Monday, March 02, 2009

My Handphone

Fungsi handphone pada saat ini tak hanya digunakan sebatas untuk menelepon dan mengirim sms. Banyak sekali fitur-fitur yang disediakan oleh handphone-handphone keluaran terbaru saat ini. Handphone Nokia E71 yang aku miliki saat ini telah mengubah banyak sekali perilaku dan pola kehidupanku. Sayang saja handphone ini adalah produk Nokia yang harusnya kedepannya aku hindari lah, tapi berhubung udah punya, masa iya mesti dibuang.

Menurutku, handphone ini cocok untuk orang-orang yang seneng online untuk browsing, chatting, berkomunikasi menggunakan email *tapi nggak demen ama Blackberry*, seneng menulis, butuh fungsi modem, dan lain sebagainya. Baik Blackberry dan Nokia E71 ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, namun bukan itu yang akan aku bahas dalam tulisanku kali ini.

Berikut ini adalah apa saja yang biasa aku lakukan dengan memanfaatkan handphoneku, yang dalam hal ini tentunya juga didukung oleh fitur-fitur yang tersedia didalamnya.

  1. Berkomunikasi menggunakan email. Nokia menyediakan aplikasi yang bernama Mail For Exchange yang bisa digunakan sebagai mail client untuk Microsoft Exchange. Email di perusahaan dimana aku bekerja menggunakan Ms Exchange. Jadi klop deh. Melalui aplikasi ini tak menjadi masalah kapanpun dan dimanapun aku berada, selama ada koneksi ke internet, aku bisa berkomunikasi menggunakan email (dalam konteks pekerjaan). Tentu saja hal ini sangat memudahkanku, terutama ketika aku tak berada di meja kerjaku.

  2. Selain itu aku juga menggunakan Gmail Mobile untuk membaca semua email yang masuk ke account Gmail-ku. Cukup berguna juga. Bisa mengikuti perkembangan milis kapan dan dimana saja.

  3. Chatting dan Browsing. Didukung dengan keypad QWERTY, chatting menggunakan handphone ini menjadi lebih mudah dan cepat. Ditambah dengan layar yang cukup lebar (320x240 pixel), membuat pengalaman ketika berselancar di internet menjadi lebih menyenangkan. Terlebih banyak sekali situs-situs yang saat ini menyediakan halamannya dalam versi mobile, seperti kompas, facebook, plurk, dan lain sebagainya yang memang tampilannya disesuaikan untuk mobile. Apalagi E71 layarnya lebar, pas deh. Tak masalah mau menggunakan browser bawaan yang sudah mendukung Javascript atau mau menggunakan Opera Mini, sama-sama menyenangkannya.

  4. Fitur WiFi yang disediakan oleh handphone ini memberikan akses koneksi yang lebih cepat, terutama ketika kecepatan menggunakan GPRS dirasa kurang memadai. Di kantor, fitur ini sering aku gunakan untuk menyalin dokumen antara PC dengan handphone menggunakan FTP. Selama PC itu masih satu network dengan WiFi nya. Lebih fleksibel daripada menggunakan kabel data ataupun bluetooth dan tentunya kurasa lebih cepat.

  5. Mendengarkan musik. Walaupun seri E yang memang ditujukan untuk kalangan bisnis, tetap saja aplikasi pemutar musiknya disediakan juga dan memang sudah menjadi standar. Walaupun suaranya nggak sebagus seri N, tapi cukup lah. Sayangnya audio outputnya menggunakan 2.5 mm, bukan 3.5 mm, jadi mesti pake konverter lagi kalo mau denger musik menggunakan earphone yang 3rd party. Tapi setelah memiliki iPod Nano, aku jarang mendengarkan musik melalui handphone.

  6. Menulis draft tulisan untuk blog. Dulu agak-agak ribet untuk menulis draft tulisan menggunakan Nokia N70-ku yang lama. Namun keypad QWERTY yang tersedia di Nokia E71 sangat nyaman ketika digunakan untuk menulis tulisan yang panjang. Selain itu, memungkinkan pula untuk menulis dengan cepat walaupun hanya menggunakan dua jempol. Biasanya ide untuk menulis blog bisa datang kapan saja, seperti misalnya ketika aku sedang dalam perjalanan. Jika tak segera disalurkan, moodnya bisa segera hilang dan males untuk nulis. Karena fitur inilah, aku bisa menulis dimana saja dan kapan saja, termasuk tulisan yang sedang anda baca ini aku tulis menggunakan E71 ku.

