Monday, June 22, 2009

Pidgin Bermasalah ketika Login ke Yahoo

Beberapa hari terakhir ini aku mengalami masalah ketika login ke Yahoo menggunakan Pidgin. Tadinya aku pikir Yahoo nya sendiri yang sedang bermasalah, tetapi aplikasi Yahoo Messenger yang aku gunakan di Windows tidak ada masalah sama sekali. Sementara Pidgin yang aku gunakan di Ubuntu tak mau login.

Setelah googling sana sini, akhirnya menemukan penjelasan yang sangat membantu dari link ini: http://www.celticwolf.com/useful-information/faqs/26-pidgin-yahoo. Yahoo tampaknya sedang melakukan upgrade pada beberapa servernya yang memerlukan metode autentikasi baru. Metode autentikasi ini konon akan didukung di Pidgin versi 2.6.0, yang belum di-release, sementara versi yang aku gunakan di Ubuntu adalah versi 2.5.5.

Pidgin menggunakan domain "scs.msg.yahoo.com" sebagai Pager Server default, dimana domain tersebut di-mapping ke banyak server dibelakangnya. Beberapa server tersebut telah diupgrade, sehingga bisa jadi sesekali waktu proses loginnya berhasil, dan di waktu yang lain gagal (kasus sekarang sih gagal terus, nggak pernah berhasil). Berdasarkan artikel tersebut, solusinya adalah dengan mengganti alamat Pager Server menjadi: cs101.msg.mud.yahoo.com atau 66.163.181.172. Aku mencoba yang pertama dan ternyata bisa.

7 comments:

joolean said...

pantesan gue gagal melulu konek lewat pidgin -__-'

mahli said...

kalo mau lancar, upgrade ke 2.5.7.

Penikmat Buku said...

hoooo...pantesan, gak bisa pidginnya. aku sih jadi pindah ke trillian :D

Siti Mawaddah (tya) said...

hehe kenapa gw gk baca blog ini dari awal ya...

nisbroth said...

setiap kali menambah teman, kontak teman saya yg sdh ditambahkan itu menampilkan status 'not on server list'. sudah dicoba remove, lalu di add ulang, beberapa berhasil jd normal. tapi yang lainnya masih seperti itu.

semua kontak yg 'not on server list' itu bisa mengobrol sama saya. tapi saya jadi gak tahu mereka sedang online atau offline :( bisa tolong bantu gaak.. diapain ya mas. thanks before

luceline chandra said...

YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...

luceline chandra said...

YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...