Saturday, January 24, 2009

Menulis & Menulis

Sejak pertama kali memiliki blog yang aku mulai sekitar 1,5 tahun yang lalu, aku mulai meninggalkan kebiasaan lamaku ketika itu, yaitu menulis di buku harian. Ketika itu aku masih memiliki banyak waktu senggang untuk sekedar menulis keadaanku, emosiku, perasaanku, dan segudang informasi-informasi lainnya yang kebanyakan bersifat personal.

Setelah memiliki blog, tentu saja hal-hal yang seperti itu tidak akan pernah aku publikasikan. Walaupun baik blog maupun buku harianku sama-sama tersimpan secara digital di dunia maya sana. Blog aku batasi hanya untuk menulis hal-hal yang bersifat umum, dan aku mencoba untuk seobjektif mungkin dalam menulisnya. Sementara dalam buku harian, pilihan bahasa dan isinya lebih bebas dan tidak terikat aturan.

Beberapa hari yang lalu, salah seorang temanku 'memaksaku' untuk membuka kembali catatan-catatan lamaku yang masih tersimpan rapi. Menggelikan juga ketika aku baca paragraf demi paragraf yang menceritakan kegembiraan, kekesalan atau sekedar urusan sepele yang sebenernya nggak perlu dibahas. Hal ini memberikan motivasi untukku untuk memulai kembali kebiasaan lama yang telah aku tinggalkan tersebut. Mungkin apa yang aku kerjakan ini tampak seperti orang yang kurang kerjaan aja yang menghabiskan waktu satu jam hanya untuk menulis sesuatu yang 'kurang penting'. Tapi kurasa, yang namanya hobi, layak untuk dikerjakan. Apalagi jika setelah beberapa lama, tulisan-tulisan itu dibaca ulang. Cukup menghibur dan membuat diriku bisa mentertawakan diriku sendiri :p.

1 comments:

aam said...

Kalo lagi baca curhatan sendiri, kontrol ketawanya y.. Jangan sampe di tengah keramaian trus nyengir sendiri apalagi ngakak.. Bisa2..
;)