Wednesday, March 04, 2009

Misteri Soliter: Antara Filsafat, Dongeng, dan Fantasi

Permainan soliter adalah sebuah kutukan keluarga. Selalu ada seorang joker yang tak tertipu angan-angan. Dari generasi ke generasi, selalu ada orang bodoh yang berjalan di muka bumi dan tak menjadi tua oleh waktu. Seseorang yang mengetahui takdirnya harus menjalaninya.

Misteri Soliter berkisah tentang perjalanan seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang bernama Hans Thomas, yang bersama ayahnya mencari ibunya yang telah menghilang dan meninggalkan mereka berdua 8 tahun silam.

Di dalam perjalanan mereka bertemu dengan kurcaci kecil dan memberi Hans Thomas sebuah kaca pembesar. Tak lama setelah itu, mereka berhenti di sebuah toko roti. Pemilik toko roti yang telah tua itu memberikan beberapa kue kismis kepada Hans Thomas. Ketika memakan kue kismis yang terbesar, dia menemukan sebuah buku mungil yang tulisannya sebegitu kecilnya sehingga tak bisa dibaca menggunakan mata telanjang. Hans Thomas akhirnya membaca buku mungil tersebut menggunakan kaca pembesar yang diberikan oleh sang kurcaci sebelumnya.

Dan setelah itu, cerita dalam buku itu beralih antara kisah perjalanan Hans Thomas beserta ayahnya dan kisah yang diceritakan dalam buku mungil tersebut.

Dalam buku-buku ini akan ditemukan istilah-istilah semacam pulau ajaib, soda pelangi, kartu remi beserta jokernya, filsafat tentang joker, hubungan kartu remi dengan penanggalan, Hari Joker, dan istilah-istilah lain yang menurutku sangat menarik. Apakah hubungan antara Hans Thomas, kurcaci, pemilik toko roti yang sudah tua, semua istilah-istilah aneh yang telah kisebutkan, dan cerita yang ada di dalam buku mungil tersebut? Hmm.. mendingan baca sendiri aja deh. Dalam buku itu juga disebutkan sebuah permainan Joker, dimana seluruh kurcaci di pulau ajaib mendeklamasikan kalimat-kalimat yang jika disusun akan menjadi isi atau inti dari cerita dalam buku Misteri Soliter ini.

Walaupun isi buku ini pada intinya adalah cerita dalam cerita dan cerita tersebut berada dalam cerita yang lain - cukup membingungkan *sigh*, namun isinya sangat menarik. Bintang 5 lah. Dalam buku itu banyak sekali cerita-cerita filosofisnya. Gaarder sangat piawai dalam membungkus filsafat ke dalam dongeng yang penuh fantasi dan menuliskannya dalam sebuah buku. Salah satu pertanyaan yang mengelitik dalam buku ini adalah: 'Siapakah kau? Dari manakah kau berasal?' yang dilontarkan oleh Joker yang selalu ingin tahu. Benar-benar mendalam untuk bahan perenungan.

0 comments: