Thursday, March 19, 2009

Meng-embed Subtitle Kedalam Video

Berhubung iPod tak bisa nenampilkan video dengan file subtitle yang terpisah, jadi kepikiran gimana caranya untuk mengembed file subtitle yang biasanya berekstensi *.srt atau *.sub ke dalam videonya sendiri. iPod sendiri pada dasarnya hanya mengenali format mp4, bukan avi, sehingga video yang ada harus dikonversi dulu menjadi format mp4.

Setelah googling *lupa sumbernya dari mana* untuk mengembed subtitle kedalam video, bisa menggunakan tools MEncoder yang dijalankan dari command line shell. Pada dasarnya tools MEncoder ini dapat digunakan untuk melakukan konversi video ke dalam format lain menggunakan codecs yang berbeda-beda. Secara umum, perintah mencoder adalah sebagai berikut:
mencoder [video source] -ovc [video output codec] -oac [audio output codec] -o [video ouput]

Untuk mengembed subtitle kedalam video output, hanya perlu menambahkan parameter -sub [subtitle file]. Sangat sederhana dan mudah.

Untuk mengkonversi video agar bisa dimainkan di iPod, biasanya aku menggunakan aplikasi yang bernama mvPod. Sayang aplikasi ini belum memiliki fitur untuk meng-embed subtitle kedalam video outputnya. Berhubung mvPod pada dasarnya menggunakan tools mencoder dan tools lain yang bisa diakses dari shell, jadi urutan perintah yang dieksekusi bisa aku ketahui. Setelah mengutak-atik sedikit parameter-parameter yang diperlukan, seperti resolusi video output dan setting untuk subtitlenya, perintah mencoder yang aku gunakan menjadi:

mencoder -aid 1 -o [output] -sub [subtitle] -oac faac -faacopts br=128:mpeg=4:object=2 -channels 2 -srate 48000 -ovc x264 -x264encopts bitrate=500:nocabac:direct_pred=auto:me=umh:frameref=1:level_idc=13:partitions=all:subq=6:threads=auto:trellis=1:vbv_maxrate=768:vbv_bufsize=244:bframes=0 -vf-add scale=480:-2 -vf-add harddup -vf-add expand=480:320:::1 -subfont-autoscale 3 -subfont-osd-scale 4 -subfont-text-scale 3 [source]

Walaupun output dari perintah diatas berupa file mp4, namun format tersebut tidak dikenali oleh iPod (di gtkPod nya sudah di-reject). Ternyata mvPod menggunakan tools tambahan yaitu avi2raw dan mp4creator untuk mengkonversi file output yang dihasilkan oleh mencoder agar bisa dikenali oleh iPod. Perintahnya sangat sederhana, dan memakan waktu yang relatif cepat dibandingkan dengan proses sebelumnya. Berikut ini adalah perintah yang digunakan:

avi2raw --video [output> [output video raw]
avi2raw --audio [output> [output audio raw]

mp4creator --create=[output video raw] -r 23.976 [final output]
mp4creator --create=[output audio raw] [final output]

Output terakhir dari proses ini adalah [final output] yang bisa dimainkan di iPod. Well, sebenernya masih rada-rada nggak mudeng sih penggunaan perintah avi2raw dan mp4creator ini. Udah rada-rada males googling, yang penting tujuan tercapai :P.

Catatan:

  • mencoder dapat diinstall melalui package mencoder (apt-get install mencoder)
  • avi2raw dan mp4creator dapat diinstall melalui package mpeg4ip-server (apt-get install mpeg4ip-server)

0 comments: