Thursday, January 22, 2009

Dateng Siang, Pulang Sore, Tapi Kerjaan Beres

Beberapa hari terakhir ini rasa-rasanya males banget datang ke kantor pagi-pagi. Selain karena pagi-pagi biasanya kantor masih sepi banget, ditambah sekarang musim hujan, tambah males deh. Biasanya kantor mulai ramai jam 9 keatas. Kalaupun ada yang dateng pagi-pagi, paling belum ngurusin kerjaan: browsing, sarapan, ngopi, dan baca koran adalah kegiatan yang sudah lazim dilakukan sebelum jam 9.

Kondisi ini diperparah ketika makan siang. Dalam 3 hari terakhir ini ada ajakan untuk makan siang di luar, dimana kembali lagi ke kantor sekitar jam 2 s/d setengah 3. Yang lebih parah lagi adalah dalam 3 hari ini kerjaanku sedang menumpuk dan lumayan banyak. Entah kenapa aja, walaupun menumpuk, aku masih bisa merasa santai dengan waktu yang terbuang.

Setelah aku sakit tipes ketika awal tahun kemarin, aku selalu berusaha untuk pulang tepat waktu, jam 5 udah harus pulang untuk mengejar kereta ekspress yang berangkat dari Stasiun Sudirman jam 17:30, atau paling telat pulang jam 6 kurang. Dan herannya, dengan kondisi ini, justru waktu yang aku miliki benar-benar menjadi efektif walaupun aku merasa sedikit cemas dan panik karena mesti ngejar deadline kerjaan dan deadline jadwal kereta. Dalam 3 hari ini terbukti semua pekerjaanku bisa beres dan aku bisa pulang tepat waktu. Dengan catatan selama bekerja, nggak ada jeda untuk melakukan sesuatu diluar pekerjaan, seperti browsing, chatting, baca koran, dan lain sebagainya.

Kesimpulannya: Untuk menyelesaikan pekerjaanku dalam sehari, waktu yang dibutuhkan sekitar 5 jam. Sementara jam kerja adalah 8 jam. 3 jam sisanya sebenernya nggak efisien. Karena biasanya ketika kerja 8 jam, banyak waktu yang terbuang juga untuk browsing, chatting, dan segelintir aktivitas-aktivitas lainnya diluar pekerjaan. Untung emang kultur departemenku fleksibel, yang penting kerjaan kelar.

4 comments:

bobz said...

itu iphone harganya berapaan kok?

~oot :P

bobz said...

ralat:
ups.. harusnya ko' bukan kok :D

Eko Budi Prasetyo said...

Waduh, jangan tanya gw Bob. Gw jg ga tau nih. Belum ada info untuk itu :) Jangan2 dah pre-order lo. xixixixi

aam said...

Hidup chatting disambi kerjo.. Upz kebalik,.
Hidup kerjo disambi chatting..
Yg penting k2nya rebez kan!
Ok Bozz!