  7. Menjadikan handphone sebagai modem. Nokia E71 ku seringkali aku jadikan modem agar bisa berselancar di internet menggunakan PC atau laptop. Dengan fitur HSDPA (walaupun langganannya di paket yang paling murah 256-kbps downlink), kecepatan yang diperoleh sudah memadai untuk sekedar browsing, chatting dan download file-file yang tidak terlalu besar. Sayangnya, handphonenya seringkali cepat panas jika digunakan sebagai modem. Tapi, so what lah.. Selama masih berfungsi dengan baik, dipake aja. Daripada beli modem lagi yang harganya lumayan mahal, belum lagi bongkar-bongkar handphonenya untuk mengeluarkan simcard. Ribet. Lagipula ketika dijadikan sebagai modem, E71 tersebut bisa digunakan untuk menerima dan mengirim sms serta membuat dan menerima panggilan. Itulah keunggulannya dibanding dengan modem.

  8. Memanfaatkan fitur GPS. Nokia E71 memiliki GPS internal yang bisa digunakan untuk mengetahui posisi saat ini. E71 sendiri dilengkapi dengan aplikasi Nokia Maps yang dapat menampilkan posisi saat ini pada peta. Peta yang digunakan oleh aplikasi ini dapat diunduh menggunakan aplikasi Map Loader yang diinstall di PC. Walaupun peta yang disediakan tak terlalu lengkap, tapi sudah cukup memadai untuk sekedar mencari tempat-tempat publik yang ada di Jakarta. Sudah beberapa kali aplikasi GPS ini membantuku dalam mencari suatu tempat, dan menampilkan rute menuju tempat tersebut.

  9. Mengakses server yang ada di kantor. Terkadang jika sedang masalah dengan server yang ada di kantor, masih bisa di handle lah menggunakan E71. Tinggal SSH menggunakan aplikasi Putty yang khusus untuk Symbian, beres deh. Nggak senyaman di PC lah, tapi layarnya yang lebar cukup membuatku nyaman untuk melihat tulisan-tulisan di terminalnya.

  10. Internet Banking dan Mobile Banking. Dengan kemampuan browsernya, kini masalah-masalah yang berhubungan dengan keuangan (asal ga buat ngambil duit aja) seperti transfer, beli pulsa, ngecek saldo, bayar zakat, ngecek daftar mutasi, dll, bisa dilakukan dimana aja. Asal ada koneksi internet aja.

  11. Nonton film. Layar 320x240-nya cukup memadai ketika digunakan untuk menonton film. Lumayan aja kalo lagi di kereta atau di perjalanan yang jauh bisa sambil nonton. Walaupun kerugiannya membuat baterai cepat habis.

  12. Kamus berjalan. Nokia E71 menyediakan kamus Indonesia-English dan English-Indonesia yang sudah terintegrasi. Cukup menyenangkan, tapi rasanya masih kurang, jadi aku install lagi aplikasi kamus lainnya yang perbendaharaan kata-katanya kebih lengkap. Sangat berguna ketika di jalan sedang membaca buku atau novel luar dan tiba-tiba menemukan kata-kata yang tak aku mengerti.

Itulah fungsi-fungsi yang aku manfaatkan secara optimal dari Nokia E71. Diantara fitur-fitur umum yang dimiliki oleh handphoneku, mungkin yang paling jarang aku gunakan adalah fitur kameranya. Nggak pernah percaya dengan kualitas kamera di handphone. Kecuali yah.. Lagi kepepet banget. Kini handphone memiliki banyak sekali fungsi diluar voice dan sms. Dan kurasa Nokia E71 ku ini sudah cukup memadai untuk memenuhi semua kebutuhanku. Terlebih aku juga berlangganan akses internet unlimited pada kartu yang aku gunakan di handphoneku. Kalo nggak, nggak kebayang berapa tagihan yang harus dibayar tiap bulannya.

0 comments: