Jumat, Juni 11, 2010

Nokia E71 versus BB Curve 8520

Berikut adalah perbandingan singkat yang aku rasakan sebagai pengguna kedua gadget tersebut. Tentu saja pendapatku bersifat subjektif,tapi semoga berguna untuk mereka yang sedang mencari referensi untuk membeli smartphone tersebut. Ok, here we go.. ^-^

1. E71 sudah menggunakan teknologi 3G dan dapat berfungsi sebagai modem pd PC/laptop. Sdangkan Curve 8520 (Gemini) masih 2G. Dari segi kecepatan akses 3G memang unggul,tapi dari segi stabilitas 2G lebih baik. Gemini selain dilengkapi wi fi dan bluetooth,juga dilengkapi dengan jaringan tersendiri sehingga pengguna dapat melakukan chatting dan selalu terhubung dgn BBM. Adapun E71, konektivitasnya terbatas pd wi fi, gigi biru (bluetooth) dan infra merah saja.

Penggunaan bluetooth E71 juga jauh lebih mudah ketimbang Gemini. Tidak banyak orang yang tau cara menggunakan bluetooth pada Gemini karena terdiri dari beberapa langkah dan melibatkan pengaturan setting pada icon yang berbeda. Belum lagi masalah enkripsi saat pengiriman datanya. Hal ini dapat saya katakan menjadi kelemahan dari Gemini.

2. Keypad E71 jauh lebih empuk dan nyaman dibanding keypad Gemini. Namun E71 tidak dilengkapi dengan trackpad yang berfungsi sebagai pengganti mouse seperti Gemini. Ketika chatting, tentu saja E71 lbh ergonomis dibanding Gemini. Hal ini disebabkan kedua tombol untuk mengirim hasil tulisan yakni tombol enter dan navi key (yang terletak tepat di bawah layar di bagian tengah) berfungsi cukup dgn 1x tekan. Sayangnya pd Gemini, hanya tombol enter saja yang berfungsi 1x tekan. Sedangkan tombol main key harus ditekan 2x. Blm lagi tombol enter pada Gemini letaknya terlalu bawah, sehingga pengguna harus menggeser posisi tangan agar jempol pas menekannya. Jika tidak, pengguna pasti keliru menekan tombol dan seringkali menekan tombol yang salah (yakni tombol '$' yg berada tepat disebelah kanannya, atau tombol 'z' dengan 'alt').

3. Dari segi user interface, memang domain subjektif karena ada orang yang lebih suka kesederhanaan daripada kompleksitas. IMHO, tampilan akses pengguna lebih berwarna dan bervariasi pada E71. Icon menu juga lebih tersebar. Sedangkan pada Gemini, tampilan default lebih sederhana dan tidak kaya warna. Menu pun juga cenderung menyatu dalam satu icon sehingga memudahkan pengguna dalam mengatur setting yang diinginkan. Waktu restart Gemini yang 5 menit sendiri, cukup menguji kesabaran pengguna bila dibandingkan dengan E71.

4. Masalah long life battery, saya harus jujur memilih E71 untuk keunggulan. Setidaknya meski dipakai sesering mgkn untuk akses inet, baterai E71 tidak lebih cepat habis dibandingkab Gemini (yang hampir tiap hari harus di charge selalu).

5. Untuk multimedia, dari segi kualitas hasil yang ditampilkan, Gemini lebih baik dibandingkan E71. Entah itu untuk memutar video maupun musik. Tapi, E71 unggul dikamera, karena pixelnya sdh mencapai 3,1 dibanding Gemini yg msh 2 MP. E71 sdh dilengkapi dengan radio, sedang Gemini tidak. Untuk membaca e-Book tampilan Gemini jauh lebih enak dibandingkan E71.

6. Selanjutnya cashing ato kemasan, ini juga domain subjektif. Tapi menurut saya, cashing E71 lebih lux ketimbang Gemini yg lebih banyak diminasi karet dan plastik. Perpaduan warna cashing yang ditawarkan juga lebih menarik dibandingkan Gemini. Sayang E71 tidak dilengkapi dengan colorful breathing light sperti Gemini, penempatannya pun ada pada navi key bukan di atas layar.

7. Dari segi harga, Gemini saat ini harga jualnya masih berkutat di 2,6jt. Sedangkan E71 sudah turun di level 2,7 jutaan :)

8. Gemini blm dilengkapi dgb GPS seperti halnya tipe BB yg lain. Namun E71 sudah.

Last, my appreciation is dedicated to my husband-to-be yg membuat diriku dapat menganalisis perihal2 tersebut ^-^. Sekali lagi penilaian dapat berbeda pada tiap individu, dan hal tersebut di atas murni pendapat saya pribadi. Jika ada yg ingin ditambahkan atau ditanyakan, dipersilahkan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar