Tuesday, February 10, 2009

Tuhan Maha Tahu, tapi Dia Menunggu: Kumpulan Cerita Leo Tolstoy

Berawal dari kebaikan seorang teman yang menghibahkan salah satu bukunya, yang akhirnya memaksaku untuk membaca buku ini. Tadinya sih nggak tahu buku ini isinya seperti apa, dan penulisnya Leo Tolstoy juga terdengar asing di telingaku. Sampai akhirnya aku membaca salah satu cerita yang ada di dalam bukunya, yang ternyata mendalam banget. Baru tahu ternyata Leo Tolstoy adalah seorang sastrawan Rusia dan dianggap sebagai novelis terbesar pada jamannya.

Menariknya, sepertinya kumpulan ceritanya diurutkan dari yang paling pendek hingga yang paling panjang. Ketika membaca cerita-cerita yang ada di awal masih bisa dinikmati. Begitu membaca 3 cerita terakhir, rasa-rasanya pening. Maklum, nggak biasa membaca karya-karya sastra yang perlu berpikir secara mendalam dulu untuk mencerna isinya, jadi semakin panjang, semakin membuat pening. Terlebih lagi semua ceritanya disajikan begitu saja. Pesan moral dari masing-masing ceritanya tertulis secara implisit. Jadi memang bener-bener mesti direnungi dulu, baru bisa ngerti. Kalo nggak sih ya seperti membaca cerita biasa aja, lewat begitu saja.

Sayangnya sepertinya karya-karyanya yang lain yang tentunya edisi terjemahan sudah jarang beredar. Ada beberapa yang masih dijual, tapi judulnya nggak banyak. Entah apakah karya-karyanya yang lain pernah diterjemahkan sebelumnya, mengingat karya-karyanya adalah sastra klasik yang ditulisnya saja udah tahun kapan.

2 comments:

Ramot said...

and there's no such thing as a happy ending :))

Eko Budi Prasetyo said...

@Ramot
Ga pa pa lah.. kan yang penting pesan moralnya. Pesan moralnya: Hidup tak selalu berakhir dengan happy ending :P