Tuesday, December 30, 2008

Ipod di Ubuntu

Rythmbox Music Player
Sejak beberapa bulan terakhir ini, aku tak pernah lepas dari Ipod. Pergi kemana-mana, pasti Ipod Shuffle yang aku miliki sejak bulan Agustus lalu selalu aku bawa. Ketika itu, aku pikir Ipod hanya kompatibel dengan iTunes yang hanya bisa digunakan di Windows. Jadilah aku mengkopi lagu-lagu favoritku menggunakan iTunes. Kelemahan Ipod Shuffle adalah perangkat ini hanya bisa digunakan menggunakan iTunes pada komputer yang sama. Ribet banget dah dan nggak praktis. Kalau digunakan di iTunes di komputer yang lain, pilihan yang tersedia adalah me-reset isi Ipod Shuffle sebelum mengkopi lagu baru, atau membatalkan opsi. Duh, padahal Ipod Shuffle nya sih praktis dan yang paling menyenangkan perangkat ini memiliki klip. Bisa dicantolin di baju atau jaket.

Lain ceritanya ketika aku plug ke laptopku yang menggunakan Ubuntu. Ipod Shuffle ku langsung terdeteksi dan bisa dibuka menggunakan aplikasi Rythmbox Music Player yang sudah pre-installed di Ubuntu. Melalui aplikasi ini, aku dapat menambahkan lagu-lagu favoritku kedalam Ipod Shuffleku sekaligus memainkan lagu yang ada di dalamnya.

gtkPod
Lain ceritanya ketika akhir bulan Nopember kemarin ada yang berbaik hati memberikan Ipod Nano secara gratis untukku. Dengan ukuran 8 GB yang menurutku cukup mubazir untuk orang sepertiku, Ipod Nano memberikan kualitas suara yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Ipod Shuffle. Mungkin karena interface Ipod Shuffle dirancang begitu simplenya, sehingga tidak ada pilihan equalizer, plus mungkin kualitas suaranya kurang begitu diperhatikan. Setelah terbiasa mendengarkan lagu menggunakan Ipod Nano, rasa-rasanya aneh aja ketika mendengarkan lagu menggunakan Ipod Shuffle lamaku.

Ternyata Ipod Nano tidak kompatibel dengan Rythmbox. Sebagai gantinya, di Ubuntu ada package yang namanya gtkpod (untuk menginstall tinggal mengetikkan apt-get install gtkpod sebagai super user). Aplikasi ini benar-benar pengganti iTunes di Ubuntuku. Sejauh ini, aplikasi ini sudah sangat mencukupi kebutuhan ketika berurusan dengan Ipod Nano ataupun Ipod Shuffle. Aku bisa membuat playlist baru dan menambahkan lagu-lagu favoritku. Selain itu aku juga bisa mengkopi lagu yang telah tersimpan di Ipod ke laptop, salah satu fitur yang tidak ada di iTunes (untuk mengurangi penyebaran lagu secara ilegal). Aku pun bisa mengkopi foto, video, mengedit metadata lagu (ID3 tag), dan melakukan sinkronisasi kontak, notes, dan kalender melalui aplikasi ini.

Video untuk Ipod
Ipod Nano hanya kompatibel dengan video dengan format .m4v, .mp4, dan .mov. Kebanyakan format video saat ini menggunakan format .avi. Sehingga jika ingin menambahkan video dengan format .avi tersebut, harus dikonversi terlebih dahulu ke dalam format yang telah disebutkan sebelumnya. Di Windows sebenarnya banyak aplikasi konverternya, dan setahuku nggak gratis (walaupun bisa di-crack). Berhubung udah Ubuntu-minded :P, jadi seperti biasa, googling dulu. Dan akhirnya aku temukan juga aplikasi konverter sederhana yang bernama mvPod yang bisa diunduh melalui link berikut ini:
http://sourceforge.net/projects/mvpod

Aplikasi konverter ini sangat sederhana menurutku, dan tidak masuk ke dalam daftar package bawaan Ubuntu. Saking sederhananya, aplikasi ini hanya bisa mengkonversi video. Tidak bisa menggabungkan video + subtitle dan mengkonversinya kedalam format yang dikenali Ipod.

Agar video yang telah dikonversi ini bisa disimpan ke dalam Ipod melalui aplikasi gtkPod, package gtkpod-aac harus sudah terinstall terlebih dahulu. Package ini memungkinkan aplikasi gtkPod untuk menambahkan lagu atau video dengan format aac (MP4) ke dalam Ipod.

Selamat mencoba..

4 comments:

aldi said...

kayaknya banshee bisa juga deh buat ipod

Ramot said...

itu konfigurasi iTunes nya ada yang salah kali, ada yang harus di-uncheck supaya setiap dicolok ke iTunes lain bisa nambah gak harus di-reset :)

Eko Budi Prasetyo said...

@aldi:
Iya tuh, banshee ama amarok juga bisa. Tapi kyknya masih enakan gtkPod. Banshee nggak bisa ngenalin playlist yg gw buat di gtkPod. Padahal ama iTunes aja kompatibel tuh.

@ramot:
Kayaknya nggak deh Mot. Desainnya iPod Shuffle emang kayak bgitu. Ada sih aplikasi bwt ngakalinny, tp gw udah pake Ubuntu :P hehehe

Anonymous said...

cara install-nya mvPod gmana sih ...bingung?