Saturday, April 11, 2009

Ayat-ayat Semesta: Sisi-sisi Al-Quran yang Terlupakan

Berawal dari melihat secara tak sengaja buku tersebut di rumah, dan kebetulan ada salah seorang temanku yang sudah membaca dan merekomendasikan buku ini, akhirnya aku putuskan untuk membacanya. Tadinya buku ini masuk prioritas terakhir, berhubung masih ada beberapa buku yang ingin aku baca duluan. Tapi sesekali, tak apa-apa lah membaca buku sains daripada kebanyakan membaca novel dan buku-buku bacaan ringan.

Dari judulnya, bisa diterka apa isi buku ini. Buku yang ditulis oleh Agus Purwanto, D.Sc, doktor fisika partikel lulusan ITB dan Universitas Hiroshima ini mencoba menafsirkan ayat-ayat kauniyah Al-Quran (ayat-ayat tentang alam semesta) dari perspektif sains modern. Di pengantarnya, penulis menyatakan bahwa kelalaian dan pengabaian sains di Dunia Islam terjadi secara luas. Umat Islam masih berkutat dan menghabiskan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk perkara fikih. Meski ayat-ayat yang mengatur fiqih hanya berjumlah seperlima dari ayat kauniyah yang berjumlah 750 ayat, tetapi telah menyedot hampir semua energi ulama dan umat Islam. Sebaliknya ayat-ayat kauniyah yang berjumlah lebih banyak, malah terabaikan.

Berhubung latar belakang penulis adalah fisika, khususnya fisika partikel, jadinya penjelasan-penjelasan yang ada di buku ini juga dikaitkan dengan ilmu fisikanya. Sangat menarik, karena banyak hal yang aku dapat dari buku ini, terutama mengenai fisika, walaupun sekedar kulitnya saja. Sebagian diantaranya mencoba menjelaskan fenomena-fenomena fisika yang dipelajari ketika SMA, dan sebagian sisanya, nggak pernah aku dapatkan ketika SMA, antara nggak ngerti apa isinya dan sekaligus penasaran.

Yang disayangkan dari buku ini, karena bahasan yang ditulis cukup banyak, jadi penjelasannya kurang mendalam. Sisi negatifnya, aku jadi nggak ngerti apa yang sedang dijelaskan. Sementara sisi positifnya, ini membuatku penasaran dan ingin mempelajari lebih jauh mengenai bahasan tersebut. Dan terkadang apa yang dijelaskan sudah advanced, jadi mesti nyari-nyari artikel pengantarnya biar aku ngerti apa yang sedang dibahas, Harapanku adalah kedepannya ada lagi buku-buku sejenis yang membahas lebih dalam, atau mencoba mengaitkan ayat-ayat kauniyah Al-Quran dengan ilmu-ilmu lain seperti Biologi dan Kimia misalnya.

Buku cocok dibaca oleh orang-orang yang menyukai sains, khususnya fisika. Entah apa kata mereka yang telah membaca buku ini. Tapi untukku, buku ini memberikan banyak inspirasi dan mendorongku untuk mempelajari lebih jauh mengenai ilmu-ilmu fisika, khususnya fisika partikel. Ada yang berminat?

2 comments:

Anonymous said...

Sebagai teman yang telah merekomendasikan (ehm..ehm..) aku sangat senang telah menularkan antusiasme (baca: ketertarikan) ku terhadap konten fisika kepadamu :)
Walau sebenernya sempet kaget juga sih melihat buku tersebut ternyata telah bertengger lama di rak buku ibumu. Benar-benar membuat iri melihat koleksi buku di rumahmu.
Jika ditata rapih, I personally think your home as convenient as Gramedia (well, almost) :p

luceline chandra said...

YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...