Rabu, Januari 13, 2010

God Mode pada Windows 7

Baru mendengar adanya istilah GodMode di Windows 7 beberapa hari yang lalu dari sebuah situs berita. Karena penasaran, mencoba googling dan menemukan beberapa link yang isi penjelasannya sih sama saja. Dengan membuat folder dengan nama GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C} di mana saja, maka alih-alih folder biasa yang muncul, namun muncul sebuah folder dengan icon Control Panel. Jika dilihat didalamnya, terdapat lebih dari 200 shortcut untuk mengatur setingan-setingan Windows layaknya fungsi Control Panel.

Kurasa GodMode ini hanyalah tampilan Control Panel yang dibuat lebih detail saja, dengan menampilkan semua fungsi yang ada pada satu aplikasi. Sebagai contohnya, pada Control Panel ada aplikasi yang bernama User Accounts, maka pada folder GodMode ini akan ditampilkan 13 fungsi yang terkait dengan User Accounts: Membuat/menghapus account tertentu, mengganti profile picture account yang aktif, mengganti password account, membuat disk untuk me-reset password, membuat account administrator, dst.




Yang menjadi pertanyaanku adalah, mengapa namanya GodMode yah? Beberapa sumber mengatakan karena nama foldernya diawali dengan GodMode dan memiliki ekstensi {ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}. Setelah aku coba, nama foldernya tidak harus diawali dengan GodMode, yang penting ekstensinya {ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}, maka icon foldernya akan berubah menjadi icon Control Panel. Jadi penasaran, siapa yah orang yang menemukannya pertama kali dan iseng-iseng memberi nama GodMode? Konon trik ini juga bisa digunakan pada Windows Vista, namun pada versi 64 bit, selalu crash (untung bukan pengguna Vista).

Namun demikian, kurasa trik ini cocok untuk pengguna awam yang baru menggunakan Windows 7 dan bingung untuk mengatur berbagai macam konfigurasi yang disediakan. Terutama jika penggunanya sebelumnya menggunakan Windows XP atau Vista dimana konfigurasi pada Control Panel nya masih tidak sebanyak Windows 7.  Daripada mencoba satu persatu aplikasi di Control Panel untuk mencari fungsi yang diinginkan, mending sekalian diberikan list fungsinya sekalian. Jadi bisa sekalian belajar deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar