Tuesday, April 14, 2009

Sang Penyihir Dari Portobello

Baru beli bukunya beberapa hari yang lalu di Gramedia. Niatnya sih sebelumnya mau pesen online aja, tapi nanggung. Berhubung beberapa hari ini libur, jadi ada kesempatan untuk segera menyelesaikan bukunya.

Buku ini menceritakan kisah hidup tentang Athena, seorang wanita anak seorang gipsi yang dilahirkan di Transylvania yang kemudian diadopsi oleh pasangan yang berasal dari Lebanon. Yang menarik adalah kisah hidup Athena yang merupakan inti dari novel ini, diceritakan dari sudut pandang orang ketiga, orang-orang yang pernah berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengannya: ibu angkatnya, suaminya (dan mantan suaminya), jurnalis, pendeta, alhi kaligrafi, sejarawan, aktris, hingga numerologis. Dan semuanya disusun secara kronologis kecuali di bagian awal bukunya, karena bukunya diawali dengan kisah kematiannya. Menjadikannya semacam biografi namun fiksi tentunya.

Dalam perjalananan ceritanya Athena selalu berusaha menjati jati dirinya. Mencari jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari dalam diri manusia. Dia mencari sesuatu yang hilang dari hidupnya, yaitu apa yang dia sebut sebagai 'ruang kosong'. Pencariannya ini menuntunnya untuk menjadi seorang pemimpin spiritual yang kontroversial di Portobello.

Novel ini menurutku cukup inspiring, mengajari banyak hal berkaitan dengan cinta, identitas, perubahan, dan sudut pandang. Semua yang ada di dalam hidup ini akan tampak berbeda jika mencoba memandangnya dari sudut pandang dan perspektif yang lain, seperti halnya bagaimana karakter Athena yang digambarkan dari sudut pandang orang-orang sekitarnya.

Walaupun demikian, seperti novel-novel Paulo Coelho yang lain, dimana sarat dengan hal-hal yang berbau spiritual, aku merasa banyak pertentangan-pertentangan ketika membaca novel ini, terutama yang berkaitan dengan keyakinan yang aku anut. Memang inspiring sih jika bisa mengambil pesan moralnya, tapi dibumbui dengan hal-hal yang agak-agak klenik dan kontrovesial. Ini nih yang nggak kusuka dari novel-novelnya dia. Yah, mungkin sisi positif yang bisa aku ambil adalah tak ada salahnya juga mengetahui, hitung-hitung menambah pengalaman. Asal jangan ikut-ikutan aja.

3 comments:

Anonymous said...

Thanks for the spoilers :). Now I understand pieces that I collect when I sneak-peaking inside the book :p

luceline chandra said...

YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...

luna loren said...

YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...