengan workshop yang melelahkan seminggu sebelumnya, anak-anak PLM diberi 1 hari free untuk outing. Bedanya dengan outing tahun lalu, yang sekarang free alias gratisan karena ada sponsornya: rekan-rekan yang baru dapet promosi tahun pada 2010 ini. Konon katanya sih sebagai syukuran, tapi kok malah banyak diantara mereka yang nggak dateng :(

Target acara kali ini adalah rafting di sungai Cicatih Sukabumi. Dimulai dengan kumpul di kantor jam setengah 7 pagi pada hari Jumat. Jam 7:30 perjalanan ke Sukabumi pun dimulai. Sebenarnya jarak tempuhnya nggak jauh-jauh amat, namun karena di rute Ciawi-Sukabum ini banyak pasar, dan ditambah lagi jalannya tidak terlalu lebar, perjalanannya memakan waktu yang lumayan lama. Sampai di tujuan jam 11:30 yang langsung dilanjutkan dengan sholat Jumat.

Setelah makan siang, acaranya dilanjutkan dengan pembagian kelompok. Masing-masing kelompok diberi tugas yang sama: meng-explore daerah sekitar yang kemudian diabadikan ke dalam foto. Dari mulai lokasi di penginapannya sampai foto-foto bersama pak RT dan ibu-ibu pengajian di sekitar lokasi. Bahkan yang lebih nggak penting lagi, disuruh memetik kelapa milik pak RT. Ckckck.. Walaupun menurutku format acaranya agak-agak aneh, tetapi unik. Hasilnya baru terlihat setelah foto-foto dari seluruh kelompok dikumpulkan. Lumayan, jadi kenangan yang mungkin nggak bakalan bisa didapatkan kalau datengnya nggak rame-rame seperti ini. Acara selesai sekitar jam 4. Dan setelah itu sampai makan malam tidak ada acara apapun. Beberapa peserta memilih untuk istirahat, beberapa mengobrol di cottage, dan beberapa memilih untuk bermain bola.

Acara setelah makan malamnya menurutku nggak terlalu menarik. Mungkin bagi sebagian orang yang menyukai keramaian, bakalan betah. Acaranya adalah review foto-foto dari acara sebelumnya, yang dilanjut dengan kompetisi joged dan acara-acara lain hingga malam hari. Beberapa orang yang kurang menikmati acara tersebut memisahkan diri dan bermain kartu. Yeah apapun acaranya selama ada kartu gapleh dan remi, masalah terselesaikan. Terbukti karena bermain kartu, acara api unggun bisa di skip. Padahal panitia sudah menyiapkan kayu bakar dan bahkan dari makan malam sudah dibakar tuh kayunya. Mubazir dah.

Keesokan harinya, acara rafting dimulai dari jam 8. Berhubung debit airnya diatas normal karena curah hujan yang lumayan tinggi, rute rafting dimulai dari dekat lokasi penginapan. Dengan rute sepanjang 9 km, ditempuh dalam waktu kurang dari 2 jam. Itu juga setelah dipotong untuk istirahat dengan minum air kelapa di tengah-tengah acara. Menurutku rutenya kurang 'menantang'. Terakhir waktu aku rafting, kebetulan dapat rute yang startnya lebih ke arah hulu dan berakhir di daerah sebelum penginapannya. Rutenya sepanjang 12 km dan ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam. Rute ini lebih menantang dan lebih lama, jadi lebih berasa..

Tapi, ini belum berasa apa-apa. Yang lebih parah adalah perjalanan pulangnya. Jam 1 seluruh peserta meninggalkan lokasi penginapan. Perjalanan dari lokasi hingga masuk tol Ciawi memerlukan waktu sekitar 6 jam. Benar-benar gilaaa. Walaupun sempat berhenti untuk istirahat dan sholat maghrib, tapi kemacetan di jalur Sukabumi Ciawi ini benar-benar mengerikan. Kalau dilihat di peta, jarak lokasi penginapan ke Ciawi dan dari Ciawi sampai ke Jakarta bisa diasumsikan sama. Tetapi jarak tempuhnya 5 kali lipat lebih lama.

Kalau mau menghitung acara ini worth it atau nggak, hasilnya adalah relatif. Jika dilihat dari unsur kebersamaannya, oke lah. Tetapi perjalanan sepanjang lebih dari 10 jam untuk pulang pergi dan untuk mengikuti acara rafting dengan rute yang kurang menantang, kayaknya patut dipertimbangkan lagi. Yah, mungkin lain kali kalau mau ada acara seperti ini lagi, bisa dipilih lokasi yang lebih strategis dan nggak bikin nangis di jalan seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar