Rabu, Januari 20, 2010

Mengganti Logon Screen pada Windows 7

Kemarin nggak sengaja menemukan artikel yang berisi cara untuk mengganti Logon Screen pada Windows 7. Caranya ternyata cukup mudah, sudah ada aplikasi kecil yang bernama Tweak.com Logon Changer for Windows 7 yang dapat diunduh melalui link ini.

Cara pemakaiannya cukup mudah, tinggal klik tombol Change Logon Screen lalu pilih file gambar yang diiginkan untuk dijadikan background. Untuk mengembalikan Logon Screen ke setingan default, tinggal klik Revert Default Logon Screen.

Bagi yang penasaran mengenai detail caranya, perubahan Logon Screen ini bisa dilakukan dengan mengubah nilai pada registry. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Buka Registry Editor. Start Menu -> ketik regedit. Jendela Registry Editor akan terbuka.
  2. Masuk ke entry: Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Authentication\LogonUI\Background
  3. Periksa apakah ada entry OEMBackground dengan tipe DWORD (32 bit). Jika tidak ada, buat entrynya, dan masukkan nilai 1.
  4. Buka Windows Explorer. Masuk ke folder Windows\system32\oobe\.
  5. Tambahkan folder info jika belum ada. Masuk ke folder info tersebut dan tambahkan folder baru yang bernama backgrounds jika belum ada.
  6. Terakhir, salin file gambar yang diinginkan ke dalam folder ini (Windows\system32\oobe\info\backgrounds) dan ganti namanya menjadi backgroundDefault.jpg (harus dalam format jpg). Pastikan bahwa ukuran file dibawah 245 KB. Jika ukuran masih terlalu besar, gunakan aplikasi editor gambar untuk me-resize ukuran file gambar tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar